Alasan Memilih Jurusan Keperawatan

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan Keperawatan Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Buat Kamu yang tengah duduk di kelas XII, pasti bingung mau menentukan jurusan kuliah yang cocok. Tentu hal ini tidak akan menjadi kendala kalau Kamu sudah tahu mengenai passion yang ingin dikembangkan. Bagaimana jika Kamu masih merasa belum ada jurusan yang klik? Yuk, simak alasan memilih jurusan Keperawatan berikut!

1. Memiliki Prospek Karir Yang Cerah

Alasan pertama yang menjadi pertimbangan calon mahasiswa perawat adalah prospek kerja. Kamu bisa bekerja di berbagai klinik atau rumah sakit baik lokal hingga mancanegara. Gaji yang ditawarkan memang bervariasi tergantung tempat Kamu bekerja mulai jutaan rupiah.

2. Bisa Menjadi PNS

Ada banyak lowongan CPNS yang membutuhkan ijasah keperawatan sehingga Kamu berpeluang mengabdi pada negeri. Gaji seorang PNS lumayan menggiurkan mulai jutaan rupiah dengan tambahan tunjangan, insentif dan lain-lain.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Keperawatan Dan Gajinya

3. Pekerjaan Yang Tidak Membosankan

Menjadi perawat akan membuat Kamu berinteraksi dengan banyak orang sehingga bakal merasakan pengalaman yang sempurna. Pekerjaan menolong orang sakit bisa memberikan inspirasi untuk kehidupanmu lho!

4. Mendapatkan Banyak Ilmu Terbaru

Perawat bisa menjadi profesi yang akan membuat Kamu mendapatkan banyak informasi dan ilmu baru dari para senior, dokter spesialisasi dan lain-lain. Banyak pula klinik dan rumah sakit yang menyelenggarakan seminar untuk para karyawan.

5. Memiliki Jaringan Baru

Alasan memilih jurusan Keperawatan bisa memberikan Kamu kesempatan untuk memiliki banyak teman atau jaringan baru. Siapa tahu Kamu bakal mendapatkan banyak informasi berharga atau orang-orang baru.

6. Bisa Menjadi Seorang Pengajar

Tak harus selalu menjadi seorang pekerja, Kamu juga bisa menjadi seorang pendidik lho! Kamu bisa menjadi guru di sekolah menengah kesehatan atau dosen di jurusan keperawatan. Tentu Kamu harus melanjutkan pendidikan lebih tinggi lagi, ya!

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Keperawatan Dan Gajinya

7. Bisa Bekerja Di Luar Negeri

Tak hanya berkesempatan menjadi perawat lokal yang memiliki gaji lebih kecil, Kamu juga bisa menjadi seorang perawat profesional di luar negeri. Sebagai perawat, Kamu bisa bekerja di rumah sakit atau merawat orang tua di luar negeri. Tentu gaji yang diberikan lebih fantastis dibandingkan menjadi perawat lokal.

8. Membuka Praktik Mandiri

Mungkin Kamu beranggapan bahwa bidan dan dokter saja yang bisa membuka usaha praktik mandiri, perawat juga bisa, kok. Kamu bisa membuka praktik perawatan luka diabetes atau post perawatan tindakan sirkumasi sesuai aturan pemerintah dan UU tentang keperawatan.

9. Jam Kerja Yang Lebih Fleksibel

Buat Kamu yang bosan dengan rutinitas harian bekerja mulai pukul 7-4 sore, bisa memilih menjadi perawat. Jadwal kerja perawat lebih fleksibel seperti aturan shift pagi, siang dan malam. Hanya saja Kamu harus siap dengan risiko tak mendapatkan libur saat hari Minggu atau libur nasional.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Keperawatan Dan Gajinya

10. Membantu Orang Lain

Alasan memilih jurusan Keperawatan bisa karena Kamu memang memiliki sifat yang terpuji. Kamu memiliki mental sosial yang baik dengan merawat orang lain. Tak hanya merawat orang sakit saja, ilmu yang Kamu dapatkan selama di bangku kuliah bisa menjadi modal merawat orang tua sendiri.

Berdasarkan 10 alasan memilih jurusan Keperawatan di atas, Kamu yakin tidak ingin menjadi seorang perawat profesional?




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *