Perkiraan Biaya Kuliah Kedokteran Gigi

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Kedokteran Gigi Untuk Jenjang S1

Jurusan kedokteran gigi memang saat ini sedang menjadi jurusan yang banyak diminati oleh calon mahasiswa karena prospek kerjanya yang pasti untuk masa depan. Nah jika Kamu berminat untuk kuliah di jurusan kedokteran gigi Kamu harus tahu apa saja yang akan Kamu pelajari saat di bangku perkuliahan, apa saja yang Kamu butuhkan, serta berapa biaya kuliah kedokteran gigi yang harus Kamu persiapkan.

Karena jurusan kedokteran gigi ini banyak diminati peluang Kamu untuk bisa masuk juga akan semakin kecil karena banyaknya saingan yang harus Kamu hadapi di luar sana. Kamu harus mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti tes dan yakin bahwa Kamu bisa. Belajar dengan sungguh-sungguh dan berdoa adalah kunci dari keberhasilan Kamu, tidak bisa hanya belajar dengan sistem kebut semalam Kamu akan diterima di kedokteran gigi, itu hanya peluang yang kecil.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kedokteran Gigi Dan Gajinya

Jurusan Kedokteran Gigi

Sesuai dengan namanya jurusan kedokteran gigi pastinya akan menjadi seorang dokter gigi. Di bangku perkuliahan nanti Kamu akan banyak mempelajari tentang kesehatan mulut dan gigi, bagaimana cara menangani permasalahan yang ada di mulut dan gigi, serta bagaimana cara mengobati dan pencegahannya.

Ilmu kedokteran gigi sendiri dibagi menjadi 4 kelompok yaitu :

  1. Ilmu kedokteran gigi dasar (disini Kamu akan mempelajari hal-hal dasar tentang ilmu kedokteran)
  2. Ilmu kedokteran gigi kuratif (yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana cara mengobati penyakit yang terkait dengan kesehatan gigi dan mulut)
  3. Ilmu kedokteran gigi rehabilitatif (yaitu ilmu yang mempelajari tentang estetika gigi, seperti cara memperbaiki gigi yang miring)
  4. Ilmu kedokteran gigi preventif atau pencegahan (yaitu ilmu yang mempelajari kesehatan gigi anak dan kesehatan masyarakat)
Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Kedokteran Gigi Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Seperti sekolah kedokteran pada umumnya, sebelum menjadi dokter gigi Kamu harus menyelesaikan pendidikan dan mendapat gelar sarjana kedokteran gigi (SKg) dulu, selanjutnya Kamu harus mengikuti coass dan juga praktek di rumah sakit atau klinik untuk mendapat gelar dokter gigi (drg). Kuliah di jurusan kedokteran gigi memang agak berat jika dibandingkan dengan jurusan lainnya, oleh karena itu Kamu harus belajar dengan tekun agar bisa lulus tepat waktu.

Untuk mata kuliah yang akan Kamu pelajari antara lain biomedik, ilmu kedokteran dasar, ilmu kedokteran gigi dasar, karies gigi, penyakit jaringan keras gigi, tumbuh kembang, penyakit pulpa dan periapeks, gangguan tumbuh kembang dan oklusi, penyakit jaringan penyangga gigi, skills lab pemeriksaan tanda-tanda vital, skills lab perawatan saluran akar, restorasi pasca endo dan RKG, skills lab material kedokteran gigi dan anatomi gigi, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kedokteran Gigi Dan Gajinya

Biaya Kuliah Kedokteran Gigi

Untuk biaya kuliah kedokteran gigi Kamu harus menyiapkan sekitar 1 juta hingga 18 jutaan per semesternya. Namun juga akan berbeda-beda tiap anak dan tiap universitas karena untuk sistem UKT biayanya akan disesuaikan dengan penghasilan orang tua masing-masing.

Biaya kuliah di universitas negeri dan swasta juga berbeda-beda, biasanya memang untuk biaya universitas swasta sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan universitas negeri. Tetapi Kamu jangan khawatir karena sekarang banyak universitas yang menyediakan beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *