Alasan Memilih Jurusan Kedokteran Gigi

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan Kedokteran Gigi Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Menempuh jalur pendidikan dokter memang bukan hal yang mudah sebab Kamu harus berjuang ekstra keras. Tetapi, Kamu yang memiliki minat pada dunia medis, kenapa tidak? Berikut 10 alasan memilih jurusan Kedokteran Gigi yang wajib Kamu pertimbangkan lagi.

1. Memberikan Pelayanan Kesehatan Pada Orang Lain

Alasan mulia menjadi pertimbangan seseorang memilih jurusan Kedokteran gigi yaitu membantu pelayanan kesehatan. Kamu bisa membantu menangani kesehatan mulut dan memberikan edukasi menjaga kesehatan pada pasien.

2. Bisa Meningkatkan Kepercayaan Diri Pasien

Nilai sosial menjadi alasan memilih jurusan Kedokteran Gigi. Kamu bisa membantu orang lain dalam mengatasi krisis percaya diri akibat penampilan gigi yang mungkin tidak rapi, rusak dan lain-lain.

3. Mengembangkan Ilmu Ilmiah

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kedokteran Gigi Dan Gajinya

Kamu bisa pula mengembangkan ilmu ilmiah Kedokteran Gigi yang mulai berkembang pesat. Hal ini dikarenakan riset dan teknologi juga mendukung ilmu medis satu ini.

4. Memiliki Jenjang Karir Yang Cerah

Menjadi seorang dokter gigir bisa memberikan pilihan karir yang cemerlang. Kamu bisa bekerja di klinik atau rumah sakit ternama. Tentu bayaran yang semakin menggiurkan bisa menjadi alasan menempuh pendidikan Kedokteran Gigi.

5. Menjadi Seorang PNS

Kamu juga memiliki prospek berkarir sebagai pegawai pemerintahan lho! Ya, alasan ini membuat banyak orang memilih Fakultas Kedokteran sebagai tempat menempuh pendidikan tinggi.

6. Bergabung Dengan Organisasi Kesehatan

Dengan ilmu yang dimiliki, Kamu bisa bergabung menjadi tenaga edukasi yang bisa memberikan arahan dan bimbingan hidup sehat. Kamu bisa bergabung dalam organisasi kesehatan gigi untuk memberikan perawatan preventif mencegah kerusakan atau penyakit mulut. Dental Health Education bisa menjadi alasan Kamu ingin masuk ke jurusan Kedokteran Gigi.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kedokteran Gigi Dan Gajinya

7. Menjadi Seorang Peneliti Kesehatan Gigi

Tahukah Kamu bahwa dentist merupakan gabungan kata Doctor-Engineer Artist atau profesi yang menggabungkan tenaga medis, teknisi dan seniman. Siapa tahu Kamu bisa menjadi orang yang menemukan fakta penelitian atau karya terbaru nantinya.

8. Prestise

Alasan memilih jurusan ini bisa saja karena prestise tersendiri. Tak menutup fakta bahwa masyarakat menganggap profesi dokter sebagai strata sosial yang tinggi. Kamu berpeluang dijadikan pemimpin pada komunitas sosial tertentu di lingkungan sekitar.

9. Menjadi Atasan Untuk Diri Sendiri

Kalau Kamu tidak suka bekerja di klinik besar atau rumah sakit umum/swasta, bisa memilih membuka praktik dokter gigi sendiri. Kamu bisa memiliki karyawan sendiri, bukan?

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kedokteran Gigi Dan Gajinya

10. Menjadi Pengusaha

Alasan memilih Kedokteran Gigi karena Kamu memiliki jam kerja yang fleksibel. Selain jam kerja, Kamu juga tetap bisa menjadi pengusaha mandiri. Kamu bisa membuka usaha yang berkaitan dengan kesehatan gigi atau usaha lain selama tetap ada jadwal prioritas. Kehidupan yang lebih sukses, kenapa tidak?

10 alasan memilih jurusan Kedokteran Gigi di atas bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Kamu yang bingung mau kuliah apa. Yuk, persiapkan diri Kamu sebaik mungkin agar bisa lolos tes seleksi masuk jurusan favorit ini!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *