Perkiraan Biaya Kuliah Kebidanan

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Kebidanan Untuk Jenjang S1

Kamu pengen kuliah kebidanan? Berapa sih biaya kuliah kebidanan? Kamu pasti ingin tahu bukan berapa banyak yang akan Kamu habiskan nantinya jika mengambil jurusan kebidanan. Nah sebelum itu Kamu harus tahu kalau kuliah jurusan kebidanan ada syaratnya lho. Salah satu syarat agar Kamu bisa kuliah kebidanan yaitu hanya untuk perempuan. Hal ini memang sudah peraturan dari Kementerian Kesehatan bahwa bidan adalah seorang perempuan.

Selain itu syarat lainnya yaitu Kamu tidak buta warna, baik buta warna parsial maupun buta warna total. Setelah mengetahui syaratnya Kamu harus tahu juga apa sih kebidanan itu? Apa hanya membantu proses persalinan saja? Yuk simak lebih lanjut lagi mengenai kebidanan agar Kamu tidak menyesal nantinya jika ingin mengambil program studi kebidanan.

Seorang bidan umumnya yaitu orang yang membantu proses persalinan seorang ibu, namun tidak hanya itu saja, bidan harus paham setiap proses dan fase-fase dalam kehamilan, bagaimana cara merawat diri saat masa kehamilan, bagaimana proses persalinan agar tidak membahayakan ibu dan sang bayi, bagaimana sebaiknya menyusui bayi, merawat serta tumbuh kembang bayi, harus paham tentang fungsi-fungsi reproduksi, hingga program Keluarga Berencana (KB).

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Kebidanan Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Jurusan Kebidanan

Jika Kamu mengambil jurusan kebidanan Kamu harus mempelajari dan menghafal anatomi tubuh manusia, sistem kerja saraf dan sel. Tidak hanya dokter saja yang harus mempelajarinya namun seorang bidan wajib juga wajib untuk tahu. Kamu juga akan mempelajari bagaimana cara merawat pasien dengan baik, dan apa yang harus dihadapi jika proses persalinan tidak berjalan normal.

Bidan adalah salah satu pekerjaan yang mulia, di Indonesia masih banyak membutuhkan tenaga kebidanan yang handal karena masih banyak bahaya yang bisa mengancam ibu melahirkan dan bayinya jika tidak ditangani oleh orang yang ahli dibidangnya. Seorang bidan juga harus mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap pasien demi kenyamanan saat proses persalinan.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kebidanan Dan Gajinya

Untuk mata kuliah yang harus Kamu tempuh saat kuliah kebidanan antara lain : biologi dasar dan biologi perkembangan, keterampilan dasar kebidanan, komunikasi dalam praktek kebidanan, konsep kebidanan, etikolegal dalam praktik kebidanan, kesehatan masyarakat, kesehatan reproduksi, gizi, dan KB, mutu layanan kebidanan, asuhan kebidanan kehamilan, kebidanan komunitas, teknologi informasi kebidanan, asuhan kebidanan persalinan dan bayi baru lahir, farmakologi, dan lain-lain.

Untuk lulusan kebidanan pastinya Kamu akan bekerja di klinik, puskesmas, dan rumah sakit sebagai tenaga bidan karena lulusan bidan masih banyak dibutuhkan sekarang ini. Kamu juga bisa membuka praktek sendiri atau menjadi konsultan kesehatan kehamilan dan reproduksi.

Biaya Kuliah Kebidanan

Untuk biaya kuliah kebidanan yang harus Kamu persiapkan yaitu sekitar 1 juta hingga 13 jutaan per semester, namun tidak semua sebanyak itu karena UKT akan disesuaikan dengan gaji orang tua Kamu. Kamu tidak perlu khawatir karena dari pihak universitas pastinya sudah memperhitungkannya dengan baik.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kebidanan Dan Gajinya

Biaya kuliah untuk universitas negeri dan swasta juga berbeda-beda, biasanya memang biaya kuliah di universitas swasta sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan universitas negeri. Tetapi Kamu jangan khawatir karena sekarang banyak universitas di Indonesia yang menyediakan beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi seperti bidikmisi dan lain sebagainya.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *