Perkiraan Biaya Kuliah Ilmu Politik

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Ilmu Politik Untuk Jenjang S1

Ada yang dari kecil sudah menaruh minat di bidang politik? Atau ada dari Kamu yang baru saja menemukan passion dalam bernegosiasi? Atau simple saja, Kamu suka mengikuti berita perkembangan politik sampai saat ini. Jika itu salah satunya, mungkin Kamu sedang mempertimbangkan untuk kuliah di jurusan Ilmu Politik. Ketika memilih jurusan, akan banyak sekali hal yang akan menjadi pertimbangan. Mulai dari bakat, minat, prospek kerja jurusan, perguruan tinggi, sampai biaya kuliah Ilmu Politik.

Biaya memang menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk Kamu pertimbangkan. Karena apa? Biaya akan berhubungan erat dengan strategi Kamu kedepannya saat kuliah. Supaya Kamu dapat berkembang maksimal di bangku kuliah, tentu Kamu membutuhkan penunjang yang pastinya akan menimbulkan biaya. Nah dengan mencermati sejak awal, Kamu dapat lebih bijak dan siap dalam menyusun strategi kuliah.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Politik Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

1. Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Buat Kamu yang masih bingung, uang kuliah tunggal itu sama halnya dengan SPP. Hanya saja bedanya, penentuan nominalnya akan didasarkan pada aset dan penghasilan orang tua. Mungkin ketika SMA, Kamu membayarnya setiap bulan, namun jika sistem UKT, dibayarkan setiap semester. Nominalnya akan tetap dari semester pertama sampai semester akhir.

Nah untuk jurusan Ilmu Politik, besaran UKT pasti akan berbeda-beda sesuai dengan universitas dimana berkuliah. Tentu Perguruan Tinggi Negeri akan lebih murah jika dibandingkan dengan Perguruan Tinggi Swasta. Kisaran biaya kuliah untuk kuliah Ilmu Politik sebagai berikut :

  • UKT 1 : Rp. 500.000,00
  • UKT 2 : Rp. 1.000.000,00
  • UKT 3 : Rp. 2.650.000,00
  • UKT 4 : Rp. 3.975.000,00
  • UKT 5 : Rp. 5.300.000,00
  • UKT 6 : Rp.6.000.000,00
Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Ilmu Politik Dan Gajinya

Daftar UKT diatas merupakan kisaran biaya yang harus dikeluarkan jika memilih untuk kuliah di jurusan Ilmu Politik. Golongan UKT-nya menyesuaikan kondisimu ya guys.

2. Uang Pangkal

Selain UKT, jika Kamu masuk menggunakan jalur mandiri, Kamu akan dikenakan biaya uang pangkal. Sistem UKT mahasiswa jalur mandiri juga sedikit berbeda dengan jalur SBM dan SNM. Jika UKT kedua jalur tersebut ditentukan berdasarkan penghasilan orang tua, maka jika mandiri UKT akan disamaratakan. Besarannya juga tergantung Kamu kuliah dimana ya.

Uang pangkal yang dikenakan sebagai biaya kuliah Ilmu Politik bisa mancapai Rp.25.000.000,00 sedangkan ada beberapa kampus tidak menggunakan uang pangkal alias hanya UKT saja walaupun Kamu melalui jalur mandiri.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Politik Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

3. Biaya Lain-Lain

Biaya lain-lain disini juga sangat tergantung ya. Jika Kamu kuliah di Ilmu Politik yang merupakan rumpun sosial humaniora maka biaya lain-lain yang Kamu keluarkan tidak sebanyak jika Kamu mengambil jurusan yang membutuhkan beberapa kali kegiatan praktikum seperti jurusan saintek. Kamu tentu memerlukan biaya untuk kegiatan pengembangan diri yang tentunya sangat tergantung pilihanmu.

Demikian kiranya biaya kuliah Ilmu Politik, semoga dapat membantu ya. Sukses untuk kuliah ilmu politiknya.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *