Peluang Atau Prospek Kerja Ilmu Politik

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Ilmu Politik Dan Gajinya

Tak banyak anak muda jaman sekarang yang tertarik masuk ke dunia politik. Tetapi, tak menutup kemungkinan bahwa jurusan kuliah ilmu politik yang merupakan cabang dari ilmu sosial bisa menjadi awal karir yang cemerlang. Kelak Kamu yang menyandang gelar sebagai Sarjana Ilmu Politik atau S.I.P bisa mendapatkan jabatan atau posisi yang keren. Berikut 10 prospek kerja ilmu politik yang wajib Kamu ketahui.

1. Aparat Pemerintah

Kamu bisa menjadi seorang pegawai di pemerintahan baik tingkat daerah hingga pusat. Mempelajari ilmu politik secara fokus bisa membuat Kamu lebih kompeten mengurus segala hal mengenai pemerintahan. Gaji tergantung dengan jabatan Kamu tetapi PNS mendapatkan gaji pokok 1,5 juta pada tingkat 1a. Tentu ada banyak tunjangan menanti Kamu lho!

2. Anggota Legislatif

Syarat menjadi seorang caleg atau calon legislatif memang tidak dibatasi jurusan pendidikan. Tetapi, kalau Kamu memiliki latar belakang pendidikan politik dan ilmu pemerintahan yang baik, kenapa tidak? Hal itu bisa menjadi poin tersendiri untuk Kamu yang ingin maju sebagai anggota legislatif kelak. Anggota legislatif mendapatkan gaji dan tunjangan yang besar mencapai angka belasan sampai puluhan juta.

3. Aktivis LSM

Prospek kerja ilmu politik juga bisa berkarir di bidang sosial dengan menjadi anggota LSM. Dengan ilmu yang Kamu miliki bisa meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat umum. Gaji pertama berkisar antara 3-6 juta hingga belasan juta rupiah tergantung LSM atau NGO.

4. Anggota Partai Politik

Anak politik memang identik dengan semua ilmu yang berkaitan dengan pemerintahan sehingga Kamu bisa memiliki prospek menjadi anggota partai politik. Bergabung dengan parpol bisa membuat semua aspirasi dan ide milik Kamu bisa disampaikan dalam wadah yang bertujuan sama.

5. Peneliti Atau Pengamat Politik

Eksistensi peneliti atau pengamat politik semakin terlihat di era sekarang karena dibutuhkan oleh para pemangku kepentingan. Apa yang diulas oleh para peneliti dan pengamat politik bisa menjadi bahan referensi partai politik, anggota legislatif, calon pemimpin daerah dan lain-lain.

6. Jurnalis Politik

Siapa yang tidak mengenal nama Najwa Shihab yang berkarir sebagai jurnalis politik? Kini Najwa telah menjadi seorang pembawa acara yang memiliki tema politik dan pemerintahan. Kalau Kamu ingin mencoba mendapatkan prospek kerja ilmu politik ini, sebaiknya tekadkan niat belajar di jurusan ilmu politik dengan baik.

7. Tenaga Pengajar

Kamu juga bisa berkarir menjadi seorang akademisi lho! Tenaga pengajar atau dosen mewajibkan minimal lulusan S2 jurusan ilmu politik kalau ingin mengajar disiplin ilmu sesuai jurusan tersebut. Gaji dosen bervariasi tergantung masa kerja minimal 2,4-4 jutaan untuk gaji pokok belum tunjangan profesi dan lain-lain.

8. Hubungan Masyarakat

Menjadi Humas bisa menjadi pilihan karir untuk Kamu yang kuliah di jurusan ilmu politik. Kamu berperan menjadi pengelola penyebaran informasi dari perusahaan ke masyarakat luas.

9. Bekerja Di Perusahaan Besar

Jurusan ilmu politik tetap bisa berkarir di perusahaan sebagai bagian sales, marketing dan administrasi. Ilmu pemerintahan yang Kamu pelajari bisa diimplementasikan dalam mengurus berbagai hal administrasi perusahaan. Setidaknya Kamu mendapatkan kesempatan memiliki gaji di atas UMR.

10. Wirausaha

Jurusan ilmu politik yang mempelajari banyak hal berbau pemerintahan, filsafat ilmu, kewarganegaraan termasuk manajemen SDM. Anda bisa memanfaatkan ilmu yang didapatkan di jurusan politik ini sebagai bahan pertimbangan untuk membuka usaha sendiri dengan pendapatan lebih besar.

Prospek kerja ilmu politik sangat besar sehingga Kamu tak perlu khawatir saat memutuskan masuk jurusan ini. Kata siapa anak jurusan ilmu politik harus selalu berakhir menjadi anggota dewan?




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *