Biaya Kuliah Ilmu Komunikasi

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Ilmu Komunikasi Untuk Jenjang S1

Biaya kuliah ilmu komunikasi saat ini memang tidak bisa dibilang murah. Biaya kuliah saat ini memang rata-rata cukup tinggi. Apalagi untuk jenis universitas swasta yang biaya kuliahnya jauh lebih mahal dari universitas negeri. Pilihan jurusan pun mempengaruhi besarnya biaya kuliah.

Ketika akan memasuki dunia kuliah, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Kamu harus mempersiapkan diri untuk masuk kuliah sedangkan orang tua mempersiapkan uang untuk biaya berkuliah. Biaya inilah yang seringkali menjadi momok karena biasanya biaya kuliah begitu tinggi.

Ilmu Komunikasi

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Ilmu Komunikasi dan Gajinya

Jurusan ilmu komunikasi adalah salah satu pilihan jurusan yang sangat populer di Indonesia. Jurusan ini banyak diminati oleh pelajar dan tersedia di banyak universitas baik universitas negeri maupun swasta. Jurusan ini diminati hususnya oleh mereka yang merupakan lulusan jurusan IPS di SMA.

Ilmu komunikasi memiliki daya tarik tersendiri di kalangan pelajar. Banyak yang berpikir bahwa jurusan yang satu ini adalah jurusan yang keren dan memiliki prospek kerja yang sangat baik di masa depan. Kamu bisa bekerja sebagai reporter, pegawai bank, PNS, dosen, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi Bagi yang Bingung Kuliah Apa

Ilmu komunikasi mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan dunia komunikasi. Ilmu yang dipelajari di jurusan ini cukup menarik dan topiknya selalu fleksibel sesuai dengan perkembangan jaman yang ada. Tak heran jika jurusan ini menjadi salah satu jurusan favorit di kalangan pelajar.

Biaya Kuliah

Lalu bagaimana dengan biaya kuliah ilmu komunikasi? Jurusan yang satu ini bisa dibilang sebagai jurusan yang cukup bergengsi. Biaya kuliah yang dibutuhkan juga bervariasi. Namun rata-rata biaya yang dibutuhkan berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 7 juta.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Ilmu Komunikasi Untuk Jenjang S1

Biaya kuliah yang disebutkan di sini bisa lebih mahal maupun lebih murah pada kenyataannya. Untuk universitas swasta tentu biaya kuliah bisa jauh lebih mahal. Apalagi sekarang biaya kuliah menggunakan sistem UKT yang dinilai cukup tinggi.

UKT merupakan kependekan dari uang kuliah tunggal. UKT dibayarkan setiap satu semester. Besarnya biaya UKT untuk mahasiswa satu dan mahasiswa lain juga berbeda. Biaya UKT ini disesuaikan dengan besarnya penghasilan orang tua mahasiswa yang bersangkutan.

Keringanan Biaya
Mahal atau tidaknya biaya kuliah sebenarnya sangat relatif. Ada sebagian orang yang melihatnya ringan namun ada juga yang melihatnya sangat berat. Tidak masalah, Kamu tetap bisa mendapatkan solusi entah biaya kuliah itu terasa ringan atau berat.

Baca Juga:  Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik Di Yogyakarta Untuk Jenjang S1

Jika Kamu merasa biaya kuliah yang dibebankan terlalu tinggi, maka Kamu bisa mengajukan permohonan keringanan biaya. Kamu bisa mengajukan keringanan ke pihak universitas. Selain itu Kamu juga bisa mengajukan beasiswa untuk membantu meringankan biaya kuliahmu.

Silakan langsung berkonsultasi dengan pihak universitas mengenai besarnya biaya kuliah yang dibutuhkan. Kamu bisa mendapatkan informasi biaya kuliah ilmu komunikasi yang lebih akurat. Selain itu, Kamu juga bisa langsung berkonsultasi jika ingin mengajukan keringanan biaya.