Peluang Atau Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Image: [Neva79] pixabay.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Ilmu Komunikasi dan Gajinya

Hal yang wajib dipertimbangkan dalam memilih sebuah studi adalah peluang atau prospek kerja. Sebelum Kamu memberikan keputusan untuk masuk dalam studi yang ditawarkan. Begitu juga dengan peluang atau prospek kerja ilmu komunikasi.

Mungkin di benakmu timbul berbagai pertanyaan, apa saja yang akan dipelajari dalam jurusan ilmu komunikasi dan bagaimana nanti prospek kerja setelah lulus. Kamu bisa terjun ke dalam beberapa bidang yang sesuai dengan jurusanmu yakni ilmu komunikasi. Berikut adalah peluang kerja bagi para lulusan ilmu komunikasi.

1. Produser

Produser merupakan suatu keahlian yang banya ditawarkan kepada para lulusan ilmu komunikasi. Tugasnya memproduksi sebuah event atau film. Profesi ini bisa Kamu jadikan pilihan sebagai peluang atau prospek kerja ilmu komunikasi.
Terlebih lagi jika konsentrasi yang diambil bidang broadcasting, hal ini sangat memungkinkan menjadi seorang produser. Gaji tahunan rata-rata untuk produser mencapai 1 milyar bahkan bisa lebih.

2. Sutradara

Menjadi sutradara merupakan kesempatan besar bagi Kamu yang bergelar sarjana ilmu komunikasi, terutama jika Kamu mengambil konsentrasi broadcasting. Hal ini karena Kamu sudah mempelajari teori dan prakteknya dengan detail ketika masih kuliah. Gaji tahunan seorang sutradara cukup menggiurkan, yakni pada kisaran 1 milyar.

Baca Juga :  10 Pekerjaan Dengan Gaji Tinggi Di Indonesia Saat Ini

3. Fotografer

Sudah bukan menjadi hal yang asing lagi bagi sarjana komunikasi mengenai dunia fotografi. Peranan foto sangat penting dalam berbagai pembuatan media. Wajib bagi Kamu seorang sarjana komunikasi pintar dalam memilih, mengambil, dan menentukan gambar yang pas untuk digunakan.

Hal ini dikarenakan dalam ilmu komunikasi, sebuah gambar merupakan media untuk menyampaikan sebuah pesan. Untuk itu, sangat memungkinkan untuk menjadi fotografer.

Gaji untuk profesi ini tidak main-main, karena rata-rata untuk sekali pemotretan bisa megantongi $100-$150 ini untuk kelas pemula. Sedangkan untuk kelas profesional bisa lebih dari $200.

4. Cameraman

Jika Kamu mengambil konsentrasi broadcasting, peluang untuk menjadi cameraman sangat besar. Karena di dalamnya tidak hanya diajari memproduksi media saja, akan tetapi juga seluk beluk berbagai aspek di dalamnya.

Salah satunya adalah cameraman. Cameraman merupakan hal terpenting sebagai salah satu tenaga broadcasting. Gaji menjadi seorang cameraman sangat bervariasi. Ada pada kisaran 2,5 sampai dengan 6 juta.

5. Jurnalis

Lulusan komunikasi tentu berkemampuan lebih dalam bidang jurnalistik, terutama yang mengambil konsentrasi ini. Sehingga sangat memungkinkan menjadi seorang wartawan atau jurnalis.

Baca Juga :  10 Peluang atau Prospek Kerja Agroteknologi dan Gajinya

Gaji pokok yang diterima jurnalis pemula adalah Rp.7.960.00,00. Namun juga masih ada media yang memberikan gaji pada kisaran 3 sampai dengan 6 juta bagi pemula.

6. Penulis

Disamping menjadi jurnalis juga bisa menjadi seorang penulis. Karena kemampuan merangkai kata yang sudah tidak diragukan lagi. Baik itu tulisan yang bersifat informatif seperti halnya artikel. Atau bisa tulisan yang sifatnya menghibur seperti novel. Bahkan bisa menjadi penulis skenario dalam berbagai media. Gaji ideal bagi seorang penulis ada pada kisaran 5 sampai 6 juta per bulan.

7. Reporter

Kemampuan dalam meyampaikan pesan dengan baik sangat berpeluang. Implementasi dari baiknya penyampaian pesan ini menjadi aspek dalam profesi reporter. Seorang reporter harus mampu menyampaikan berbagai informasi dan pesan kepada masyarakat dengan baik. Gaji yang diterima reporter bervariasi mulai dari 2 hingga 8 juta per bulannya.

8. Penyiar Radio

Menjadi seorang penyiar radio dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Tidak semua orang mampu memerankan sebagai penyiar radio. Hanya orang-orang yang memiliki kemampuan komunikasi khusus yang mampu memerankan. Dan salah satunya adalah seorang lulusan komunikasi. Umumnya gaji seorang penyiar radio di hitung per jam. Jadi semakin lama siaran semakin besar gaji yang diterima.

Baca Juga :  10 Peluang atau Prospek Kerja Agribisnis dan Gajinya

9. Event Organizer

Tugas EO adalah mengurus semuanya dengan detail, mulai dari vendor, klien, hingga para tamu yang hadir. Pekerjaan ini sangat cocok bagi orang-orang yang mempelajari ilmu komunikasi. Karena telah dibekali ilmu yang berhubungan dengan banyak orang, yang sangat dibutuhkan dalam prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini. Gaji menjadi EO terbilang menggiurkan. Di Amerika, rata-rata pekerja EO mampu meraup gaji USD 27.000.

10. Pembaca Berita

Peluang atau prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini banyak digeluti oleh lulusan komunikasi. Pembaca berita bertanggung jawab menyampaikan berita kepada publik melalui media televisi maupun radio. Gaji untuk pembaca berita ada pada kisaran 2 hingga 3 juta. Dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Itulah gambaran peluang atau prospek kerja ilmu komunikasi. 10 jenis peluang di atas hanya segelintir dari beberapa peluang yang tersedia bagi lulusan ilmu komunikasi. Kesempatan sangat teruka lebar bagi Kamu lulusan ilmu komunikasi untuk menekuni berbagai profesi yang sesuai selain yang telah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *