Perkiraan Biaya Kuliah Bimbingan Konseling

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Bimbingan Konseling Untuk Jenjang S1

Kuliah Bimbingan Konseling sebenarnya bisa menjadi salah satu alternatif Kamu dalam melakukan proses healing trauma. Mendengar beberapa testimoni mahasiswa yang kuliah jurusan itu juga terlihat menjadi manusia yang paling bahagia karena berhasil menyelesaikan setiap masalah yang terjadi dalam hidupnya. Nah, untuk biaya kuliah Bimbingan Konseling sendiri sebesar Rp. 4,4 juta untuk perguruan tinggi negeri.

Jurusan Bimbingan Konseling

Di jurusan ini, Kamu akan mempelajari ilmu pendidikan, berhubungan dengan cara pembelajaran, pemahaman pendidikan, dan pemahaman terhadap peserta didik. Ilmu pendidikan yang Kamu terima tentu untuk melakukan bimbingan yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Selain itu, Kamu juga akan mempelajari Psikologi, karena jurusan ini memang cabang dari ilmu Psikologi juga.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Bimbingan Konseling Bagi Yang Bingung

Hal-hal yang ada dalam ilmu Psikologi seperti kepribadian, ilmu perilaku manusia, teori Psikologi, dan lain-lain akan Kamu pelajari untuk diterapkan di sekolah. Di sekolah biasanya Kamu mendengar guru BK, nah guru ini memiliki peran membimbing dan mengarahkan siswa dengan menggunakan ilmu Psikologi. Misalnya kasus-kasus kenakalan remaja, tawuran, penyalahgunaan narkoba, dan semua kasus negatif yang dilakukan siswa.

Selain menangani kasus negatif siswa, konselor berperan juga dalam hal mengarahkan minat dan bakat siswa. Untuk Bimbingan Konseling siswa SMA biasanya tidak jauh dari memberikan saran dalam memilih perguruan tinggi. Apabila Kamu tidak tertarik berkarir di sekolah, Kamu dapat bekerja di masyarakat dalam menyampaikan penyuluhan di bidang kesehatan mental, pendidikan bagi anak jalanan, dan menangani kasus sosial.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Bimbingan Konseling Dan Gajinya

Mata Kuliah Jurusan Bimbingan Konseling

Sebelum menentukan masuk jurusan Bimbingan Konseling, tidak ada salahnya kalau Kamu mengetahui beberapa mata kuliah yang akan dipelajari, di antaranya: pengantar pendidikan, antropologi, sosiologi, Psikologi pendidikan, dasar Bimbingan Konseling, bimbingan dan konseling pengembangan, dasar pemahaman perilaku, landasan Psikologis pendidikan, landasan sosial BK, pengantar konseling, kesehatan mental, dan lain sebagainya.

Perkiraan Biaya Kuliah Jurusan Konseling

Biaya kuliah jurusan konseling bisa dikatakan cukup terjangkau karena masuk dalam dunia pendidikan. Apalagi perguruan tinggi negeri yang telah menerapkan sistem pembayaran uang kuliah tunggal. UKT tertinggi di kampus negeri yaitu berkisar antara Rp. 4,4 juta per semester tanpa uang pangkal. Berbeda dengan sistem pembayaran yang diterapkan di kampus lainnya yang mewajibkan mahasiswa membayar uang pangkal.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Bimbingan Konseling Bagi Yang Bingung

Kemudian untuk perguruan tinggi swasta yang menyelenggarakan jurusan Bimbingan Konseling, biasanya biaya kuliahnya tergantung dengan kebijakan yang dikeluarkan pihak universitas. Namun, sebagai gambaran saja, biaya kuliah Bimbingan Konseling di perguruan tinggi swasta berkisar antara Rp. 4,4 juta per semester.

Perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk biaya kuliah Bimbingan Konseling hampir sama. Kamu hanya tinggal memilih kampus mana yang cocok dengan kepribadian Kamu. Semoga informasi kali ini bermanfaat buat Kamu ya. Dan semoga sukses masuk kampus impian.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *