Peluang Atau Prospek Kerja Bimbingan Konseling

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Bimbingan Konseling Dan Gajinya

Jurusan kuliah merupakan hal sensitif yang harus dipertimbangkan secara matang. Jangan sampai Kamu terpaksa masuk ke jurusan yang tidak sesuai dengan bakat atau minat. Salah satu jurusan kuliah yang cocok untuk orang yang suka bersosialisasi, mampu memberikan solusi masalah dan tipe pendengar adalah Bimbingan Konseling. Tak perlu ragu sebab prospek kerja Bimbingan Konseling sangat terbuka lebar untukmu.

1. Guru BK

Guru BK bisa menjadi pilihan karir Kamu setelah lulus kuliah. Kamu bisa menjadi guru BK di tingkat SLTP atau SMA. Banyak pula lembaga pendidikan swasta yang mencari tenaga konseling untuk tingkat lebih rendah mulai PAUD atau TK. Gaji guru BK yang telah terdaftar sebagai PNS tentu memiliki nominal yang layak.

2. Konselor Pendidikan

Tugas seorang konselor tentu sangat berat sesuai dengan gaji yang ditawarkan. Konselor pendidikan akan memberikan arahan untuk pilihan pendidikan anak. Jasa konseling ini tentu mematok tarif tertentu. Tak heran seorang konselor bisa memiliki gaji jutaan hingga belasan juta dengan pengalaman di bidang konseling 3-5 tahun.

3. Konsultan Pengembangan SDM

Prospek kerja Bimbingan Konseling juga terbuka lebar untuk Kamu yang ingin menjadi konsultan pengembangan SDM. Kamu juga berpeluang mengisi divisi HRD di perusahaan besar. Gaji orang yang bekerja sebagai konsultan atau HRD bisa mencapai angka 10-15 juta rupiah lho!

4. Konsultan Pendidikan LBB

Kamu bisa memilih karir sebagai konsultan pendidikan di berbagai lembaga bimbingan belajar yang ada di Indonesia. Menjadi tenaga konseling di LBB bisa menjadi pilihan profesimu setelah lulus kuliah nanti.

5. Hipnoterapis

Tak hanya lulusan Psikologi yang bisa menjadi hipnoterapis, anak Bimbingan Konseling memiliki kesempatan yang sama. Tentu Kamu harus melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi termasuk mengikuti berbagai pelatihan agar bisa menjadi hipnoterapis handal. Profesi hipnoterapis di Indonesia bisa mencapai 300 ribu-3 juta per durasi tertentu.

6. PNS

Menjadi seorang pegawai negeri sipil bisa menjadi pilihan karir Kamu masa mendatang. Kamu bisa bekerja di lembaga permasyarakatan, PKBI, Kementerian Agama dan lain-lain.

7. Jasa Layanan Tes Psikologi

Kamu harus melanjutkan jenjang pendidikan hingga S2 jika ingin membuka usaha jasa layanan tes Psikologi.

8. Staf HRD

Gaji kepala HRD sebuah perusahaan bisa mencapai angka 10 juta hingga belasan juta rupiah sedangkan staf HRD berkisar pada angka 5 jutaan. Kemampuan psikologi kepribadian yang diajarkan di bangku kuliah bisa Kamu manfaatkan dengan baik.

9. Tenaga Konselor Pusat Rehabilitasi

Kamu bisa berperan sebagai tenaga konselor yang memberi penyuluhan atau arahan pada masyarakat. Di pusat rehabilitas, keberadaan konselor sangat dibutuhkan untuk menangani berbagai kasus sosial.

10. Wirausaha

Karir Kamu tak harus selalu berkaitan dengan dunia pendidikan atau tenaga konselor, Kamu tetap bisa menjadi seorang wirausaha. Kemampuan Kamu memahami perilaku orang lain bisa menjadi modal menjadi pebisnis sukses. Kamu bisa memanfaatkan semua ilmu yang didapat di bangku kuliah untuk merekrut karyawan, mengembangkan SDM hingga bekerja sama dengan pihak lain.

10 prospek kerja Bimbingan Konseling di atas bisa menjadi gambaran masa depan untukmu kelak. Tak perlu khawatir tidak akan memiliki kehidupan layak setelah lulus sekolah ya? Selama Kamu bisa berpikir kreatif dan mengimplementasikan ilmu di bangku kuliah dalam kehidupan nyata, karir cemerlang menunggumu lho!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *