Perkiraan Biaya Hidup Di Semarang

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Hidup Di Semarang Untuk Keluarga Atau Kerja Sebulan

Semarang yang memiliki ikon wisata Lawang Sewu ini masuk dalam daftar kota yang memiliki biaya hidup lumayan murah. Biaya hidup di Semarang hampir sama dengan kota Yogyakarta berdasarkan hasil Survei Biaya Hidup 2012 yang dipublikasikan Badan Pusat Statistik atau BPS pada tahun 2014.

Untuk ukuran satu keluarga berisi 4 orang, biaya hidup di kota lumpia ini sekitar 4,8 jutaan. Bagaimana dengan biaya hidup satu orang atau pasutri yang hendak bekerja di Semarang? Yuk, mari analisa perkiraan biaya hidup dalam satu bulan di Semarang berikut!

Biaya Tempat Tinggal

Harga sewa kost untuk seorang diri atau pasutri sekitar 500 ribu rupiah dengan fasilitas standar. Ada kamar kost lebih murah sekitar 300-500 ribu yang biasa ditujukan untuk pelajar atau mahasiswa. Namun, Kamu yang memilih lokasi tempat tinggal berada di area pinggir kota tentu bisa mendapatkan harga yang murah.

Baca Juga:  10 Kampus Terbaik Di Semarang Yang Bisa Kamu Coba Daftar

Kalau membawa banyak anggota keluarga, Kamu bisa mempertimbangkan kontrak rumah di Semarang. Harga kontrakan di Semarang lumayan mahal sekitar 5-7 juta per tahun dengan kondisi rumah sederhana atau dua kamar saja.

Biaya Makan

Menjadi pegawai di kota Semarang membutuhkan biaya makan yang cukup murah. Kamu hanya perlu mengeluarkan 10 ribu rupiah saja per sekali makan. Menu makan yang diberikan cukup standar seperti nasi, lauk, sayur dan es teh.

Kalau Kamu makan sehari tiga kali, butuh biaya sekitar 900 ribu rupiah untuk konsumsi sebulan. Bagaimana kalau Kamu berencana makan di foodcourt atau level makanan lebih enak? Pastikan Anda memiliki pekerjaan dengan gaji menarik ya!

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Kuliah Di Semarang Bagi Yang Masih Bimbang

Biaya Transportasi Di Semarang

Kalau Kamu memiliki kendaraan sendiri seperti motor, biaya bensin bisa lebih hemat ya! Namun, Kamu yang tidak memiliki kendaraan pribadi, bisa memilih moda transportasi memadai di Semarang. Biaya naik angkutan umum hanya sekitar 2-5 ribu rupiah per perjalanan sedangkan naik bus Trans Semarang sekitar 3.500 untuk umum.

Dalam sebulan Kamu bisa mengkalkulasikannya sendiri, bukan? Biaya transportasi 3.500 dikali 2 selama 30 hari membutuhkan anggaran sekitar 210 ribu per bulan.

Biaya Hiburan Dan Lain-Lain

Hidup senantiasa butuh uang memang benar lho! Kamu pasti juga butuh paket kuota, paket toiletries, nongkrong, sesekali makan enak atau sekadar nonton film terbaru. Jika diasumsikan hidup paling ngirit, Kamu butuh biaya 300-400 ribu rupiah per bulan. Selama Kamu memiliki keinginan menabung, wajib membatasi pengeluaran sekunder. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang. Lama-lama Kamu bakal bangkrut memenuhi biaya hidup di Semarang.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Hidup Mahasiswa Di Semarang Dalam Sebulan

Saat ini, pemerintah menetapkan nilai UMR kota Semarang sekitar 2,498 juta rupiah sedangkan total biaya hidup di Semarang berkisar 1,9-2 juta rupiah per bulan. Kalkulasi biaya hidup tersebut mulai kost 500 ribu, biaya makan 900 ribu, transportasi 210 ribu dan biaya lain-lain 400 ribu rupiah. Setidaknya Kamu memiliki kemampuan menabung mulai 400-500 ribu per bulan, bukan?