Pengertian Customer Service Dan Tugas Customer Service

Image: canva.com

Pengertian Customer Service Dan Tugas Customer Service

Semua layanan jasa maupun barang pasti memiliki front liner atau customer servicenya. Front liner adalah untuk jasa offline, sedangkan untuk online ada istilah customer service. Sering Kamu dengar tentang customer service, namun pengertian customer service dan tugas customer service masih harus Kamu pahami.

Adanya customer service atau disingkat CS ini adalah hal yang wajib dalam sebuah usaha. CS ini nantinya akan menjadi jembatan antara pemilik usaha dengan pelanggan. Kebanyakan semua usaha yang mengiklankan produknya secara online akan menginfokan semuanya lewat CS.

Baca Juga:  Pengertian Seminar, Fungsi Seminar, Dan Susunan Acaranya

Keberadaan CS akan sangat meringankan beban alami untuk memimpin usaha Kamu. CS memiliki peran yang penting yang terkait dengan semua hal tentang pekerjaan.

Pengertian Customer Service

Pengertian secara istilah. Kamu bisa melihatnya dari susunan katanya. Di mana “Customer Service” terdiri dari dua kata yang dikatakan dengan frase. Frase tersebut dikaitkan satu sama lain. Customer service berasal dari 2 kata dalam Bahasa Inggris;

  • Customer yang berarti pelanggan atau pembeli atau pemakai jasa
  • Service artinya pelayanan atau layanan

Kamu dapat katakan bahwa customer service adalah layanan pelanggan. Layanan yang digunakan dan disediakan untuk pelanggan.

Baca Juga:  Pengertian Workshop, Fungsi Workshop, Dan Susunan Acaranya

Secara harfiah, bahwa pengertian Customer Service ada beberapa versi menurut ahlinya :

1. Menurut Yosal Irianto, Customer Service adalah bagian dari stakeholder, di mans tugasnya adalah sebagai penghubung antara masyarakat dengan pihak pengelola

2. Menurut Liyod Finch, customer service adalah pegawai yang bertugas memberikan pelayanan yang berkualitas atau bermutu bagi pelanggan .

3. Menurut Rosady, customer service adalah bentuk pelayanan untuk menarik simpati dan kepercayaan pelanggan yang akan menggunakan produk yang dijual atau dijajakan.

Berdasarkan pengertian-pengertian tersebut, dapat dikatakan bahwa customer service adalah posisi penting perusahaan yang membawa hajat hidup perusahaan. Customer service standby kapan saja dan dipastikan membantu pelanggan.

Baca Juga:  Pengertian Seminar, Fungsi Seminar, Dan Susunan Acaranya

Tugas seorang customer service

1. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Customer service akan mewakili sikap dan keprofesionalan perusahaan. Cover dari perusahaan adalah customer service.

2. Melayani pelanggan dengan maksimal. Pelayanan harus diperhatikan dsecara lengkap, dari awal hingga akhir.

3. Bertanggung jawab menyelesaikan pelayanan yang telah diberikan. Tugas harus diselesaikan dari awal sampai dengan selesai. Ini adalah wujud dari tanggung jawab kepada pelanggan, sehingga customer servicenya harus memberikan koordinasi yang baik kepada staf yang lainnya.

4. Memberikan dukungan kepada perusahaan dalam menjualnya jasa atau barangnya. Caranya adalah dengan menjawab semua pertanyaan pelanggan.

Baca Juga:  Pengertian Workshop, Fungsi Workshop, Dan Susunan Acaranya

Banyak sekali tugas dari customer service. Tugas tersebut hanyalah sebagian saja. Masih banyak tugas customer service yang lainnya. Pengetahuan tentang pengertian customer service dan tugas customer service pun harus Kamu kembangkan. Sebab, bukan tidak mungkin jika nantinya Kamu akan menjadi customer service atau sekedar membutuhkan jasa customer service.