Pengertian, Tujuan, Dan Fungsi Bimbingan Belajar Bagi Anak

Image: canva.com

Pengertian, Tujuan, Dan Fungsi Bimbingan Belajar Bagi Anak

Bimbingan belajar (Bimbel) merupakan kegiatan pembelajaran tambahan yang diberikan kepada anak maupun orang dewasa. Untuk menambah intensitas belajar anak, bimbel adalah pilihan tepat orang tua. Inilah yang menyebabkan tersedianya berbagai jenis bimbel yang tersebar dimana-mana. Karena setiap orang memiliki kewajiban yang harus dilakukan sepanjang hidupnya, yakni belajar.

Para ahli mendefinisikan belajar sebagai suatu kegiatan atau proses yang dilakukan oleh manusia secara sadar. Kemudian dari kegiatan tersebut menimbulkan perbedaan dalam dirinya dan perbedaan tersebut tidak bisa dikembalikan seperti semula. Sifat perubahan yang dihasilkan dari kegiatan belajar tersebut bersifat permanen dan tidak dapat dikembalikan pada keadaan sebelumnya.

Baca Juga:  Perbedaan Bimbel Dan Les Privat Yang Perlu Kamu Tau

Berikut adalah ulasan mengenai pengertian, tujuan, dan fungsi bimbel bagi anak.

Apa Itu Bimbingan belajar (Bimbel)?

Definisi dari bimbel adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk memberikan bantuan kepada peserta didik dalam upaya meningkatkan prestasi atau hasil belajar yang lebih optimal di lembaga tempat mereka menuntut ilmu.

Pihak sekolah sebagai lembaga pendidikan anak, biasanya memberikan Bimbel. Dengan tujuan agar siswa-siswanya mampu menyesuaikan diri dengan situasi pendidikan yang saat ini sedang dihadapinya.

Banyak keuntungan yang didapatkan oleh siswa yang mengikuti bimbel. Selain untuk meningkatkan prestasi siswa, bimbel juga dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran yang dianggap sulit, serta mampu mengembangkan kemampuan untuk bersosialisasi.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Bimbel Dibandingkan Les Privat

Daya tangkap dan prestasi pada setiap anak memang berbeda-beda. Hal iniliah yang seharusnya menjadi perhatian lebih bagi orang tua. Orang tua harus mampu mengarahkan apabila anak menghadapi suatu kesulitan dalam pelajaran. Dan salah satu solusinya adalah dengan mengikuti bimbel baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Apa Tujuan Bimbingan Belajar (Bimbel)?

Solusi terbaik untuk mengatasi masalah belajar anak adalah lembaga bimbel. Di lembaga tersebut kesulitan-kesulitan yang dihadapi anak akan terpecahkan. Anak akan mendapatkan beberapa cara bagaimana agar belajar menjadi optimal dan efisien.

Baca Juga:  10 Alasan Kenapa Bimbel Tidak Perlu Buat Kamu Atau Anak Kamu

Dengan adanya guru atau tentor akan meningkatkan minat belajar anak. Serta dituntut untuk memahami teknik-teknik belajar yang efektif, dengan tujuan agar pembelajaran tidak membosankan. Sehingga lama kelamaan rasa tanggung jawab terhadap dirinya sendiri akan muncul.

Apa Fungsi Bimbingan Belajar (Bimbel)?

Dari beberapa uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwasanya bimbel sangat berfungsi bagi anak. Berikut adalah fungsi dari mengikuti bimbel.

  • Membantu Memahami Dan Menyerap Pelajaran

Tujuan utama dari bimbel adalah memberikan kemudahan serta membantu dalam mengatasi persoalan pelajaran yang mereka anggap sulit. Persoalan yang dihadapi setiap anak akan terpecahkan dengan bantuan dari tentor, sehingga lebih mudah dalam menyerap dan memahami pelajaran.

  • Lebih Aktif Dan Pandai Bersosialisasi
Baca Juga:  10 Kekurangan Bimbel Yang Perlu Kamu Tau

Disisi lain pada saat anak mengikuti bimbel pasti akan mendapatkan teman baru. Dengan seperti ini maka anak akan terbiasa lebih aktif dan mudah bersosialisasi. Sikap terbuka dari tentor kepada anak akan menumbuhkan karakter pemberani dan tidak minder.

  • Anak Mendapatkan Pergaulan Positif

Selama di bimbel orang tua tidak perlu mengkahwatirkan. Karena sudah pasti mendapatkan pergaulan yang positif bersama dengan teman-temannya. Pihak lembaga pasti sudah memberikan pengawasan yang ketat.

Demikianlah informasi mengenai pengertian, tujuan, dan fungsi bimbingan belajar bagi anak. Semoga dengan ulasan informasi diatas bermanfaat untuk Kamu.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *