Memilih Tempat Bimbel

Image: canva.com

10 Tips Memilih Tempat Bimbel Yang Tepat Untuk Anak

Yang menjadi tolok ukur keberhasilan anak dalam menempuh pendidikan adalah kesuksesan karir anak di masa depan. Namun untuk mencapai kecemerlangan karir tersebut, ada banyak tuntutan yang akan didapatkan oleh anak. Salah satunya adalah dengan memilih tempat bimbel.

Bimbel atau singkatan dari Bimbingan Belajar adalah salah satu jenis jam tambahan belajar yang dilakukan di luar jam sekolah. Bimbel ini dilakukan di sebuah gedung khusus atau di rumahan. Di mana tujuannya sama, yakni untuk membimbing belajar anak di rumah atau di luar jam belajar di sekolah.

Munculnya bimbel ini adalah untuk membantu siswa dalam belajar. Karena pengaruh gadget, banyak anak yang tidak konsentrasi belajar dan prestasinya menurun.

Nilai menjadi patokan orangtua untuk menentukan kualitas belajar anak di sekolah. Untuk itulah anak diwajibkan ikut bimbel agar nilainya naik. Padahal sebenarnya peran bimbel bukan untuk menggenjot nilai anak, melainkan membantu anak untuk lebih semangat belajar. Jika anak semangat belajar, maka nilai bagus pun akan mengikuti.

Baca Juga :  Pengertian, Tujuan, Dan Fungsi Bimbingan Belajar Bagi Anak

Bimbel ini juga lebih umum dengan sebutan les. Banyak tempat bimbel yang bisa kita pilih dewasa ini. Ada bimbel yang hanya menawarkan bimbingan untuk beberapa mata peajaran saja dan ada yang menawarkan semua mata pelajaran. Biayanya pun akan menyesuaikan dengan lamanya waktu bimbingan, privat atau tidak, dan juga lembaga yang mengadakan.

Jika bimbel dilakukan privat, maka kita harus siap-siap untuk membayar lebih mahal. Semakin bonafit tempat bimbel, biayanya pun juga akan semakin mahal. Maka dari itu, berikut adalah 10 tips untuk memilih tempat bimbel yang terbaik:

1. Pilih tempat bimbel yang dekat dari rumah. Tidak perlu jauh-jauh jika ada yang dekat. Ini akan membuat anak lebih nyaman. Tidak kecapekan jika harus bimbel di tempat yang jauh.

Baca Juga :  Pengertian, Tujuan, Dan Fungsi Bimbingan Belajar Bagi Anak

2. Pilih tempat bimbel yang banyak peminatnya. Jika banyak peminatnya, berarti kualitasnya bagus.

3. Pilih tempat bimbel yang mematok biaya murah. Dalam artian tidak murahan dan tidak terlalu mahal, karena yang terpenting adalah kualitasnya.

4. Pilih tempat bimbel yang berkualitas pengajarnya. Walaupun hanya seorang pengajar bimbel, kualifikasi pendidikannya pun penting. Setidaknya pengajar bimbel sudah sarjana sesuai faknya. Apalagi akan banyak permasalahan belajar siswa yang akan dihadapi.

5. Memilih Tempat Bimbel setelah mendapatkan saran dari orangtua. Bagaimanapun yang akan membiayai bimbel kita adalah orangtua, maka dari itu harus dengan persetujuan orangtua.

6. Tidak perlu memilih tempat bimbel yang favorit. Karena dimanapun tempatnya, bimbel kita akan menunjukkan kemajuan jika kita sendiri mau berusaha belajar lebih giat. Bagaimana keseriusan kita mengikuti bimbel.

7. Tidak perlu gengsi. Bimbel tidak harus dilakukan sesuai dengan pendapat orang lain. Karena faktor gengsi dan takut diolok-olok.

Baca Juga :  Pengertian, Tujuan, Dan Fungsi Bimbingan Belajar Bagi Anak

8. Tidak perlu ikut-ikutan teman lain. Di mana memang lebih baik jika kita memilih tempat bimbel yang sesuai dengan keinginan kita.

9. Pilih tempat bimbel yang banyak direkomendasikan orang-orang terdekat. Karena mereka peduli dengan kita dan tahu sejauh mana kemampuan kita. Mereka juga pernah mengalami bimbel yang disarankan itu.

10. Piih tempat bimbel yang memiliki prestasi. Di mana banyak siswanya yang benar-benar mengalami kemajuan belajarnya. Tolok ukuranya adalah nilai di sekolah yang meningkat.

Di mana pun kita memilih tempat bimbel, kita tidak perlu bingung. Karena akan sama saja. Pada dasarnya yang menentukan berhasil atau tidaknya tindakan memilih tempat bimbel yang kita lakukan ini adalah tergantung pada kesiapan dan keseriusan kita dalam belajar.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *