Mata Kuliah Teknik Lingkungan

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Teknik Lingkungan Untuk Jenjang S1

Mengenal beberapa mata kuliah teknik lingkungan perlu dilakukan sebelum Kamu memasuki jenjang kuliah. Jika Kamu ingin mengambil jurusan teknik lingkungan, maka secara otomatis Kamu harus tahu apa saja mata kuliah yang akan Kamu pelajari di jurusan yang satu ini.

Jurusan teknik lingkungan adalah jurusan yang mempelajari tentang lingkungan dan pengelolaannya. Supaya Kamu bisa mengenal lebih jauh tentang jurusan teknik lingkungan, berikut adalah 10 mata kuliah teknik lingkungan yang perlu Kamu ketahui :

1. Statistika Lingkungan

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Teknik Lingkungan Untuk Jenjang S1

Statistika lingkungan adalah salah satu jenis mata kuliah yang harus dipelajari oleh mahasiswa jurusan teknik lingkungan. Biasanya mata kuliah ini diberikan pada semester awal perkuliahan.

2. Kesehatan Lingkungan

Mahasiswa jurusan teknik lingkungan tentu harus tahu bagaimana kondisi kesehatan lingkungan dan cara untuk menjaganya. Mata kuliah ini akan memberikan ilmu lengkap tentang kesehatan lingkungan masyarakat.

3. Pengantar Sistem Informasi Geografis

Agar bisa memahami lingkungan dan mengelolanya dengan baik maka Kamu harus tahu bagaimana kondisi geografisnya. Kamu akan mendapatkan mata kuliah pengantar sistem informasi geografis untuk membantu Kamu mengenal lebih jauh tentang kondisi geografis lingkungan ini.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Teknik Lingkungan Dan Gajinya

4. Pengelolaan Sampah

Lingkungan kita tidak bisa dipisahkan dari isu sampah. Pengelolaan lingkungan sangat berhubungan dengan pengelolaan sampah. Di mata kuliah pengelolaan sampah Kamu akan belajar banyak tentang cara mengolah sampah yang tepat.

5. Teknik Penyediaan Air Minum

Penyediaan air minum juga sangat penting bagi masyarakat. Sebagai mahasiswa teknik lingkungan Kamu juga wajib belajar mengenai teknik penyediaan air minum di masyarakat.

6. Pencemaran Tanah

Kondisi tanah sangat berpengaruh pada kondisi lingkungan hidup kita. Di mata kuliah ini Kamu bisa belajar tentang pencemaran tanah dan bagaimana cara mengatasinya.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Teknik Lingkungan Bagi Yang Bingung Kuliah

7. Manajemen Teknik Lingkungan

Sebagai mahasiswa teknik lingkungan tentu Kamu harus tahu bagaimana manajemen teknik lingkungan. Mata kuliah yang satu ini menjadi salah satu jenis mata kuliah yang sangat penting di jurusan teknik lingkungan.

8. Pencemaran Udara

Selain pencemaran tanah, pencemaran udara juga sangat berpengaruh pada kondisi lingkungan. Di jurusan yang satu ini, Kamu bisa belajar banyak tentang pencemaran udara dan cara mengatasinya.

9. Pengelolaan Sumber Daya Air

Sumber daya air menjadi salah satu sumber daya yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Di mata kuliah ini Kamu akan belajar bagaimana proses pengelolaan sumber daya air yang baik dan benar.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Teknik Lingkungan Untuk Jenjang S1

10. Mikrobiologi Lingkungan

Di jurusan teknik lingkungan, Kamu juga akan belajar tentang mikrobiologi lingkungan. Di mata kuliah ini Kamu akan mempelajari bakteri dan mikroorganisme lainnya yang bermanfaat maupun merugikan bagi lingkungan.

Itulah tadi 10 jenis mata kuliah teknik lingkungan yang perlu Kamu ketahui. Masih ada lebih banyak lagi mata kuliah yang harus Kamu ambil di jurusan teknik lingkungan ini. Jadi, kenali satu per satu mata kuliah yang akan dipelajari supaya Kamu semakin mantap memilih jurusan kuliah.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *