Peluang Atau Prospek Kerja Teknik Lingkungan

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Teknik Lingkungan Dan Gajinya

Peluang atau prospek kerja teknik lingkungan menjadi salah satu pertimbangan yang penting untuk dipikirkan ketika Kamu akan memilih jurusan ini. Seperti kita tahu bahwa sebagian besar orang ingin memilih jurusan terbaik yang bisa memberikan prospek kerja yang bagus dengan peluang gaji yang memuaskan.

Teknik lingkungan merupakan salah satu pilihan jurusan yang memiliki peluang atau prospek kerja yang luas. Untuk lebih meyakinkan Kamu yang ingin berkuliah di jurusan teknik lingkungan, inilah dia 10 peluang atau prospek kerja teknik lingkungan :

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Teknik Lingkungan Bagi Yang Bingung Kuliah

1. Manajer Lingkungan

Sebagai manajer lingkungan, Kamu akan bertugas untuk memeriksa lingkungan dari sebuah perusahaan maupun organisasi serta lembaga. Sebagai manajer lingkungan, Kamu bisa berkesempatan mendapat gaji mulai dari Rp 5 juta.

2. Pengelolaan Limbah

Sebagai lulusan dari jurusan teknik lingkungan, Kamu bisa bekerja sebagai pengelola limbah. Sebagai pengelola limbah, Kamu bertugas untuk mengelola limbah sehingga tidak memberi dampak buruk bagi lingkungan. Profesi ini bisa memiliki gaji mulai dari Rp 3 juta.

3. Ahli Ekologi

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Teknik Lingkungan Untuk Jenjang S1

Lulusan dari jurusan teknik lingkungan juga bisa bekerja sebagai ahli ekologi. Sebagai ahli ekologi, Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 5 juta dan terus meningkat sesuai dengan pengalaman.

4. Konservasi Alam

Kamu bisa bekerja sebagai petugas konservasi alam. Sebagai lulusan dari jurusan teknik lingkungan tentu Kamu memiliki pengetahuan mengenai kondisi lingkungan dan cara untuk mengelolanya. Gaji yang bisa didapat dari profesi ini mulai dari Rp 3 juta dan bisa terus meningkat.

5. Insinyur Energi

Insinyur energi merupakan orang yang bertugas untuk mengelola energi dari berbagai sumber daya alam. Sebagai lulusan jurusan teknik lingkungan Kamu bisa bekerja di bidang ini dan mendapat gaji mulai dari Rp 5 juta dan bisa terus meningkat.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Teknik Lingkungan Untuk Jenjang S1

6. Konsultan Lingkungan

Bekal ilmu yang Kamu dapat dari jurusan teknik lingkungan bisa Kamu manfaatkan dengan bekerja sebagai konsultan lingkungan. Sebagai konsultan lingkungan Kamu bisa mendapat gaji mulai dari Rp 5 juta dan bisa terus meningkat sesuai pengalamanmu.

7. Pemeliharaan Kualitas Air

Sebagai lulusan jurusan teknik lingkungan, Kamu bisa bekerja di bidang pemeliharaan kualitas air. Profesi ini bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 3 juta dan bervariasi tergantung posisi serta tugas yang Kamu lakukan.

8. Dosen

Setelah lulus program sarjana teknik lingkungan, Kamu bisa langsung melanjutkan program master dan bekerja sebagai dosen. Sebagai dosen Kamu bisa mendapat gaji mulai dari Rp 5 juta.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Teknik Lingkungan Untuk Jenjang S1

9. Manajer Pengelolaan Energi

Kamu juga bisa bekerja sebagai manajer pengelolaan energi. Profesi ini bisa menghasilkan gaji mulai dari Rp 5 juta rupiah dan bisa bervariasi tergantung tempatmu bekerja.

10. Petugas Daur Ulang

Kamu bisa bekerja sebagai petugas daur ulang. Ini merupakan profesi yang sangat bermanfaat bagi sesama dan lingkungan karena bisa mengurangi jumlah sampah di masyarakat. Profesi ini bisa menghasilkan gaji mulai dari Rp 3 juta dan sangat bervariasi.

Itulah tadi 10 peluang atau prospek kerja teknik lingkungan yang bisa Kamu jadikan sebagai referensi untuk memilih jurusan ini.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *