Mata Kuliah Seni Musik

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Seni Musik Untuk Jenjang S1

Bagi Kamu yang sudah jatuh cinta dengan musik, pastinya memilih mata kuliah seni musik adalah kewajiban. Selain Kamu akan dididik dengan berbagai program akademik dan teoritis, Kamu juga akan diasah keterampilannya dalam bidang seni ini sendiri. Yuk, simak betapa seru program studi satu ini!

Siapa yang tidak suka musik? Alunan nada indah yang keluar dari alat-alat musik dijamin membuat siapapun akan hanyut terbawa suasana. Nah, di program studi seni musik, Kamu tidak hanya akan mahir menggunakan alat musik kesukaanmu, namun juga akan diajarkan tentang banyak model penelitian musikologi hingga pengabdian masyarakat dalam bidang ini sendiri.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Seni Musik Dan Gajinya

Lulusan seni musik tidak harus menjadi musisi di panggung. Banyak dari lulusan ini yang menjadi pengajar, profesor, hingga musikolog. Banyak pekerjaan yang juga bisa didapat para lulusan ini, termasuk pekerjaan-pekerjaan besar dalam bidang film maupun teater. Ada pula yang jadi pengamat musik, kritikus musik, hingga peneliti musik. Ada beberapa mata kuliah seni musik yang akan dibahas dalam ulasan kali ini, yaitu:

1. Kondukting

Di mata kuliah ini, materi yang diajarkan adalah kelas kondakting orkestra dan kondakting koor. Pelajarannya mencakup dasar kondakting, analisis data musikologis, hingga penyajian kolaborasi musik mandiri atau kelompok.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Seni Musik Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

2. Koor atau Ansambel

Kelas yang mengajarkan tentang penyajian musik kelompok ini biasanya terdiri dari ansambel perkusi, ansambel vokal, ansambel gitar, hingga ansambel gesek.

3. Instrumen Dasar Piano

Salah satu materi wajib yang harus diambil siswa kelas musik ini mengajari tentang pelatihan dasar bermain piano. Selain mengajari teknik dan sebagainya, kelas ini biasanya juga menjadi dasar pengambilan kelas lain, seperti kelas partitur, harmoni, dan sebagainya.

4. Kelas Partitur

Di dalam kelas ini, mahasiswa diajari cara membaca partitur musik dari banyak instrumen, mulai dari klarinet, trompet, hingga cara membaca kunci-kunci tenor, sopran, sampai alto.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Seni Musik Untuk Jenjang S1

5. Solfegio

Salah satu mata kuliah unik ini melatih siswanya untuk memiliki kemampuan mendengar musik dengan beberapa pendekatan tutorial.

6. Teori Musik

Tidak hanya praktek saja, prodi seni musik juga akan mengajarimu tentang seluruh teori musik dari notasi barat sampai aspek musikologis.

7. Kontrapung

Berbicara mengenai kontrapung, mata kuliah ini mengajari siswanya teknik aransemen kombinasi alur melodi.

8. Harmoni

Jika kontrapung mengajari tentang aransemen melodi, harmoni mengajari tentang aransemen paduan suara.

9. Sejarah Musik

Teori sudah diajarkan, praktek juga sudah diberikan, maka sejarah musik tidak boleh tertinggal. Mulai dari musik di masa Yunani, musik di abad pertengahan, renaissance, hingga abad modern dibahas di mata kuliah ini.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Seni Musik Untuk Jenjang S1

10. Filsafat Seni

Terakhir, ada filsafat seni yang mengajarkan tentang nilai keindahan seni itu sendiri.

Demikian ulasan tentang mata kuliah seni musik. Semoga memberimu inspirasi dan rekomendasi saat memilih jurusan kuliah nanti.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *