Mata Kuliah Pariwisata

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Pariwisata Untuk Jenjang S1

Indonesia dikenal sebagai surganya pariwisata dunia. Banyak destinasi wisata menarik disini selain Bali, mulai dari ujung timur hingga ujung barat nusantara, beragam keindahan dapat ditawarkan dan dijadikan potensi uang. Banyak turis yang berkunjung adalah bukti bahwa dunia pariwisata Indonesia sangat berkembang. Lalu, masihkah Kamu ragu mengambil mata kuliah pariwisata?

Program studi satu ini menjadi tonggak keberlangsungan potensi wisata dalam negeri. Pasalnya, lulusan dari jurusan ini tidak hanya mahir tentang teori liburan, namun juga mahir mempraktekkan segala aspek yang mungkin belum diketahui jurusan lainnya. Contohnya saja pelayanan tamu.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Pariwisata Dan Gajinya

Inilah mengapa prodi satu ini dilirik banyak anak yang suka dengan pekerjaan menantang dan bertemu banyak orang. Lulusannya tidak hanya mampu menjadi tour guide, namun juga mampu membuka bisnis pariwisata sendiri dengan berbagai bekal ilmu yang sudah diajarkan di kampus.

Ada beberapa mata kuliah pariwisata yang wajib untuk dipelajari dari tahun pertama sampai tahun akhir, yakni:

1. Pengetahuan Budaya Bangsa

Di mata kuliah ini, pengetahuanmu akan sejarah kebudayaan bangsa diuji.

2. Geografi Pariwisata Indonesia Dan Internasional

Selayaknya jurusan yang hanya fokus pada pariwisata, maka tidak heran jika mata kuliah satu ini mengajarimu cara menganalisis apa saja pariwisata di Indonesia dan luar negeri.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Pariwisata Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

3. Manajemen Pariwisata

Tidak hanya diajari sebagai calon pekerja di bidang pariwisata, Kamu juga akan diajari cara mengatur sebuah bisnis pariwisata itu sendiri. Jadi bagi Kamu yang ingin membangun travel agent, bisa banget untuk tidak melewatkan kelas ini.

4. Public Relation

Lantaran harus bertemu banyak orang, maka mahasiswa pariwisata dituntut untuk mahir public relation.

5. Ekonomi Pariwisata

Kamu juga bisa bekerja di dinas pemerintah jika mempelajari mata kuliah satu ini.

6. Pemasaran Pariwisata

Bertugas mengajari pemasaran sebuah pariwisata, mata kuliah ini juga menjadi satu dari sekian yang terpenting di program studi ini.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Pariwisata Untuk Jenjang S1

7. Manajemen Bisnis Cargo

Kamu wajib belajar tentang cara mengatur sebuah bisnis cargo juga lho.

8. Bahasa Inggris

Hampir sama dengan public relation, mahasiswa pariwisata yang nantinya akan bertemu banyak orang dari turis lokal sampai mancanegara ini jelas dituntut untuk mahir berbahasa inggris.

9. Bahasa Asing

Tidak hanya bahasa inggris saja, mahasiswanya juga harus pandai berbahasa asing lainnya. Sebut saja bahasa mandarin, bahasa jerman, bahasa jepang, dan bahasa yang sedang booming sekarang ini, bahasa korea, juga bisa dipelajari di mata kuliah ini.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Pariwisata Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

10. Dokumen Pasasi

Terakhir, ada mata kuliah yang mengajarkan tentang dokumen pasasi. Tidak hanya dokumen lokal saja, Kamu juga harus mengetahui tata kelola dokumen pasasi internasional.

Demikian ulasan tentang mata kuliah pariwisata diatas. Semoga ulasan ini memberimu pencerahan ya saat memilih jurusan. Dan semoga bermanfaat bagi Kamu yang akan kuliah nanti.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *