Alasan Memilih Jurusan Pariwisata

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan Pariwisata Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan passion dan hobi tentu akan membuat proses perkuliahan lebih menyenangkan untuk Kamu jalani. Kalau Kamu punya hobi jalan-jalan, suka mengeksplore tempat baru, terus mau masuk jurusan kuliah yang sekaligus bisa menyalurkan hobi Kamu itu, Kamu bisa memilih jurusan pariwisata. Kenapa jurusan pariwisata? Ada 10 alasan memilih jurusan pariwisata ketika kuliah nanti. Langsung cek saja di bawah ini.

1. Prospek Yang Bagus

Hampir di setiap kota atau daerah pasti ada pengembangan sektor pariwisata. Jadi Kamu bisa berkarir di manapun, bukan hanya di tempat yang sudah terkenal sektor pariwisatanya, seperti Bali dan Jogja.

2. Mengunjungi Banyak Tempat

Dengan bekerja di sektor pariwisata, Kamu memiliki banyak kesempatan untuk mengunjungi berbagai tempat, baik yang sudah dieksplore atau belum. Kabar baiknya, Kamu mendapat bayaran dari mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Pariwisata Dan Gajinya

3. Industri Pariwisata Tidak Akan Pernah Mati

Alasan memilih jurusan pariwisata adalah karena pariwisata merupakan sektor yang tidak akan pernah mati. Apalagi Kamu tinggal di Indonesia yang memiliki potensi pariwisata yang besar. Jadi jurusan ini tidak akan pernah basi. Lulusannya tetap dibutuhkan sampai kapanpun.

4. Sektor Yang Menjadi Fokus Pemerintah

Ditambah lagi, saat ini pemerintah sedang gencar melakukan promosi di sektor pariwisata untuk menarik wisatawan asing agar datang ke Indonesia. Yakin nih, masih ragu untuk ikut berkontribusi buat negara?

5. Belajar Keterampilan Global

Masuk ke jurusan pariwisata akan mengajarimu keterampilan global, seperti keterampilan berbahasa asing dan etika.

6. Belajar Bidang Perhotelan

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Pariwisata Untuk Jenjang S1

Pariwisata tidak bisa dipisahkan dari industri perhotelan karena keduanya berjalan beriringan. Jurusan pariwisata ini juga akan belajar hotel skill. Jadi Kamu dibekali segala pengetahuan tentang perhotelan dan menyiapkanmu untuk bekerja di sektor tersebut.

7. Gaji Yang Menjanjikan

Setelah lulus dan bekerja di sektor pariwisata, gaji yang Kamu terima tergolong tinggi. Apalagi kalau perusahaan tempatmu bekerja sudah berskala internasional.

8. Belajar Mengelola Bisnis

Jurusan pariwisata juga mengajarkan mahasiswanya cara mengelola bisnis di sektor ini. Kamu juga akan belajar cara membangun sektor wisata di suatu daerah, belajar cara memasarkan potensi wisata yang ada, manajemen event, dan masih banyak hal lainnya.

9. Lebih Banyak Praktik Dari Pada Teori

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Pariwisata Untuk Jenjang S1

Alasan memilih jurusan pariwisata selanjutnya adalah karena proses perkuliahan di jurusan ini lebih banyak praktik daripada teori. Jadi Kamu lebih siap untuk memasuki dunia kerja setelah lulus nanti.

10. Proses Pembelajaran Yang Menyenangkan

Alasan yang terakhir karena jurusan pariwisata memiliki proses pembelajaran yang menyenangkan. Jadi Kamu tidak akan merasa bosan dengan proses perkuliahan yang ada.

Itulah 10 alasan memilih jurusan pariwisata. Jurusan kuliah sebenarnya tidak menjamin Kamu akan bekerja di bidang yang sama. Kesuksesan seseorang tidak ditentukan dari jurusan yang dia ambil semasa kuliah, tapi dari kerja keras dan kemauan untuk selalu belajar.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *