Mata Kuliah Geologi

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Geologi Untuk Jenjang S1

Mendengar kata geologi, pasti yang langsung terpikirkan di otak kita adalah Bumi. Ya, ilmu yang mempelajari tentang Bumi ini memang masih sedikit awam di telinga para orangtua yang anaknya ingin mengambil jurusan ini di Universitas. Lalu, apakah ada beda antara mata kuliah geologi dengan mata kuliah teknik geologi? Yuk, mari simak berbagai penjelasannya di uraian berikut ini!

Menilik dari arti kata bahasa Yunani, geologi merupakan gabungan dari ge dan logos. Ge adalah Bumi itu sendiri, sedangkan logos adalah ilmu. Jadi, bisa diartikan jika ilmu tentang Bumi dengan segala komposisinya, struktur, hingga sejarah pembentukannya ada dalam naungan Geologi.

Para geolog, sebutan untuk ahli geologi, telah menghasilkan berbagai penemuan-penemuan penting sepanjang masa eksistensi dunia ini. Mulai dari penemuan umur Bumi yang sudah sekitar 4,5 Miliar tahun, adanya patahan kulit Bumi yang menjadi lempeng tektonik dan bergerak di atas astenosfer, hingga penemuan-penemuan minyak bumi, batu bara, sampai fosil. Begitu berjasanya para lulusan program studi satu ini, bukan?

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Geologi Untuk Jenjang S1

Lalu, adakah beda antara Geologi dengan Teknik Geologi? Jika menilik dari sebaran ilmunya, sebenarnya hampir sama. Hanya saja, di bidang teknik nanti akan diajari lebih banyak terkait pemanfaatan teknologi dalam ranah geologi, sementara geologi sendiri adalah sekumpulan ilmu yang mempelajari bumi tanpa fokus pada pemanfaatan teknologi.

Ada beberapa mata kuliah geologi yang wajib dipelajari dan sudah pasti ada di berbagai Universitas yang menyediakan jurusan ini. Mata kuliah tersebut yakni :

1. Geologi Dasar

Di mata kuliah ini, Kamu akan diajari tentang dasar-dasar ilmu geologi.

2. Kristalografi Dan Mineralogi

Menilik dari bahasa, kristalografi merupakan ilmu untuk belajar tentang pengkristalan. Sementara itu, mineralogi adalah ilmu yang membahas tentang mineral yang ada di Bumi ini.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Geologi Dan Gajinya

3. Geodinamika

Ilmu satu ini mengajarkan tentang dinamika Bumi dengan paduan ilmu matematika, kimia, dan juga fisika di dalamnya.

4. Vulkanologi

Sebagai mahasiswa geologi, Kamu harus mempelajari tentang gunung berapi, termasuk lava, magma, dan berbagai
fenomena alamnya di mata kuliah satu ini.

5. Geokimia

Di cabang ilmu ini, Kamu akan belajar terkait prinsip dan teknologi kimia untuk analisis sistem geologi, misalnya saja lautan yang ada di atas kerak bumi.

6. Geostatistika

Ilmu ini mempelajari tentang aplikasi dan teori statistik dalam pengukuran antar variabel di banyak fenomena alam, khususnya di bahan galian.

7. Sedimentologi

Ilmu ini mempelajari tentang sedimen.

8. Paleontologi

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Geologi Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Disiplin ilmu satu ini akan mengajarimu tentang sejarah kehidupan Bumi, khususnya tanaman dan hewan purba, melalui fosil pada batuan.

9. Petrologi

Untuk mempelajari paleontologi, maka Kamu juga akan belajar tentang batuan di cabang ilmu petrologi.

10. Geomorfologi

Terakhir, ada geomorfologi, ilmu yang mempelajari tentang bentuk muka Bumi itu sendiri.

Demikian penjelasan tentang mata kuliah geologi. Semoga penjelasannya kali ini bermanfaat buat Kamu ya. Semoga sukses untuk kuliah dan karir mendatang




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *