Peluang Atau Prospek Kerja Geologi

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Geologi Dan Gajinya

Geologi merupakan ilmu yang mempelajari bentuk bumi termasuk komposisi, struktur, sifat dan lain-lain. Teknik geologi bisa menjadi pilihan Kamu untuk mengembangkan pengetahuan tentang segala hal mengenai bumi termasuk menyelesaikan masalah SDA dan energi yang terus berkurang sementara populasi manusia semakin meningkat. 10 prospek kerja Geologi berikut bisa membantu gambaran masa depan Kamu.

1. Insinyur Geologi

Peran seorang insinyur Geologi sangat besar dalam memperhatikan faktor alam dalam proses pembangunan. Kamu bisa berkontribusi memberikan analisis rinci terkait material bumi dan faktor bencana alam.

2. Ahli Geokimia

Prospek kerja Geologi bisa menjadikan Kamu sebagai seorang ahli geokimia yang bekerja di perusahaan gas dan minyak bumi, penelitian, lembaga konsultan dan lain-lain.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Geologi Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

3. Ahli Geofisika/Seismolog Lapangan

Prospek karir lulusan Geologi bisa bekerja sebagai ahli Geofisika atau Seismolog Lapangan. Pekerjaan ini membutuhkan ketelitian dan tingkat konsentrasi tinggi sebab Kamu akan bekerja menggunakan peralatan yang rumit. Deskripsi pekerjaan atau jabatan tergantung dengan tempat dan wilayah kerja.

4. Geoscientist

Kamu bisa bekerja di sektor sumber daya alam termasuk bekerja secara profesional pada proyek-proyek tertentu. Seorang Geoscientist akan memberikan rancangan untuk ekplorasi dan produksi SDA.

5. Hydrogeologist

Kamu akan mempelajari ilmu seputar distribusi, aliran dan kualitas air bawah tanah sehingga berpeluang bekerja sebagai peneliti. Pengembangan rancangan pembangunan masa depan termasuk analisis dampak menjadikan seorang Hydrogeologist berpendapatan fantastis.

6. Interpreter Seismic

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Geologi Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Prospek kerja seorang interpreter seismic adalah lembaga-lembaga penelitian geologi. Lapangan pekerjaan untuk orang yang ahli di bidang ini bisa bekerja di perminyakan dan ahli analisa gempa.

7. Mudlogger

Kamu bisa bekerja sebagai seorang mudlogger atau bekerja menyimpan catatan operasi pengeboran untuk memberikan informasi mengenai status ekstraksi minyak dan gas. Kamu bisa bekerja di perusahaan minyak termasuk dalam proyek air sumur atau eksplorasi mineral.

8. Insinyur Pengeboran

Bekerja di perusahaan perminyakan atau tambang memang menjanjikan masa depan cerah. Gaji yang ditawarkan sangat besar sebagai seorang insinyur pengeboran profesional sama seperti ahli Geologi lain.

9. Konsultan Lingkungan

Kamu bisa berkarir sebagai seorang konsultan lingkungan yang bekerja sama dengan lembaga pemerintahan atau swasta. Gaji konsultan sangat besar sebab memiliki risiko yang cukup tinggi.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Geologi Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

10. Pengolah Data Geofisika

Kamu berpotensi mengerjakan banyak proyek menggunakan alat elektronik, listrik, seismik atau alat gravitasi ukur untuk mengkonversi data geofisika ke dalam format yang mudah digunakan.

Prospek kerja Geologi sangat terbuka lebar untuk bekerja di lembaga penelitian, lembaga milik pemerintah, perusahaan swasta atau menjadi konsultan independen. Namun, peluang kerja yang tinggi tersebut wajib diimbangi dengan kinerja yang maksimal pula.

Ada risiko yang harus ditanggung seorang ahli Geologi. Gaji yang ditawarkan sangat besar bisa mencapai 10-30 juta rupiah per bulan tergantung proyek yang Kamu tangani. Mau menjadi seorang ahli Geologi profesional?




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *