Mata Kuliah Geografi

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Geografi Untuk Jenjang S1

Jika Kamu mendengar program studi geografi, mata kuliah apa saja yang Kamu pikirkan? Apakah Kamu berpikir jika Kamu hanya akan berkaitan dengan peta? Ya, salah satu mata kuliah geografi memang belajar tentang peta. Namun, geografi juga mempelajari hal yang lebih kompleks, seperti batuan, bumi, hingga demografi penduduk. Nah, berikut ini ada ulasan lebih jelas tentang prodi satu ini. Silahkan disimak ya!

Menilik pada pengertiannya, geografi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang persamaan dan juga perbedaan dari suatu fenomena di geosfer. Selain itu, geografi juga mempelajari tentang kaitan fenomena tersebut dengan ekologis dan regional dalam konteks spasial alias keruangan.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Geografi Untuk Jenjang S1

Ilmu ini sendiri terbagi menjadi 3 konsentrasi, yakni geografi manusia, geografi fisik, dan sistem informasi geografis. Untuk itu, berikut ini kami sajikan 10 mata kuliah geografi yang pasti akan Kamu pelajari di Universitas, yaitu:

1. Pengantar Geografi

Sudah pasti, jurusan geografi akan belajar tentang ilmu geografi itu sendiri. Kamu akan mendapat kuliah tentang pembentukan bumi, masa lampaunya, perkembangannya dari masa ke masa, hingga bumi di masa yang akan datang.

2. Biogeografi

Bidang ilmu satu ini akan mengajarimu tentang dinamika ekosistem dari proses sosial dan proses biofisiknya. Misalnya saja Kamu akan diajak memahami flora dan fauna dari berbagai aspek kehidupan, mulai dari tempat, gaya hidup, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Geografi Dan Gajinya

3. Geografi Tanah

Ilmu ini akan mengajari Kamu tentang proses pelapukan batuan, ciri dan sifat tanah, hingga klasifikasi tanah itu sendiri.

4. Klimatologi

Cabang ilmu satu ini berkaitan dengan cuaca dan iklim, termasuk fenomena yang terkait, misalnya saja pemanasan global.

5. Oseanografi

Dilihat dari namanya, sudah jelas jika ilmu ini mengajari tentang laut, berupa sifat fisika dan kimianya, karakteristik, serta iklim, biota, dan lain sebagainya.

6. Hidrografi

Bagi Kamu yang ingin belajar tentang sungai, maka Kamu bisa mengambil mata kuliah satu ini. Tidak hanya sungai saja, Kamu juga akan belajar tentang proses erosi, sedimentasi, hingga pergerakan lempeng bumi.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Geografi Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

7. Kartografi

Cabang ilmu geografi satu ini mengajari tentang cara membaca peta, menganalisis, hingga penginterpretasian informasi geografi itu sendiri.

8. Manajemen Basis Data Spasial

Mata kuliah satu ini mengajari terkait konsep database spasial dengan tambahan bahasa pemrograman dan juga integrasi antara database software itu sendiri.

9. Demografi

Tidak hanya mengurusi fisik bumi, geografi nyatanya juga mengurusi tentang penduduk bumi. Mulai dari struktur penduduk, kondisi penduduk, hingga mobilitasnya pun dipelajari.

10. Dinamika Spasial Urban

Mata kuliah ini akan mengajari tentang perkembangan wilayah urban, termasuk materi perubahan sosial budaya, perkembangan tata ruang kota, hingga perkembangan penduduk serta ekonominya. Bisa dikatakan, modernisasi juga menjadi bagian dari mata kuliah ini.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Geografi Untuk Jenjang S1

Demikian ulasan tentang mata kuliah geografi. Semoga ulasannya ini bermanfaat buat Kamu yang mau kuliah ya. Semoga sukses dengan kuliahnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *