Peluang Atau Prospek Kerja Geografi

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Geografi Dan Gajinya

Jurusan Geografi merupakan bidang yang mengkombinasikan ilmu fisik dan sosial yang terbagi dalam dua subyek yaitu geografi fisik dan manusia. Kamu bisa memiliki kemampuan komputer, riset dan analisa setelah lulus dari program jurusan Geografi. Nah, bagaimana prospek kerja Geografi? Tenang saja, Kamu bakal mendapatkan masa depan cukup cerah kok.

1. Tenaga Pendidik

Kalau Kamu ingin mengabdikan diri pada bidang ilmu pendidikan yang ada di Indonesia, bisa memilih karir sebagai tenaga pendidik. Kamu bisa menjadi seorang guru atau dosen setelah menyelesaikan jenjang pendidikan lebih tinggi. Gaji seorang guru atau dosen yang telah bersertifikasi jelas sangat menggiurkan.

2. Perencana Tata Kota

Ilmu Geografi memang sangat erat berkaitan dengan perencanaan wilayah atau tata kota. Kamu bisa menjadi pegawai pemerintah atau bekerja sama dengan pengembang properti, pengusaha dan lain-lain. Gaji seorang ahli tata kota jelas sangat menggiurkan bisa mencapai belasan juta rupiah lho!

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Geografi Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

3. Kartografer

Prospek kerja Geografi adalah menjadi kartografer. Kartografer membutuhkan kemampuan peta yang mumpuni sehingga bisa mendapatkan gaji fantastis. Kaum Millenial semakin melirik profesi satu ini karena kemajuan teknologi yang semakin canggih. Peta digital jelas bakal lebih dibutuhkan di era modern nanti.

4. BMKG

Menjadi staf BMKG tentu bakal menjadi awal karir cemerlang buat Kamu yang masih pemula. Kamu bakal mendapatkan bayaran hingga 4-5 juta rupiah untuk kategori staf pemula.

5. Ahli Transportasi

Lapangan dan peta merupakan hal yang paling dikuasai jurusan Geografi sehingga Kamu bisa menjadi ahli transportasi. Kamu bisa bekerja mengatur manajemen lingkungan seiring perkembangan lalu lintas yang kian modern. Gaji ahli transportasi jelas sangat besar sebab kemampuan Kamu dibutuhkan dalam membuat skema tata ruang lalu lintas.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Geografi Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

6. Manajemen Lingkungan

Ingin memiliki pendapatan lumayan sekaligus upaya menyelamatkan lingkungan? Ya, Kamu wajib mempertimbangkan jurusan Geografi. Kamu bisa menjadi ahli penilaian lingkungan, pembersih dan analisis lingkungan yang dibutuhkan pemerintah atau swasta.

7. Peneliti

Tak hanya perlu kecerdasan, analisa dan laporan saja, Kamu membutuhkan kemampuan menulis serta berkomunikasi yang baik. Menjadi seorang peneliti yang menerbitkan jurnal ilmiah sekaligus komunikator sains, kenapa tidak? Kamu bisa menjadi seorang penulis sekaligus peneliti handal yang memiliki bayaran menarik.

8. Perusahaan swasta

Perusahaan swasta khususnya tambang, minyak bumi dan gas atau mineral jelas membutuhkan surveyor yang digaji sangat besar. Kamu bisa menghasilkan puluhan juta per bulan asal mampu bekerja optimal menentukan lokasi tambang termasuk melakukan penelitian.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Geografi Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

9. Manajemen Bencana

Kamu bisa menjadi pegawai pemerintah yang bekerja di lembaga mitigasi bencana nasional. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan wilayah yang rawan terdampak bencana alam seperti longsor, gempa bumi dan lain-lain.

10. Pemandu Wisata

Kalau memiliki kemampuan komunikasi yang baik, Kamu bisa menjadi seorang pemandu wisata yang tahu seluk beluk geografi lokasi geowisata. Pendapatan pemandu wisata lumayan menggiurkan termasuk mendapatkan uang tip dari turis lokal atau mancanegara. Keren ya?

Nah, apakah Kamu masih tidak yakin dengan jurusan Geografi sebagai pilihan prodi kuliah nanti? Kenali prospek kerja Geografi yang tidak terbatas di atas sebagai bahan referensi.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *