Mata Kuliah Farmasi

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Farmasi Untuk Jenjang S1

Kamu harus mengenal beberapa jenis mata kuliah farmasi sebelum memilih jurusan yang satu ini. Seperti kita tahu bahwa jurusan farmasi merupakan salah satu pilihan jurusan yang cukup populer di kalangan pelajar. Jurusan yang satu ini membuka peluang kerja yang luas dan gaji yang menjanjikan.

Selain populer, jurusan farmasi juga dikenal sebagai jurusan yang tak mudah. Oleh karena itu, pastikan Kamu tahu apa saja yang harus Kamu pelajari sebelum memilih jurusan ini. Berikut adalah 10 mata kuliah farmasi yang perlu Kamu ketahui :

1. Biologi Dasar

Agar bisa belajar ilmu farmasi dengan lancar tanpa kesulitan, maka ada dasar-dasar ilmu yang harus Kamu pelajari. Salah satunya adalah ilmu biologi dasar yang akan mempermudah Kamu belajar lebih jauh tentang farmasi.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Farmasi Dan Gajinya

2. Kimia Dasar

Selain mempelajari biologi dasar, Kamu juga harus belajar kimia dasar di jurusan farmasi. Seperti kita tahu bahwa ilmu farmasi tak jauh dari unsur kimia dan reaksi kimia oleh karena itu Kamu harus belajar ilmu kimia dasar.

3. Pengantar Farmasi Dan Kesehatan

Di semester awal jurusan farmasi, Kamu harus belajar mata kuliah pengantar farmasi dan kesehatan. Ini menjadi salah satu dasar ilmu sebagai bekal untuk melanjutkan kuliah di jurusan farmasi.

4. Biokimia

Biokimia menjadi salah satu jenis mata kuliah yang harus Kamu pelajari di jurusan farmasi. Biokimia adalah ilmu yang mempelajari kimia dalam tubuh makhluk hidup meliputi molekul dan reaksi kimia dalam tubuh.

Baca Juga :  Jurusan Farmasi Terbaik Di Yogyakarta Untuk Jenjang S1

5. Farmakologi Dasar

Farmakologi dasar menjadi salah satu ilmu dasar yang harus Kamu miliki untuk berkuliah di jurusan farmasi. Di mata kuliah ini Kamu akan mendapatkan pengetahuan lebih lengkap untuk mendalami ilmu farmasi.

6. Analisis Farmasi

Mata kuliah analisis farmasi adalah mata kuliah yang belajar tentang analisis kimia. Analisis kimia yang dilakukan meliputi analisis bahan aktif dan bahan tambahan yang digunakan dalam dunia farmasi.

7. Bioteknologi Farmasi Dan Kultur Jaringan

Kamu juga akan belajar tentang penggunaan bioteknologi di bidang farmasi. Selain itu, Kamu juga akan belajar banyak tentang kultur jaringan di jurusan yang satu ini.

8. Farmasi Klinik

Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang akan memberikan ilmu pengetahuan seputar pemanfaatan ilmu farmasi klinik. Di sini Kamu akan mengetahui lebih banyak dan lebih dalam seputar ilmu farmasi.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Farmasi Bagi yang Bingung Mau Kuliah Apa

9. Manajemen Dan Marketing Farmasi

Tak hanya belajar teori dan praktik ilmu farmasi, Kamu juga akan belajar manajemen dan marketing di dunia farmasi. Dengan begitu Kamu bisa mengetahui lebih jauh tentang ilmu farmasi dari segi komersil.

10. Standarisasi Obat Alam

Obat alam semakin banyak dimanfaatkan oleh masyarakat saat ini. Di jurusan farmasi, Kamu juga akan belajar mengenai standarisasi obat alam tidak hanya obat-obat dari bahan kimia.

Itulah tadi 10 mata kuliah farmasi yang perlu Kamu tahu. Silakan cari tahu lebih jauh tentang semua jenis mata kuliah di jurusan farmasi supaya Kamu lebih yakin memilih jurusan ini.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *