Peluang atau Prospek Kerja Farmasi

Image: [angelorosa] pixabay.com

10 Peluang atau Prospek Kerja Farmasi dan Gajinya

Di era digital seperti sekarang ini persaingan kerja semakin tinggi. masyarakan semakin sadar akan pentingnya pendidikan sebagai jaminan hidup di masa depan. Tidak mungkin hanya dengan mengandalkan persaingan fisik. Terlebih lagi jika melihat peluang atau prospek kerja farmasi, instansi perusahaan dan lembaga lain sangat jeli untuk mendapatkan karyawan yang cerdas. Berikut adalah peluang atau prospek kerja farmasi.

1.Farmasi Industri

Pekerjaan yang sangat didambakan banyak orang untuk bida bekerja di bidang farmasi industri ini. Berawal dari proses pengabdian terlebih dahulu di bidang industri. Seperti halnya dalam bidang obat, makanan, minuman, dan kosmetik.

Umumnya ditempatkan pada bagian research and development. Yang bertugas menentukan formula, tehnik pembuatan dan menetukan spesifikasi bahan bahan baku yang akan digunakan. Pekerja farmasi industri menerima gaji per tahun mulai dari Rp.47.487.000,00 sampai dengan Rp.86.071.000,00.

2. Dunia Pendidikan

Bagi Kamu yang minat dengan peluang atau prospek kerja farmasi dalam bidang pendidikan bisa menjadi guru atau dosen pada jurusan farmasi. Namun untuk menjadi dosen harus menempuh S2. Peluang sebagai tenaga pendidik dalam bidang farmasi sangat dibutuhkan. Gaji yang akan diterima pada umumnya tergantung jam mengajar serta jumlah kelas yang diampu.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Teknik Informatika Dan Gajinya

3. Lembaga Pemerintah

Lembaga resmi pemerintah yang mengurus pelegalan obat dan makanan disebut dengan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Ini dapat Kamu jadikan prospek kerja jika berminat bekerja di bawah naungan pemerintah.

Disamping itu bisa mencoba pada lembaga lain yang berada di bawah naungan pemerintah seperti BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan). Untuk yang bekerja di BPOM rata-rata gaji yang diterima pada kisaran 3 juta ke atas tiap bulannya. Sedangkan pekerja BPJS kisaran antara 2,5 hingga 16,5 juta, tergantung jabatan yang di duduki.

4.Farmasi Manajemen

Bidang manajemen juga merupakan prospek kerja jurusan farmasi. Manajemen yang dimaksud disini adalah pimpinan yang memiliki tanggung jawab atas berjalannya perusahaan.

Apoteker tidak hanya melulu berkecimpung dengan obat. Namun juga harus bisa menciptakan hubungan yang baik dengan teman seprofesi bahkan yang diluar profesi, dan juga bersama pasien. Rata-rata gaji yang diterima per bulan $ 6607730.

5. Menjadi Pengusaha

Untuk membuka apotek harus menempuh jalur pendidikan bangku kuliah selama empat tahun lamanya dan juga ditambah 1 tahun untuk mengikuti program profesi. Setelah semua ditempuh, lalu mengucap sumpah apoteker dan Kamu sudah memperoleh ijin membuka apotek. Apabila membuka apotek secara mandiri setiap hari ada penghasilan yang masuk, sebagai pengganti gaji.

Baca Juga :  10 Peluang atau Prospek Kerja Akuntansi dan Gajinya

6. Peneliti Farmasi

Lulusan farmasi juga bisa menjadi peneliti farmasi, tidak hanya dalam dunia pendidikan saja. Penelitian yang bisa dilakukan misalnya penelitian terhadap potensi tanaman obat yang saat ini masih melimpah di Indonesia. Bisa juga bekerja di badan penelitian pemerintah misalnya LIPI. Penghasilan yang akan di dapatkan umumnya tergantung pada proyek penelitian.

7. Bekerja Di Sektor Swasta

Perusahaan nasional yang bergerak dalam industri obat-obatan sangat membutuhkan lulusan farmasi seperti halnya Kalbe Farma, Kimia Farma, Mead Johnson, dan lain sebagainya. Untuk penghasilan yang didapatkan rata-rata pada kisaran 4 sampai dengan 8 juta per bulan.

8. Rumah Sakit, Apotek, Dan Laboratorium Klinik

Bidang utama yang memberikan kesempatan besar bagi lulusan farmasi ada pada bidang layanan kesehatan misalnya rumah sakit, apotek dan juga laboratorium klinik. Untuk menjadi seorang apoteker profesional lulusan farmasi wajib mengambil pendidikan profesi apoteker selama 2 semester dengan jangka waktu 1 tahun.

Baca Juga :  10 Peluang atau Prospek Kerja Agribisnis dan Gajinya

Sertifikat yang sudah dimiliki dapat dijadikan bekal untuk menjadi apoteker yang kemudian bisa mendirikan apotek sendiri. Gaji standar yang diberikan untuk apoteker adalah sebesar 1 juta sampai dengan 2,5 juta.

9. Farmasi Komunitas

Selain menjadi apoteker, prospek kerja yang ditawarkan adalah bertanggung jawab terhadap obat yang sudah di tulis pada resep. Jika dikerucutkan lagi bisa bekerja di apotek, puskesmas, klinik, atau bahkan di rumah sakit. Untuk gaji yang diberikan profesi ini sangat bervariasi, pastinya lebih dari 2, 5 juta per bulannya.

10. Bagian Administrasi Pelayanan Obat Pada Instansi Pemerintahan, TNI dan Polri

Seperti yang sudah di ungkap di atas, bahwa farmasi tidak hanya melulu berkecimpung dengan obat-obatan. Namun juga dengan makanan dan minuman, bahkan kosmetik. Misalnya beberapa makanan yang ternyata mengandung bahan kimia dan zat terlarang lain yang bisa diketahui oleh ahlinya saja. Gaji yang untuk profesi ini kisaran 3 juta ke atas.

Itulah 10 peluang atau prospek kerja farmasi yang menjanjikan untuk masa depan. Saat ini jurusan farmasi sangat familiar. Semoga dapat Kamu jadikan inspirasi dan sebagai referensi dalam menentukan jurusan ya. Semoga bermanfaat!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *