Mata Kuliah Administrasi Negara

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Administrasi Negara Untuk Jenjang S1

Ada beberapa jenis mata kuliah administrasi negara yang wajib untuk dijalani oleh mahasiswa. Setiap mata kuliah memang memiliki tujuan masing-masing demi kebaikan mahasiswa itu sendiri. Sebelum memilih jurusan ada baiknya Kamu mengenal dulu mata kuliah yang diajarkan.

Setiap jurusan memiliki jenis mata kuliah yang berbeda-beda. Tentu saja mata kuliah yang diberikan sesuai dengan jenis ilmu atau jurusan yang Kamu pelajari. Bagi Kamu yang ingin berkuliah di jurusan administrasi negara, berikut adalah 10 mata kuliah administrasi negara yang perlu Kamu tahu :

1. Teori Administrasi Negara

Berkuliah di jurusan administrasi negara tentu saja Kamu harus belajar tentang teori administrasi negara. Kamu harus tahu dasar-dasar ilmu administrasi negara terlebih dahulu

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Ilmu Gizi Untuk Jenjang S1

2. Pengantar Ilmu Hukum

Di jurusan administrasi negara, Kamu harus mempelajari ilmu hukum. Ada mata kuliah pengantar ilmu hukum dimana Kamu akan belajar lebih jauh tentang ilmu hukum yang berlaku di Indonesia.

3. Sistem Politik Indonesia

Di jurusan ini, Kamu harus memahami sistem politik yang berlaku di negara kita. Untuk memahami lebih jauh tentang administrasi negara maka Kamu harus tahu seperti apa sistem politik yang berlaku.

4. Hukum Administrasi Negara

Kamu juga harus memahami hukum atau peraturan administrasi negara. Dengan memahami hukum administrasi negara maka Kamu bisa lebih jauh paham tentang bidang ilmu yang satu ini.

5. Administrasi Pemerintahan Daerah

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Administrasi Negara Untuk Jenjang S1

Administrasi negara dimulai dari administrasi daerah. Otomatis, Kamu juga harus mempelajari bagaimana administrasi pemerintahan daerah yang ada di Indonesia.

6. Administrasi Perpajakan

Mendalami ilmu administrasi negara tentu tidak bisa jauh dari topik perpajakan. Kamu otomatis harus belajar mengenai administrasi perpajakan karena negara kita tidak bisa berdiri tanpa adanya sistem pajak.

7. Administrasi Keuangan

Negara yang baik memiliki sistem pengelolaan keuangan yang baik. Kamu akan mempelajari administrasi keuangan sebagai bekal untuk mengelola administrasi keuangan negara.

8. Administrasi Pembangunan

Selain administrasi keuangan, Kamu juga akan belajar tentang administrasi pembangunan. Seperti kita tahu bahwa sebuah negara tak bisa lepas dari proses pembangunan untuk menjadi negara yang maju.

Baca Juga :  Jurusan Kedokteran Terbaik Di Yogyakarta Untuk Jenjang S1

9. Organisasi dan Manajemen

Untuk mendalami ilmu administrasi negara, otomatis Kamu harus belajar mengenai ilmu organisasi dan manajemen. Kamu akan belajar tentang struktur organisasi dan ilmu manajemen yang berlaku dalam sebuah organisasi.

10. Perencanaan Pembangunan

Sebuah negara bisa tumbuh dengan baik jika memiliki rencana pembangunan yang matang. Di jurusan ini Kamu akan mempelajari mata kuliah perencanaan pembangunan agar ke depannya bisa terjun langsung dalam proses pembangunan negara.

Itulah tadi 10 mata kuliah administrasi negara yang perlu Kamu tahu. Pastikan Kamu sudah paham bahwa semua mata kuliah ini harus Kamu pelajari. Dengan begitu Kamu bisa semakin yakin untuk memilih jurusan administrasi negara.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *