Peluang Atau Prospek Kerja Administrasi Negara

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Administrasi Negara Dan Gajinya

Seperti apa prospek kerja administrasi negara? Pertanyaan ini sangat penting untuk dipikirkan baik-baik sebelum Kamu benar-benar mantap untuk memilih berkuliah di jurusan administrasi negara. Semua orang tentu ingin mendapatkan karir yang bagus setelah lulus kuliah nanti jadi pilihan jurusan harus dipilih dengan hati-hati.

Jurusan administrasi negara mempelajari tentang pendataan dan keperluan administrasi. Ada banyak sekali peluang kerja yang bisa Kamu dapatkan dari jurusan ini. Inilah dia 10 peluang atau prospek kerja administrasi negara yang perlu Kamu ketahui:

1. Konsultan Pemerintahan

Seiring dengan berkembangnya jaman, banyak juga tantangan yang harus dihadapi oleh pemerintahan kita. Karena itulah dibutuhkan konsultan yang bisa memberikan solusi maupun masukan. Konsultan pemerintahan bisa mendapatkan gaji hingga puluhan juta rupiah tergantung tingkat pengalaman.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Arsitektur Untuk Jenjang S1

2. Staf Legislatif

Sebagai lulusan jurusan administrasi negara, Kamu bisa bekerja sebagai staf legislatif baik di tingkat daerah maupun pusat. Dengan bergabung sebagai staf legislatif, Kamu bisa mendapat gaji hingga belasan juta rupiah tergantung posisi yang ditempati.

3. Aparat Pemerintah

Kamu juga bisa bergabung dengan aparat pemerintah baik di tingkat daerah maupun pusat. Kamu bisa berkontribusi langsung dalam pemerintahan. Gaji yang didapatkan bisa mulai Rp 5 juta hingga belasan juta rupiah tergantung posisi.

4. Aktivis Organisasi Masyarakat

Kamu bisa bergabung sebagai aktivis dalam sebuah LSM atau organisasi masyarakat. Gaji yang bisa Kamu dapat tentu saja sangat bervariasi dan bisa jadi hingga belasan juta rupiah tergantung peran dan pengalaman yang Kamu miliki.

Baca Juga :  Daftar Jurusan UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) Lengkap

5. Anggota Partai Politik

Bagi Kamu yang tertarik dengan dunia politik, Kamu bisa terjun ke dunia politik dengan mengandalkan status lulusan administrasi negara. Sebagai anggota parpol, Kamu berkesempatan mendapat gaji yang sangat besar hingga puluhan juta rupiah kalau statusmu sudah tinggi di parpo.

6. Jurnalis

Lulusan administrasi negara bisa terjun ke dunia jurnalistik khususnya jurnalistik pemerintahan atau politik. Sebagai jurnalis, Kamu berkesempatan mendapat gaji mulai dari Rp 5 juta hingga belasan juta rupiah.

7. Dosen

Setelah lulus sarjana, Kamu bisa langsung melanjutkan S2 untuk mendapat gelar master dan bekerja sebagai dosen. Sebagai dosen, Kamu bisa mendapat gaji mulai dari Rp 4 juta rupiah hingga belasan juta tergantung tingkat pengalamanmu.

8. Pegawai BUMN

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Administrasi Negara Untuk Jenjang S1

Kamu juga bisa menjadi pegawai BUMN setelah lulus dari jurusan administrasi negara. Kamu bisa mendapat gaji yang besar mulai dari Rp 5 juta hingga belasan juta rupiah.

9. Asisten Peneliti

Sebagai lulusan jurusan administrasi negara, Kamu bisa bekerja sebagai asisten peneliti dalam sebuah riset pemerintahan. Di sini Kamu bisa mendapat gaji mulai dari Rp 3 juta.

10. Peneliti

Setelah menjadi asisten peneliti, Kamu bisa berkembang menjadi peneliti utama. Dengan menjadi peneliti utama maka gaji yang Kamu dapatkan juga akan semakin besar bisa sampai puluhan juta rupiah.

Itulah tadi 10 prospek kerja administrasi negara yang perlu Kamu tahu. Jurusan administrasi negara memang memberikan peluang kerja yang terbuka lebar jadi jangan ragu untuk memilih jurusan ini.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *