Kelengkapan Dan Syarat Daftar Kuliah

Image: canva.com

Apa Saja Kelengkapan Dan Syarat Daftar Kuliah Yang Umum Dipakai?

Syarat daftar kuliah yang berlaku di satu universitas berbeda dengan syarat yang ada di universitas lain. Setiap universitas memiliki peraturan yang berbeda dan menetapkan persyaratan yang berbeda pula. Jadi, ketika akan mendaftar kuliah, sebaiknya Kamu langsung mengunjungi website universitas yang Kamu pilih untuk mengetahui syaratnya.

Selain dari universitas, syarat pendaftaran kuliah juga bisa berbeda untuk jalur seleksi yang berbeda. Kita tahu bahwa ada beberapa pilihan jalur seleksi yang tersedia untuk masuk ke universitas. Kamu bisa berkuliah di universitas pilihanmu melalui beberapa jalur seperti SBMPTN, SNMPTN, maupun jalur mandiri.

Di setiap pilihan jalur ini, syarat yang dibutuhkan juga mungkin akan berbeda. Jadi, Kamu bisa menentukan dulu jalur seleksi mana yang akan ditempuh. Kalau sudah memilih, Kamu bisa mencari informasi syarat apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar.

Baca Juga :  Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Pahlawan 2019 D3 & S1

Syarat Umum

Meskipun setiap universitas dan setiap jalur seleksi menetapkan syarat yang berbeda, tapi perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis persyaratan yang umum. Ada beberapa jenis persyaratan yang sama dan harus Kamu penuhi jika ingin berkuliah. Apa saja persyaratan itu?

Berikut adalah beberapa syarat daftar kuliah yang umumnya harus Kamu penuhi :

  1. Lulus dari jenjang SMA/MA/MK dan sederajat.
  2. Memenuhi persyaratan usia maksimal (setiap universitas berbeda-beda).
  3. Melakukan pendaftaran sesuai jalur seleksi yang dipilih.
  4. Memiliki prestasi akademis yang baik.
  5. Menyerahkan persyaratan dokumen yang dibutuhkan.

Mengenai persyaratan dokumen, ada beberapa jenis dokumen yang akan Kamu butuhkan untuk mendaftar seleksi ke universitas. Apa saja itu? Berikut adalah beberapa jenis dokumen yang biasanya akan Kamu butuhkan ketika mendaftar kuliah :

Baca Juga :  Syarat Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Pahlawan 2019 Lengkap
  1. Ijazah atau surat keterangan lulus.
  2. Identitas (akta kelahiran/KTP).
  3. Sertifikat prestasi.
  4. Surat keterangan penghasilan orang tua.
  5. Surat catatan berperilaku baik.
  6. Surat keterangan sehat.
  7. Keterangan kesanggupan membayar biaya kuliah (keterangan program beasiswa jika mendapatkan beasiswa).

Selain dokumen-dokumen yang disebutkan di sini, mungkin pihak universitas menginginkan dokumen-dokumen jenis lainnya untuk dikumpulkan. Kamu bisa bertanya langsung kepada pihak universitas atau melihat di website resmi universitas tujuanmu untuk mengetahui syarat pasti dan lengkap yang dibutuhkan saat mendaftar.

Mendaftar Melalui Sekolah

Saat ini pihak sekolah berperan penting untuk mendaftarkan siswa-siswanya dalam proses seleksi beasiswa maupun seleksi universitas. Coba lihat kembali seleksi yang akan Kamu ikuti. Jika Kamu akan mengikuti program SNMPTN atau undangan maka Kamu harus mendaftar melalui pihak sekolah.

Baca Juga :  Syarat Mengambil S2 Yang Harus Kamu Persiapkan Dengan Baik

Untuk seleksi jalur mandiri, biasanya siswa memang harus mendaftar sendiri hanya saja tidak masalah jika Kamu meminta bantuan sekolah. Biasanya pihak sekolah akan dengan senang hati memberikan bantuan informasi syarat daftar kuliah dan pengarahan supaya Kamu bisa mendaftar ke universitas dan jurusan yang Kamu inginkan. Semoga informasi ini bermanfaat ya buat Kamu.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *