Program Kerja MPK

Image: canva.com

Contoh Program Kerja MPK (Majelis Permusyawaratan Kelas)

Saat Kamu berada di sekolah, Kamu pasti mengenal organisasi MPK atau majelis permusyawaratan kelas. Organisasi ini berisikan para pengurus yang berasal dari seluruh perwakilan kelas di sekolah tersebut. Sama halnya seperti OSIS, MPK juga memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Bagi Kamu yang ingin lebih mengetahui mengenai organisasi majelis permusyawaratan kelas atau MPK ini, berikut beberapa contoh program kerja MPK yang bisa Kamu jadikan informasi tambahan.

1. Program Pokok

Program-program pokok ini merupakan program utama dari majelis permusyawaratan kelas yang akan menjadi tugas bagi setiap angkatan pengurus di MPK. Program pokok ini misalnya seperti melakukan pemilihan untuk menentukan ketua OSIS untuk angkatan tersebut.

Baca Juga:  Apa Itu MPK? Apa Tujuan MPK Dan Wewenangnya?

Kemudian, MPK juga memiliki program pokok untuk garis-garis besar program kerja atau GBPK secara tahunan yang berfungsi sebagai pedoman kerja para pengurus MPK. MPK juga menjadi organisasi yang menerima ataupun menolak laporan pertanggung jawaban dari pengurus OSIS dan menjalankan fungsinya sebagai pengawas OSIS.

Selain mengawasi OSIS, program pokok MPK juga berupa program-program untuk organisasi tersebut sendiri, seperti memilih ketua MPK dan melakukan seleksi calon pengurus MPK dan melakukan proses sertijab kepengurusan MPK.

MPK juga akan melakukan latihan dasar kepemimpinan dan latihan kepemimpinan siswa untuk pengurus MPK dan membuat laporan pertanggung jawaban dari para pengurus MPK itu sendiri. MPK juga memiliki tugas pokok untuk menyampaikan aspirasi para siswa.

Baca Juga:  Contoh Kumpulan Visi Dan Misi Calon Anggota MPK SMP, SMA Dan SMK

2. Program Rutin

Selain program rutin, program kerja MPK juga berupa program rutin yang digelar secara berkala. Contoh program ini diantaranya melakukan rapat pengurus dan rapat koordinasi dengan semua seksi. MPK juga memiliki program berupa rapat koordinasi besar dengan OSIS dan pihak sekolah untuk melakukan koordinasi seluruh kegiatan sekolah tersebut.

MPK juga akan menyebarkan angket aspirasi kepada para siswa untuk menjadi sarana bagi para siswa menyalurkan aspirasinya untuk sekolah melalui angket tersebut. MPK juga berhak dan bertugas untuk mengelola iuran yang dikumpulkan dari seluruh siswa sekolah tersebut untuk menjadi anggaran seluruh kegiatan MPK dan juga kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan untuk para siswa sekolah.

Baca Juga:  Apa Itu MPK? Apa Tujuan MPK Dan Wewenangnya?

Saat ini MPK juga banyak membuat website ataupun jejaring sosial untuk memudahkan koordinasi dengan seluruh siswa. MPK juga memiliki program rutin berupa berbagai kegiatan yang dilaksanakan untuk seluruh siswa sesuai dengan kebutuhan sekolah tersebut. Biasanya kegiatan-kegiatan semacam ini dilakukan ketika ada peringatan hari-hari raya atau hari besar tertentu.

Itulah beberapa contoh program kerja MPK di sekolah yang biasanya terbagi kedalam program pokok dan program rutin. Program kerja ini akan disesuaikan oleh para pengurus MPK di setiap angkatan atau masa jabatan dengan disesuaikan pada kebutuhan sekolah dan juga para siswa sekolah yang mereka wakili.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *