Tujuan MPK

Image: canva.com

Apa Itu MPK? Apa Tujuan MPK Dan Wewenangnya?

Selain organisasi seperti OSIS, di setiap sekolah juga pasti memiliki majelis permusyawaratan kelas atau MPK. Bersama OSIS, MPK juga memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai pengurus dan mewakili seluruh siswa di sekolah tersebut. Agar Kamu lebih memahami mengenai majelis permusyawaratan kelas atau MPK ini, berikut pengertian, wewenang, serta tujuan MPK yang perlu Kamu ketahui.

1. Pengertian MPK

Majelis permusyawaratan kelas atau MPK merupakan organisasi yang tingkatannya berada di atas OSIS dan bertanggung jawab untuk mengawasi kinerja OSIS selama masa tugasnya. MPK berisikan para perwakilan dari setiap kelas dimana mereka juga berperan sebagai penyambung aspirasi dari para siswa yang ada di sekolah tersebut. Sama seperti OSIS, MPK juga memiliki masa jabatan selama satu tahun pelajaran dan akan digantikan oleh pengurus yang baru di tahun berikutnya.

Baca Juga:  Contoh Kumpulan Visi Dan Misi Calon Anggota MPK SMP, SMA Dan SMK

2. Tujuan MPK

Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, tujuan MPK adalah menjadi penyambung aspirasi dari para siswa kepada sekolah, karena para pengurus MPK ini juga diseleksi dari perwakilan-perwakilan di setiap kelas.

Selain menjadi penyambung aspirasi para siswa, tujuan dari MPK ini ialah untuk mengawasi kinerja OSIS, sehingga OSIS bisa melakukan seluruh tugas dan tanggung jawabnya dengan baik sesuai dengan yang telah diamanatkan oleh para siswa kepada para pengurus OSIS. MPK juga akan menjadi organisasi yang menerima laporan pertanggung jawaban dari ketua dan pengurus OSIS menyangkut seluruh program kerja yang telah dilakukan oleh OSIS.

Baca Juga:  Contoh Program Kerja MPK (Majelis Permusyawaratan Kelas)

3. Wewenang MPK

Sebagai majelis permusyawaratan kelas atau MPK, Kamu memiliki beberapa wewenang yang menjadi hak para pengurus MPK. Para pengurus MPK memiliki wewenang untuk mewakili kelasnya dalam setiap rapat koordinasi MPK ataupun rapat koordinasi besar bersama OSIS dan pihak sekolah. MPK juga memiliki wewenang untuk mengajukan usul atau saran bagi program kerja OSIS sesuai dengan aspirasi para siswa.

Para pengurus MPK jugalah yang memiliki wewenang untuk menyelenggarakan pemilihan pengurus OSIS dan memilih ketua OSIS di angkatan mereka. MPK bisa membuat panitia khusus untuk melakukan penyeleksian terhadap para calon ketua OSIS. Di akhir masa jabatan OSIS, MPK juga yang memiliki wewenang untuk menilai laporan pertanggung jawaban dari pengurus OSIS, apakan laporan pertanggung jawaban tersebut diterima atau ditolak dan dikembalikan.

Baca Juga:  Contoh Kumpulan Visi Dan Misi Calon Anggota MPK SMP, SMA Dan SMK

MPK juga memiliki wewenang untuk melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap pengurus OSIS sesuai dengan program kerja OSIS yang telah disepakati. Bersama OSIS, MPK juga memiliki wewenang dan peran untuk turut serta merancang anggaran dasar dan anggaran rumah tangga untuk kedua organisasi tersebut.

Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian dan peran atau fungsi MPK serta wewenang dan tujuan MPK yang ada di sekolah Kamu. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat, ya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *