Kata Kata Pamitan Keluar Kerja

Image: canva.com

Contoh Kata Kata Pamitan Keluar Kerja Yang Tepat Dan Sopan

Dewasa ini, perusahaan menerapkan sistem gaji payroll yang lebih mudah dan praktis. Tidak perlu bertemu bos untuk menerima gajian setiap bulan, bukan? Mungkin hal serupa berlaku untuk tempat usaha skala kecil. Jika karyawan harus bicara empat mata dengan si bos, rasa gugup dan cemas merupakan hal yang wajar. Apalagi Kamu ingin bicara pengunduran diri, pasti bingung mencari kata-kata pamitan keluar kerja yang tepat dan sopan.

Contoh Kata-Kata Pamitan Keluar Kerja Secara Lisan

Ingin mengundurkan diri sejak lama, maka Kamu harus mencari momen yang tepat. Bagaimanapun perusahaan adalah tempat Kamu bernaung dan mencari nafkah selama ini. Kurang etis apabila Kamu mengungkapkan pengunduran diri lewat pesan singkat dan tidak menginjakkan kaki di kantor lagi.

Baca Juga:  Contoh Kata Kata Resign Yang Sopan Yang Bisa Kamu Katakan

Kalau Kamu masih bingung bagaimana cara bicara kepada bos saat ingin keluar dari pekerjaan, maka simak beberapa poin vital berikut :

1. Mengucapkan Terima Kasih

Kamu wajib mengucapkan terima kasih kepada atasan baik bos langsung atau pihak HRD terkait bimbingan yang diberikan selama ini.

2. Memberikan Alasan Yang Benar

Ada banyak alasan yang membuat seseorang perlu mengundurkan diri baik masalah bisnis atau pribadi. Katakan sebenarnya jika Kamu mengundurkan diri karena alasan kesehatan atau rencana pindah tempat tinggal. Sebaiknya Kamu tidak mengungkapkan hal-hal yang berpotensi menyinggung atasan.

Baca Juga:  10 Cara Mengundurkan Diri Dari Pekerjaan Yang Tepat

3. Memberitahukan Tanggal Kepastian Pengunduran Diri

Jika Kamu siap bicara pada bos secara langsung, maka Kamu harus siap kalau bos meminta keluar hari itu juga. Jika Kamu masih diperlukan di kantor, maka bos akan menawarkan masalah transisi. Setidaknya Kamu perlu mengajari anak baru terkait skill atau pekerjaan yang harus Kamu tinggalkan setelah itu. Biasanya perusahaan memberikan masa pengunduran diri minimal 2 minggu sebelum hari H.

Contoh Kata-Kata Pamitan Keluar Kerja

Selamat pagi, Bapak/Ibu. Saya datang menemui Bapak/Ibu untuk memberitahukan rencana pengunduran diri. Alasan saya resign karena kontrak kerja sudah berakhir dan saya akan mengikuti suami pindah ke luar kota. Ucapan terima kasih yang sangat besar atas semua ilmu, wawasan, suasana kekeluargaan, dan bimbingan Bapak/Ibu selama ini. Tentu ada banyak salah yang saya lakukan selama bekerja di perusahaan Bapak/Ibu, saya minta maaf yang sebesarnya.

Baca Juga:  Contoh Email Pengunduran Diri Dari Pekerjaan Yang Bisa Jadi Referensi

Biasanya contoh kata-kata pamitan keluar kerja lisan tergantung dengan jawaban si bos. Ada bos yang memahami pengunduran diri tersebut, ada pula yang meminta karyawan untuk tinggal. Jika bos menyetujui rencana pengunduran diri, maka Kamu perlu membuat surat pengunduran diri secara resmi.

Pertimbangkan rencana pengunduran diri dengan baik sebab Kamu harus menemukan pekerjaan lain yang sepadan. Apa yang Kamu kerjakan hari ini bisa menjadi impian banyak pengangguran di luar sana. Kalau Kamu ingin resign hanya karena bosan, maka bicarakan dengan bos secara baik-baik, ya!