Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Image: canva.com

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Yang Menarik Dan Lengkap

Beberapa waktu lalu aku udah pernah membuat panduan cara membuat surat lamaran kerja. Setelah diterima kerja ternyata kurang nyaman atau ada alasan lain yang mengharuskan untuk mengundurkan diri. Maka pada kesempatan ini aku akan memberikan panduan tentang cara membuat surat pengunduran diri.

Walaupun sepertinya hal mudah, membuat surat seperti surat pengunduruan diri tidaklah mudah untuk sebagian orang. Apalagi memang sebelumnya belum pernah emmbuat surta sama sekali. Jika Kamu orang yang mengalami hal tersebut, berarti Kamu sudah berada dijalan yang benar.

Baca Juga:  10 Alasan Mengundurkan Diri (Resign) Adalah Pilihan Tepat Buat Kamu

Membuat surat seberanya mudah, Kamu hanya tinggal menyiapkan komputer atau laptop. Jika tidak punya, mesin ketik pun bisa untuk digunakan membuat surat ini. Tanpa berlama-lama lagi, nih ikuti panduan cara membuat surat pengunduran diri secara lengkap.

1. Cantumkan Tempat Dan Tanggal

Dalam surat ini harus mencantumkan tempat dan tanggal surat. Hal ini Kamu lakukan saat pertama kali menulis urat. Posisinya diletakkan di pojok kanan atas surat. Contohnya bisa Kamu ikuti seperti dibawah ini.

Yogyakarta, 1 Februari 2019

2. Perihal Dan Masukkan Informasi Penerima

Baca Juga:  10 Cara Resign Mendadak Yang Bisa Kamu Coba Terapkan

Jika tempat dan tanggal sudah, kemudian masukkan perihal surat dan masukkan juga informasi kepada siapa surat ini dutujukan. Perihal isinya tujuan utamamu, yaitu permohonan pengunduruan diri. Untuk informasi kepada siapa surat ditujukan, biasanya dikirimkan ke atasan. Letak bagian ini berada di pojok kiri atas, setelah baris tempat dan tanggal. Berikut contoh penulisan hal dan tujuan surat.

Hal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth.
Rektor UNIVERSITAS RENESIA INDONESIA (URI)
di Yogyakarta

3. Masukkan Data Pribadimu

Jika point 1 dan 2 sudah, kemudian masukkan informasi data dirimu. Mulai dari nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, pendidikan, dan jabatan yang Kamu emban diperusahaan Kamu bekerja. Semua informasi harus detail, agar memudahkan perusahaan dalam membuat surat balasan. Berikut ini hanya contoh cara penulisan data pribadi.

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                   : Budi Budiman
Tempat, Tanggal Lahir  : Yogyakarta, 1 Januari 1990
Alamat                 : Jl. A. Yani, No 10 Sleman, Yogyakarta
Pendidikan             : S2 Teknik Informatika, Universitas Gadjah Mada
Jabatan                : Dosen Tetap Prodi S1 Teknik Informatika,
                         Fakultas Teknik, UNIVERSITAS RENESIA INDONESIA

4. Tuliskan Maksud Dan Tujuan Dengan Jelas

Baca Juga:  10 Alasan Resign Yang Masuk Akal Yang Bisa Kamu Coba

Selanjutnya jika data diri sudah ditulis, tuliskan maksud dan tujuanmu secara jelas di surat. Oh iya, alasan Kamu mengundurkan diri juga harus dijelaskan. Kenapa harus menguundurkan diri? Misalnya salah satunya pada surat ini “lulus seleksi mmenjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Contoh penulisan maksud dan tujuan dari pembuatan surat bisa Kamu lihat dibawah ini.

dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai
Dosen Tetap Prodi S1 Teknik Informatika, Fakultas Teknik,
UNIVERSITAS RENESIA INDONESIA (URI) dikarenakan saya lulus
seleksi menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di
UNIVERSITAS RENESIA MERDEKA (URM).

5. Tuliskan Ucapan Terima Kasih

Baca Juga:  10 Cara Mengundurkan Diri Dari Pekerjaan Yang Tepat

Kemudian tuliskan kalaimat penutup atau ucapan terima kasih. Nggak perlu panjang-panjang, yang penting maksud dan tujuan tersampaikan. Berikut contoh penulisan kalimat penutup surat untuk pengunduruan diri.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan
sebenar-benarnya dan tanpa paksaan dari pihak manapun.
Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

6. Bubuhkan Tanda Tangan

Terakhir butuhkan tanda tangannmu dibagian pojok kanan bawah. Ada yang memerlukan materai dan ada yang enggak. Umumnya sih nggak pelru materai. Langsung saja ditulis “Hormat Saya,” kemudian tanda tangan dan anam. Berikut contoh penulisan tempat dibubuhkannya tanda tangan.

Hormat Saya,


Budi Budiman

Hanya ada 6 langkah cara membuat surat pengunduran diri. Oh iya untuk ukuran kertas dan ukuran huruf atau jenis huruf itu gak ada aturannya. Ya dibuat sepantasnya saja dan jelas dibaca. Jika Kamu mengikuti semua langkah diatas, hasilnya akan seperti dibawah ini.

Baca Juga:  10 Cara Resign Mendadak Yang Bisa Kamu Coba Terapkan

surat_pengunduran_diri

Jika Kamu masih merasa kusulitan untuk membuatnya, Kamu bisa tinggal mengunduh atau download template surat pengunduran diri yang berformat *.doc pada tombol dibawah ini.

Download Surat Pengunduran Diri

Hasil dari pembuatan surat ini kemudian di print. Kemudian dimasukkan didalam amplop dan surat dilipat dengan rapi. Lalu bisa langsung Kamu berikan ke atasan. Mudah buka cara membuatnya?

Semoga tutorial cara membuat surat pengunduran diri ini bisa bermanfaat buat Kamu ya. Selamat mencoba dan semoga sukses ditempat yang baru.