Cara Dan Syarat Pendaftaran Masuk MI

Image: canva.com

Mau Daftar Ke MI? Ini Cara Dan Syarat Pendaftaran Masuk MI

Pada pergantian tahun ajaran baru, tentu para orangtua mengalami kebingungan dan kepanikan dalam mempersiapkan pendidikan si buah hati. Pasalnya, ada banyak hal yang dibutuhkan si kecil untuk bisa melangkah ke jenjang selanjutnya. Nah, pada pembahasan kali ini, kita akan berbicara tentang syarat pendaftaran masuk MI. Seperti apa syaratnya? Yuk, simak uraian lengkapnya dibawah ini!

Selepas masa pendidikan TK, tentunya anak-anak menempuh pendidikan dasar lanjutan yang sering disebut SD atau MI. Sebenarnya kedua jenis sekolah ini sama saja, yang membedakan adalah porsi pembelajaran agamanya.

Nah, berbicara tentang MI, berikut ini ada beberapa syarat pendaftarannya, yakni calon siswa tidak wajib bisa baca, tulis, dan hitung. Selain itu, usia ideal anak di MI adalah yang paling rendah sekitar 6-7 tahun. jangan lupakan sistem zonasi yang berlaku sekarang ini sehingga jarak ke calon sekolah buah hati harus diperhatikan. Terakhir, tentunya dokumen pendaftaran.

Baca Juga :  Pilih SD Atau MI? Nih Pertimbangan Untuk Sekolah Anak Kamu

Bagusnya, di zaman yang serba canggih ini pendaftaran bisa dilakukan melalui dua jalur, yakni via konvensional dan online. Tentunya untuk info lebih lanjut, Kamu bisa berkunjung ke website sekolah.

Dokumen yang Diperlukan untuk Pendaftaran

Setelah syarat pendaftaran masuk MI di atas lengkap Kamu siapkan, maka langkah selanjutnya tentu saja mengenal dokumen apa saja yang perlu diserahkan. Adapun dokumen-dokumen resmi tersebut antara lain fotokopi kartu keluarga atau surat domisili, formulir pendaftaran yang sudah diisi, dan fotokopi akta kelahiran. Jika anak belum memiliki akta, maka Kamu bisa mencari surat keterangan lahir dari desa.

Berkas-berkas tersebut kemudian dijadikan satu dan diunggah ke laman pendaftaran online. Jika menggunakan cara konvensional, maka Kamu bisa datang ke sekolah langsung dan menyerahkan berbagai berkas tersebut untuk kemudian diproses sekolah. Tentunya, ada beberapa sekolah yang mensyaratkan beberapa dokumen tambahan. Hal ini diperbolehkan karena memang masing-masing sekolah memiliki kebijakan tersendiri, apalagi swasta.

Baca Juga :  10 Tips Memilih Madrasah Ibtidaiyah (MI) Yang Tepat Untuk Anak

Berbicara tentang dokumen tambahan, biasanya yang diminta untuk syarat khusus karena suatu hal adalah prestasi calon siswa, surat penugasan orang tua, surat psikolog, dan bisa juga surat nikah orang tua. Hal ini bisa diminta jika ada kejadian tertentu, misalnya anak belum genap usia 6 tahun, atau tidak memiliki surat lengkap, atau hal-hal lainnya.

Terakhir tentu saja, Kamu harus mempersiapkan biayanya. Besaran biaya masuk sekolah masing-masing tentu berbeda antara satu lembaga dengan lembaga lainnya. Untuk negeri, biasanya pemerintah memiliki program gratis belajar sehingga biaya yang dipungut sangat murah, bisa juga gratis. Sedangkan untuk swasta, kisaran biayanya cukup jauh berbeda dari negeri.

Baca Juga :  10 Tips Memilih Madrasah Ibtidaiyah (MI) Yang Tepat Untuk Anak

Demikian ulasan tentang syarat pendaftaran masuk MI. Yang jelas, dalam mendaftarkan anak sekolah, sesuaikan saja dengan kemampuan anak dan kondisi ekonomi keluarga. Jangan pernah memaksa karena sekolah dimanapun sebenarnya sama saja. Bukan mahal atau tidaknya sekolah yang menentukan prestasi siswa, melainkan pribadi siswa itu sendiri. Semoga bermanfaat.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *