Memilih Madrasah Ibtidaiyah

Image: canva.com

10 Tips Memilih Madrasah Ibtidaiyah (MI) Yang Tepat Untuk Anak

Memilih Madrasah Ibtidaiyah harus Kamu lakukan setelah anakku lulus sekolah TK (Taman Kanak-kanak) atau RA (Raudhatul Athfal) atau BA (Bustanul Athfal). Madrasah Ibtidaiyah atau lebih dikenal dengan singkatan MI ini setara dengan Sekolah Dasar (SD). Lamanya sekolah pun juga 6 tahun.

Popularitas SD memang lebih tinggi dari pada MI. SD adalah pendidikan setelah TK yang bersifat umum sedangkan MI adalah pendidikan dasar yang bersifat keagamaan. Jam belajar untuk pelajaran agama Islam lebih banyak.

Anak akan diajak untuk memperdalam ilmu agama. Namun bukan berarti tidak ada pelajaran umumnya, seperti matematika, bahasa Indonesia, IPA, dan lain-lain. Masih tetap ada, namun porsi pelajaran agama lebih banyak.

Kebanyakan orangtua menyekolahkan anaknya ke SD. Namun banyak juga sebenarnya orangtua yang memilih memasukkan anaknya ke SD, termasuk aku. Tujuanku bukan untuk sok alim, melainkan adalah untuk memberikan bekal ilmu agama yang lebih banyak dan mendalam kepada anakku. Mengingat aku sendiri tidak memiliki riwayat pendidikan agama/ pondok sama sekali. Aku ingin anakku lebih pandai dariku.

Baca Juga :  Pilih SD Atau MI? Nih Pertimbangan Untuk Sekolah Anak Kamu

Prestasi sekolah MI pun kini tidak kalah dengan prestasi SD. Jadi, intinya baik sekolah di MI ataupun di SD adalah sama. Tujuannya adalah untuk membuat anak pintar dengan membekali anak ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi masa depannya.

Bagi orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya ke MI, aku punya 10 tips-tips bagaimana memilih Madrasah Ibtidaiyah yang cocok untuk anak:

1. Jangan hanya memiliki satu referensi sekolah MI saja. Usahakan memiliki banyak pilihan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pilihan yang tepat. Jika hanya satu saja, tidak akan efektif. Jangan sampai menyesali pilihan untuk kebaikan anak.

2. Melihat kualifikasi pengajarnya. Di MI, pengajarnya bukan dipanggil guru, melainkan ustadz dan ustadzah. Pastikan pengajarnya memiliki kualifikasi setidaknya S1 dibidangnya.

Baca Juga :  Pilih SD Atau MI? Nih Pertimbangan Untuk Sekolah Anak Kamu

3. Memilih Madrasah Ibtidaiyah yang memiliki program Hafidz dan Hafidzah atau penghafal Al-Qur’an. Aku yakin anak akan termotivasi untuk menghafal Al Qur’an dan mendalaminya.

4. Mengamati profil MI di mata masyarakat. Banyaknya sekolah MI yang ada harus di amati satu per satu. Pastikan memilihkan MI yang memiliki citra baik di mata masyarakat. Citra baik ini dalam artian tidak ada kasus yang terjadi.

5. Memilih Madrasah Ibtidaiyah yang berprestasi. Kalau sekolahnya berprestasi, berarti siswanya akan dibimbing untuk berprestasi juga. Anak akan dibimbing sesuai dengan bakatnya.

6. Amati kelengkapan fasilitasnya. Pilihkan sekolah yang bisa memfasilitasi semua yang dibutuhkan anak saat berada di sekolah.

7. Mencari informasi tentang ekstrakurikuler atau bidang pengembangan yang ada di MI. Hal ini penting, kaitannya dengan fasilitas yang ada di MI. Fasilitas tidak harus berupa barang melainkan juga berupa bekal untuk mengembangkan bakat siswa lewat kegiatan ekskul.

Baca Juga :  Pilih SD Atau MI? Nih Pertimbangan Untuk Sekolah Anak Kamu

8. Kurikulum yang dipakai di MI. Kurikulum di MI berbeda dengan kurikulum umum. Namun ada juga yang sama, jika MI tersebut adalah MIN atau (Madrasah Ibtidaiyah Negeri).Tips ini penting untuk orangtua seperti aku yang anaknya sebelumya tidak bersekolah di RA atau BA, melainkan di TK. Takutnya tidak bisa mengikuti, karena pengetahuan agama yang masih sedikit.

9. Melakukan musyawarah dengan anak. Walaupun anak masih belum dewasa, tapi berikan anak hak untuk memilih sendiri. Seperti aku yang ingin anakku nyaman untuk belajar.

10. Memilih MI yang dekat dengan orangtua siswa. Hal ini perlu, karena hubungan antara pihak sekolah dengan orangtua demi perkembangan anak yang lebih baik itu sangat perlu.

Memilih Madrasah Ibtidaiyah yang tepat untuk anak harus dilakukan. Apalagi untuk anakku yang notabene belum pernah masuk sekolah yang dominan agamanya.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *