Memilih Sekolah Dasar

Image: [3dman_eu] pixabay.com

10 Tips Memilih Sekolah Dasar (SD) Yang Tepat Untuk Anak

Anak di usia 7 tahun sudah melepas masa-masa kanak-kanaknya. Sekolahnya pun sudah tidak di preschool. Memilih Sekolah Dasar (SD) adalah tindakan yang harus dilakukan.

Setelah sekolah PAUD sejak usia 3 tahun sampai 6 tahun, kini saatnya masuk jenjang SD. Jenjang ini adalah jenjang awal masuknya anak ke kehidupan yang sebenarnya. Tidak manja lagi. Tidak banyak main lagi.

SD juga jenjang loncatan anak untuk selanjutnya masuk ke jenjang Sekolah Menengah Pertama, lalu Sekolah Menengah Atas, dan sampai di Perguruan Tinggi. Selama 6 tahun lamanya anak akan bersekolah di SD. Bukan rentang waktu yang sebentar. Butuh proses panjang.

Selama di SD anak akan dididik dan diperkenalkan tentang kehidupan nyata. Yakni melalui mapel yang dipelajarinya. Saat sudah menjadi murid SD, maka pola ajar guru pun berbeda. Mapelnya pun akan lebih banyak. Banyak PR jyga yang diberikan. Pembiasaan-pembiasaan baru pun dikenalkan.

Baca Juga :  10 Pertimbangan Memilih Sekolah Umum Atau Agama Yang Tepat Untuk Anak

Untuk memilih Sekolah Dasar (SD), peran orangtua masih nomor satu. Karena anak masih belum bisa dilepas begitu saja untuk memilih. Apalagi anak masih masa adaptasi. Mulai mengubah kebiasaan kanak-kanaknya. Di SD, anak akan bertemu dengan guru yang berbeda. Berbeda cara mengajarnya dan berbeda peraturannya.

Berikut adalah 10 tips untuk memilih Sekolah Dasar (SD) yang tepat untuk anak :

1. Pilih yang lokasinya tidak jauh dari rumah. Anak akan kecapekan jika harus sekolah jauh. Untuk mendukung proses adaptasinya, akan lebih baik jika anak masih bersekolah di sekitaran rumah. Sama seperti saat menjalani sekolah PAUD.

2. Pilih sekolah yang memiliki ekstrakurikuler lengkap. Walaupun masih SD, pembiasaan mengikuti ekstrakurikuler harus dimulai. Ini akan menjadikan anak terbiasa.

3. Lihat kompetensi gurunya. Memilih Sekolah Dasar (SD) pun tidak boleh dilakukan sembarangan. Pilih tenaga pengajar yang berkompeten dan memiliki pendidikan yang memadai. Setidaknya S1 PGSD.

Baca Juga :  10 Tips Memilih Tempat Bimbel Yang Tepat Untuk Anak

4. Lihat lingkungannya. Aman atau tidak. Pilih SD yang memiliki pengamanan yang bagus. Walaupun berada di pinggir jalan, anak-anak dipastikan aman.

5. Survei langsung mendatangi sekolah. Melihat proses belajar mengajarnya. Lihat apakah anak bisa dibangun keaktifannya di kelas atau tidak. Lihat juga media pembelajarannya, lengkap atau tidak.

6. Lihat prestasi sekolahnya. Walau masih jenjang SD, lihat prestasi sekolahnya yang mana di dalamnya ada prestasi siswa dan guru.

7. Sesuaikan dengan kondisi ekonomi orangtua. Tidak perlu masuk ke sekolah yang favorit jika memang tidak memiliki biaya. Yang penting adalah bakat dan minat anak tersalurkan. Anak nyaman bersekolah. Jika terlalu ngoyo, maka akan merusak rencana awal.

8. Lakukan komunikasi intens dengan pihak sekolah. Bisa berbincang langsung dengan guru dan kepala sekolahnya. Atau juga dengan mencari info dari wali murid aktif. Ini akan sangat membantu memberikan info terkini.

Baca Juga :  10 Pertimbangan Dalam Memilih Sekolah Yang Tepat Untuk Anak

9. Lihat kurikulum yang diterapkan. Akan terlihat pada cara mengajar guru di kelas. Pemahaman siswa pun juga akan menentukan. Jika metode yang digunakan masih metode mengajar konvensional, maka anak tidak akan berkembang. Pilih sekolah yang menggunakan pendekatan konstekstual sehingga akan benar-benar mengenal kenyataan dari apa yanh dipelajari.

10. Amati kegiatan-kegiatan sekolahnya. Dimana kegiatan ini akan bersinggungan langsung dengan lingkungan masyarakat. Secara tidak langsung akan melatih anak bermasyarakat. Beberapa kegiatan yang dimaksudkan adalah kegiatan kunjungan industri atau usaha kecil di sekitar sekolah, kegiatan baksos, atau yang lainnya.

Kriteria SD yang bagus adalah SD yang mau mengembangkan minat anak. SD yang berkualitas dengan kompetensi siswa dan guru yang bagus. Untuk itulah orangtua harus memilih Sekolah Dasar (SD) yang tepat untuk anak.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *