Cara Cepat Menyelesaikan Skripsi

Image: canva.com

Cara Cepat Menyelesaikan Skripsi S1 Atau Tesis S2 [Hanya 2 Bulan]

Tugas akhir baik skripsi S1 atau Tesis S2 adalah momok yang tak terelakkan oleh mahasiswa akhir yang mau lulus. Ada juga sih beberapa kampus yang tidak mewajibkan syarat lulus harus dengan skripsi. Tapi normalnya, lulus sebagai sarjana atau magister pastilah dengan menyelesaikan skripsi atau tesis terlebi dahulu. Nggak sedikit yang tersendat lulusnya gegara hal yang satu ini. Untuk itu, membantu Kamu yang sedang bingung gimana cara cepat selesai, aku akan memberikan sesikit tips cara cepat menyelesaikan skripsi atau tesis.

Aku pernah mengerjakan keduanya, jadi paham betul bagaimana suka dukanya mengejakan tugas ini. Skripsi atai tesis bisa dibilang tugas mulia sebagai perjuangan akhir mendapatkan gelar sarjana atau magister. Mengerjakan tugas akhir dalam waktu singkat, mungkinkan? Mungkin banget, aku udah mempraktekkannya. Jadi bukan omong kosong belaka ya.

Sebelum membaca sampai habis, pastikan bahwa niatmu memang benar-benar sudah ditanamkan dalam hati bahwa tugas akhir ini harus cepat selesai. Beberapa hal yang akan aku sampaikan ke Kamu mungkin bisa berbeda, tergantung kodisi dan rezeki kita masing-masing ya hehe. Berikut beberapa tips cara cepat menyelesaikan skripsi atau tesis yang bisa Kamu terapkan.

Baca Juga :  Masalah Penelitian Skripsi Atau Tesis Belum Ketemu? Nih Cara Cepat Ketemunya!

1. Atur Waktu Dan Rencanakan Target-target Yang Kamu Ingin Capai

Menyelesaikan skripsi atau tesis tidak bisa dikerjakan dengan modal Nothing to Lose. Kamu harus punya target-target tertentu jika ingin cepat selesai. Atur waktu dan rencanakan apasaja yang akan kamu lakukan dan berapa lama butuh waktu untuk menyelesaikannya.

Waktu 2 bulan sudah cukup untuk menyelesaikan tugas akhir kita. Yang lama biasanya setelah itu, yaitu menyelesaikan berkas syarat administrasi pendadaran dan lain-lainnya. Dari mulai skripsi maupun tesis bisa cepat selesai jika kita memang benar-benar fokus pada hal itu. Rencankan terlebih dahulu kapan Kamu mau menyelesaikannya.

2. Menemukan Masalah Penelitian Yang Sesungguhnya

Yang paling menghambat biasanya menemukan sebenarnya apasih masalah penelitian yang akan diselesaikan. Banyak yang bingung akhirnya mencari-cari masalah sendiri. Untuk hal ini Kamu harus lebih rajin dari biasanya. Masalah penelitian nggak akan datang sendirinya.

Alokasikan waktu satu minggu untuk menemukan masalah penelitian. Caranya cara masalah yang belum terselesaikan disekitar kita. Kemudian cari rujukan penelitian-penelitian yang sudah ada yang bertujuan menyelesaikan masalah tersebut. Lihat masih ada kelemahan atau tidak dari penyelesaian tersebut.

Untuk mendapatkan masalah penelitian yang sesungguhnya maka kamu harus rajin banyak baca penelitian yang sudah ada. beri waktu maksimal satu minggu untuk menyelesaikan hal ini.

Baca Juga :  Masalah Penelitian Skripsi Atau Tesis Belum Ketemu? Nih Cara Cepat Ketemunya!

3. Tulis Nahkah Secara Cepat Yang Mudah Dahulu

Sambil mencari masalah penelitian sesungguhnya, mulailah menulis naskah. Tulis yang mudah-mudah dahulu yang Kamu bisa. Gunakan waktu satu minggu pertama untuk menemukan masalah penelitian dan menyelesaikan bab 1. Waktu satu minggu itu sudah lebih dari cukup.

Setelah selesai langsung bimbingan dengan pembimbing. Jangan ditunda-tunda untuk bimbingan. Sebisa mungkin minimal 1 minggu sekali Kamu harus bimbingan. Setiap satu minggu 1 bab bimbingan, maka hanya butuh waktu 5 minggu untuk menyelesaikan skripsi atau tesis mu.

Saat menunggi bimbingan ataua janjian dengan dosen atau lainnya, jangan diam saja. Langsung kerjakan bab selanjutnya sambil menunggi revisian yang kita bimbingkan. Begitu juga dengan bab 2,3,4 dan 5. Kerjakan dengan cepat jangan banyak main.

4. Profesional Terhadap Tugas Akhir

Kalau ingin cepat selesai, profesionalah terhadap tugas akhir. Kamu harus benar-benar serius dapan penggarapannya. Anggap saja Kamu dapat proyek, kerjakan minimal 8 jam sehari dan pastikan bahwa hari minggu itu libur. Dengan begitu sudah pasti tugas akhir kita cepat selesai.

Baca Juga :  Masalah Penelitian Skripsi Atau Tesis Belum Ketemu? Nih Cara Cepat Ketemunya!

Masalah cepat atau lambat pengerjaan skripsi atau tesis kita biasanya tergantung dengan apa yang sudah kita rencankan berjalan dengan baik atau tidak. Kalau kita profesional dengan apa yang sudah kita rencana kan, sudah pasti akan cepat selesai.

5. Jangan Menunda Pengerjaan Tesis

Cara cepat menyelesaikan skripsi yang terakhir, Jika Kamu menemukan kesulitan pada saat pengerjaan tesis mungkin dari revisian atau lainnya, jangan pernah menunda-nunda. Stop lebih dulu, kerjakan lainnya yang bisa-bisa dulu. Semakin kita menunda, maka akan semakin lama selesai. Atur mana yang bisa-bisa lebih dulu. Karena waktu tidak akan berheti dikarenakan Kamu menunda mengerjakan tesis.

Mungkin tips cara cepat menyelesaikan skripsi atau tesis hanya 5, tapi jika Kamu bisa laksanakan semua pasti tugas akhir ini akan cepat berlalu. Pengalamanku rata-rata tugas akhir yang aku kerjakan hanya butuh watu 2 bulan. Bisanya yang lama setelah skripsi atau tesis selai karena mengurus berkas syarat ini dan itu.

Banyak orang yang berharap bahwa skripsimu cepat selesai. Orang-orang terdekatmu terutaman orang tua nggak akan terlalu peduli dengan seperti apa skripsimu, yang mereka harapkan adalah Kamu lulus segera. Yuk cepat lulus kuliah!




About Edi Susilo

Blogger sekaligus Editor di RENESIA. Ingin selalu menularkan hal-hal yang positif melalui artikel-artikel yang ditulis. Selalu dan masih akan terus belajar apapun agar hidup jadi lebih bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *