Bingung Pilih Sekolah Anak

Image: canva.com

Bingung Pilih Sekolah Anak? Perhatikan 10 Hal Berikut

Mendekati tahun ajaran baru, banyak sekali orangtua yang bingung memilih sekolah terbaik untuk anak mulai tahap pre school, sekolah dasar sampai perguruan tinggi pun. Ada banyak hal yang mungkin membuat Kamu juga bingung pilih sekolah anak yang berkualitas dan sesuai kebutuhan si kecil. Sebaiknya Kamu memperhatikan 10 hal berikut sebelum memutuskan sekolah terbaik untuk anak.

1. Mencari Informasi Sebanyaknya Mengenai Daftar Sekolah Yang Ada

Mencari informasi lewat media cetak atau elektronik bisa memberikan gambaran mengenai sekolah yang Kamu inginkan untuk si kecil. Setidaknya Kamu memiliki nama sekolah yang bisa dijadikan patokan sebelum memasuki tahun ajaran baru.

2. Memperhatikan Faktor Dalam Diri Anak

Kamu tidak akan bingung pilih sekolah anak kalau memperhatikan faktor dalam diri si kecil. Faktor dalam diri antara lain memperhatikan usia dan potensi dalam diri sang buah hati dalam menemukan sekolah yang tepat.

Baca Juga :  10 Pertimbangan Dalam Memilih Sekolah Yang Tepat Untuk Anak

3. Memperhatikan Tahapan Perkembangan Anak

Kamu juga harus memperhatikan tahapan perkembangan yang dilalui si kecil mulai kemampuan bersosialisasi, mengembangkan kecerdasan dan mengenalkan anak pada seni serta olahraga.

4. Mengenali Karakter Kepribadian

Coba lihat kembali karakter kepribadian si kecil untuk menentukan sekolah yang tepat. Kamu bisa memilih sekolah yang bisa mengoptimalkan pengembangan karakter yang lebih baik. Misalnya si kecil memiliki karakter aktif, Kamu bisa memilih sekolah yang menonjolkan kegiatan seperti seni atau olahraga.

5. Melihat Potensi Kecerdasan

Masing-masing anak memiliki potensi kecerdasan yang berbeda seperti kecerdasan linguistik, kecerdasan logika dan lain-lain. Kamu bisa memilih sekolah yang bisa mengembangkan potensi kecerdasan yang dimiliki sesuai visi dan misi sekolah. Jangan sampai Kamu salah memasukkan anak ke sekolah yang tidak sesuai ya!

Baca Juga :  10 Tips Memilih Sekolah Swasta Agar Jangan Sampai Salah

6. Mempertimbangkan Pendapat Dan Keinginan Anak

Orangtua mungkin bermaksud memasukkan anak ke sekolah unggulan namun ternyata tidak sesuai kehendak anak sehingga berdampak buruk pada perkembangan potensi kecerdasannya. Sebaiknya ajak anak berdiskusi menentukan sekolah yang ia dambakan selama ini.

7. Memperhatikan Sistem Yang Ada Di Sekolah

Ada banyak hal yang bisa Kamu pertimbangkan lagi mengenai sekolah yang cocok untuk anak mulai letak sekolah dekat dengan rumah, akses transportasi yang mudah, lingkungan yang aman dan sebagainya.

8. Memperhatikan Kurikulum Dan Sertifikasi Para Pengajar

Mau kurikulum berbasis agama atau lebih prioritas pengetahuan umum? Kamu bisa mempertimbangkan menyekolahkan anak ke sekolah umum atau madrasah. Selain itu, pastikan para staf guru memiliki rekam jejak yang bagus dari segi kemampuan dan pengalaman mengajar.

Baca Juga :  10 Tips Memilih Sekolah Swasta Agar Jangan Sampai Salah

9. Menyesuaikan Kemampuan Keuangan

Biaya sekolah memang bisa dikatakan relatif tergantung kemampuan finansial Kamu. Ingin menyekolahkan anak ke sekolah favorit atau sekolah umum biasa? Swasta atau negeri? Pastikan Kamu memiliki pertimbangan keuangan ya!

10. Dorong Si Kecil Berprestasi Di Sekolah

Bingung pilih sekolah anak tidak akan terjadi selama Kamu memiliki banyak pertimbangan di atas. Toh, semua sekolah akan memberikan pendidikan terbaik untuk buah hati Kamu dengan dukungan pembelajaran di rumah. Hal yang bisa Kamu lakukan setelah memilih sekolah yang tepat adalah mendorong si kecil memiliki prestasi.

10 hal di atas mungkin bisa menjadi panduan orangtua menentukan sekolah terbaik untuk anak. Tak perlu galau karena bingung pilih sekolah anak, bukan? Yuk, dukung pertumbuhan dan perkembangan si kecil secara optimal!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *