Alasan Jangan Jadi PNS

Image: canva.com

10 Alasan Jangan Jadi PNS Yang Tepat Buat Kamu

Tahun ini bakal menjadi tahun sengit bagi Kamu yang ingin menjadi pegawai negeri sipil alias PNS. Ya, pemerintah Indonesia dari segala bagian akan merekrut tambahan pegawai tahun ini. Tentu banyak sekali antusiasme masyarakat yang ingin menjadi bagian dari PNS. Sebelum yakin mendaftar tes CPNS, ada baiknya Kamu tahu 10 alasan jangan jadi PNS berikut ini.

1. Lingkungan Kerja Yang Pragmatis

Kebanyakan PNS hanya bekerja menerima perintah dari atasan sehingga lingkungan kerja terkesan pragmatis. Mereka tidak begitu mempedulikan perubahan yang tengah terjadi hingga mempengaruhi kehidupan modern.

2. Minim Apresiasi

Sudahkah Kamu mengecek sumpah janji yang diucapkan saat dilantik menjadi PNS? Ya, Kamu harus siap bekerja dengan ikhlas untuk negara ini. Kalau minim apresiasi, bukan hal yang asing lagi, bukan?

Baca Juga :  10 Alasan Menjadi PNS Yang Tepat Buat Kamu Tambah Yakin Jadi PNS

3. Senioritas

Untuk mendapatkan pangkat atau jabatan tertentu, Kamu harus siap dengan konsekuensi masa kerja. Ya, besaran gaji dan lain-lain ditentukan oleh masa kerja atau golongan lho! Jadi, kalau Kamu ingin mendapatkan karir cemerlang di usia muda, sebaiknya pahami betul alasan jangan jadi PNS ini.

4. Gaji Dan Tunjangan Yang Biasa Saja

Memang gaji pegawai negeri bisa dikatakan kecil tetapi tunjangan bisa berlipat kali. Tetapi, coba bandingkan dengan karir di perusahaan swasta atau Kamu bisa mengembangkan kreativitas menjadi pengusaha dengan omset jutaan per bulan. Yakin masih mau jadi PNS?

5. Gaji Yang Harus Menunggu Persetujuan Pemerintah

Kalau Kamu berharap bisa mendapatkan kenaikan gaji, sebaiknya berpikir dua kali. Pasalnya, PNS harus menunggu persetujuan pemerintah untuk mendapatkan kenaikan gaji atau bonus yang lain.

Baca Juga :  Perkiraan Gaji Guru PNS Bersertifikasi Atau Pendapatan Dalam 1 Bulan

6. Pekerjaan Yang Monoton

Bagi Kamu yang tidak suka perubahan, menjadi seorang PNS bisa menjadi pilihan. Tapi, anak muda yang kreatif cenderung gampang bosan melakukan pekerjaan yang sama setiap hari.

7. Waktu Yang Kurang Fleksibel

Menjadi PNS berarti Kamu siap menjadi pegawai negara yang mengikuti aturan termasuk jam kerja. Kamu harus patuh dengan jam kerja termasuk pengambilan cuti dan lain-lain. Mau libur kapan saja, mana mungkin?

8. Sulit Mengembangkan Karir

Kamu ingin menjadi pribadi yang lebih berkembang atau melanjutkan kuliah dan lain-lain? Selama tidak mangganggu pekerjaan utama Kamu, boleh saja kok. Tetapi, Kamu bakal terkendala jadwal dan prioritas pekerjaan sebagai PNS yang harus melayani rakyat lho!

Baca Juga :  Perkiraan Gaji Guru PNS Atau Pendapatan Yang Didapat Dalam 1 Bulan

9. Wajib Bekerja Optimal

Kalau Kamu berpikir bahwa bekerja sebagai PNS bisa santai dan memiliki banyak waktu luang, sebaiknya urungkan niat daftar CPNS deh. Pasalnya, pegawai negeri sipil harus bekerja optimal. Kalau kinerja Kamu dianggap kurang baik, risiko mutasi dan lain-lain Tetap Bisa Terjadi Lho!

10. Masa Pensiun

Alasan jangan jadi PNS adalah Anda tidak memiliki gambaran apa yang hendak dilakukan saat pensiun tiba. Jangan terlalu menikmati masa menjadi PNS sehingga Anda lupa apa yang akan dilakukan pasca pensiun.

10 alasan jangan jadi PNS di atas mungkin bisa memberikan gambaran kehidupan para pegawai negeri sipil. Kalau Kamu yakin bisa memberikan hasil terbaik untuk negara, boleh saja menjadi seorang PNS kok.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *