Tugas Network Administrator

Image: canva.com

10 Tugas Network Administrator Yang Perlu Kamu Pahami

Tugas network administrator tidak hanya memonitor dan memelihara jaringan komputer dalam bentuk software dan hardware. Ada beberapa pekerjaan lain yang harus dikerjakan oleh network administrator. Pekerjaan-pekerjaan ini akan sangat membantu perusahaan untuk berkembang secara teknologi.

Berikut ini adalah beberapa pekerjaan atau tugas yang harus dilakukan oleh network administrator, yaitu antara lain:

1. Memahami Dan Merancang Keamanan Jaringan

Salah satu tugas utama profesi ini adalah memahami dan merancang keamanan jaringan komputer. Oleh karena itu, Kamu harus teliti untuk merancang sistem keamanan di jaringan perusahaan atau organisasi tempat Kamu bekerja.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Network Administrator Sebagai Pilihan Karir

2. Mengkonfigurasi Jaringan Dan Sistem Komputer

Tugas nlainnya adalah mengkonfigurasi jaringan dan sistem komputer. Selain itu, penataan letak kabel komputer juga merupakan tugas dari profesi ini. Tata letak kabel ini penting agar kabel tidak kusut dan tidak berbahaya bagi seseorang.

3. Mengidentifikasi Masalah Jaringan

Mengidentifikasi masalah jaringan merupakan salah satu tugas network administrator. Kamu juga wajib memberitahu mengenai masalah-masalah yang ada pada jaringan hardware dan software.

4. Memberikan Tawaran Solusi Mengenai Masalah Komputer

Setelah mengidentifikasi masalah dalam jaringan, Kamu juga sebaiknya memberikan tawaran solusi yang memungkinkan untuk klien, organisasi, atau perusahaan di mana Kamu bekerja. Berikan tawaran solusi dengan jelas agar klien memahami apa yang harus dilakukan.

Baca Juga:  10 Cara Menjadi Network Administrator Yang Bisa Kamu Coba

5. Berkomunikasi Dengan Klien

Komunikasi merupakan salah satu hal terpenting dalam soft skill yang harus dimiliki oleh network administrator. Kamu harus selalu menjalin komunikasi dengan klien, perusahaan atau organisasi tempat Kamu bekerja apabila ada permasalahan yang harus ditangani.

6. Menyusun Sistem Baru

Tugas selanjutnya dari profesi ini adalah menyusun sistem-sistem baru jika ada unit komputer yang datang untuk menunjang pekerjaan kantor.

7. Memonitor Jaringan Dan Sistem Komputer

Selanjutnya, network administrator juga melakukan pekerjaan memonitor jaringan dan sistem komputer yang ada di kantor. Dengan memonitor, Kamu bisa secara dini mengetahui apabila ada permasalahan pada sistem komputer.

Baca Juga:  Apa Itu Network Administrator? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Ini

8. Bekerja Sama Dengan Petugas IT

Dalam tugas dan pekerjaannya, network administrator akan banyak bekerja sama dengan petugas yang berada di bidang informasi teknologi di sebuah kantor atau instansi.

9. Memberikan Perkiraan Anggaran Dalam Pembuatan Dan Perawatan Jaringan

Salah satu pekerjaan network administrator adalah menyusun perkiraan anggaran untuk membuat dan merawat jaringan atau sistem komputer. Oleh karena itu, Kamu juga harus memahami mengenai manajemen keuangan walaupun dalam bentuk dasar agar memberikan layanan yang maksimal pada klien atau institusi tempat Kamu bekerja.

Baca Juga:  Perkiraan Gaji Network Administrator Atau Pendapatan Didapat 1 Bulan

10. Memelihara Penunjang Jaringan

Tugas rutin dari network administrator adalah melakukan pemeliharaan rutin alat-alat atau penunjang jaringan dan sistem komputer. Alat penunjang ini wajib dicek dan dipelihara agar ketika bermasalah bisa segera ditangani, sehingga permasalahan tidak menyebar ke sistem atau jaringan utama komputer.

Tugas network administrator yang lain adalah mampu berpikir kritis ketika ada permasalahan yang rumit dalam pengaturan jaringan dan sistem komputer.