Alasan Memilih Menjadi Network Administrator

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Menjadi Network Administrator Sebagai Pilihan Karir

Network administrator atau administrator jaringan merupakan pekerjaan yang tidak hanya bergerak pada bidang teknologi, tetapi juga membutuhkan keterampilan komunikasi dan manajemen yang baik. Jika Kamu menyukai ilmu terapan, ini adalah salah satu alasan memilih menjadi network administrator.

Ada beberapa alasan memilih pekerjaan network administrator sebagai karir yang bisa Kamu pilih. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Banyak Perusahaan Membutuhkan

Saat ini sebagian besar perusahaan telah memadukan teknologi sebagai komponen utama manajemen atau pengaturan dalam perusahaan tersebut. Karena hal ini, banyak instansi yang membutuhkan seseorang dalam mengatur jaringan perangkat lunak maupun perangkat keras komputer mereka.

Baca Juga:  10 Tugas Network Administrator Yang Perlu Kamu Pahami

2. Peluang Kerja Besar

Peluang kerja di bidang network administrator terbuka lebar untuk Kamu yang menekuninya. Kamu bisa melamar di beberapa perusahaan sekaligus. Dengan demikian, peluangmu diterima akan lebih besar.

3. Pekerjaan Yang Aman

Pekerjaan network administrator adalah pekerjaan yang aman. Pengertian aman dalam hal ini adalah karena kebutuhan akan bidang ini besar, maka Kamu bisa mengamankan posisimu ketika ada pengetatan karyawan. Sebab, perusahaan tentu akan membutuhkan orang yang memahami bidang pekerjaan ini apabila menerapkan komputerisasi.

4. Bisa Bekerja Di Luar Negeri

Baca Juga:  Perkiraan Gaji Network Administrator Atau Pendapatan Didapat 1 Bulan

Salah satu alasan memilih menjadi network administrator adalah Kamu juga bisa bekerja di luar negeri. Peluang yang besar dan keharusan bisa berbahasa Inggris akan membuatmu dalam melamar pekerjaan menjadi network administrator di luar negeri.

5. Bisa Dipelajari Melalui Kursus

Untuk menjadi network administrator, Kamu bisa menempuh pendidikan formal seperti kuliah di jurusan teknologi informasi atau jurusan ilmu komputer. Tetapi, bagi Kamu yang memiliki latar belakang pendidikan teknologi lain yang tidak berkaitan dengan dua jurusan itu, Kamu bisa mengikuti kursus atau workshop bersertifikat untuk network administrator.

Baca Juga:  Apa Itu Network Administrator? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Ini

6. Jenjang Karir Jelas

Pekerjaan ini tidak hanya memberimu “kerja” tetapi juga memberi “karir”. Saat memilih menjadi network administrator, jenjang karir yang Kamu pilih akan jelas.

7. Peluang Berkembang Besar

Karena merupakan sebuah karir yang jelas, peluang untuk berkembang pada bidang ini sangat terbuka lebar. Kamu akan banyak membutuhkan workshop atau pelatihan dengan sertifikasi terbaru. Dengan demikian Kamu bisa memperbaharui atau menambah skill mengenai pengaturan jaringan.

8. Ketrampilan Lebih Banyak

Menjadi network administrator membutuhkan berbagai keterampilan. Tidak hanya memahami tentang komputer baik perangkat lunak dan keras, tetapi Kamu juga harus memahami ilmu komunikasi dan juga manajemen. Selain itu, cara berpikir kritismu untuk menyelesaikan masalah juga akan diasah.

Baca Juga:  10 Cara Menjadi Network Administrator Yang Bisa Kamu Coba

9. Dapat Bekerja Sebagai Freelance

Jika Kamu ingin pekerjaan yang lebih leluasa dan tidak terikat satu tempat, Kamu bisa menjadi freelancer dalam network administrator. Freelancer bekerja sesuai dengan kontrak tertentu sehingga Kamu bisa bekerja di berbagai banyak tempat.

10. Bertemu Dan Bekerja Dengan Banyak Orang

Kesempatan untuk membuka jaringan sosial, bisnis, maupun peluang bertemu orang banyak sangat terbuka lebar jika Kamu memilih karir ini. Pekerjaan ini selalu berada di komputer karena Kamu juga memerlukan berkomunikasi dengan orang lain.

Alasan memilih menjadi network administrator bisa sangat beragam. Tidak ada salahnya untuk Kamu yang akan kuliah atau sedang bekerja di bidang teknologi informatika mempertimbangkannya.