Mendapatkan Klien Freelance Content Writer

Image: canva.com

10 Tips Mendapatkan Klien Freelance Content Writer

Freelance writer atau penulis lepas adalah sebuah mata pencaharian terbaru di jaman modern ini. Sebuah mata pencaharian yang mengandalkan kemampuan tulis menulis. Untuk mendapatkan klien freelance content writer pun sistemnya sama dengan mata pencaharian yang lainnya.

Menjadi freelance writer sama saja dengan pekerjaan jasa. Jasa menulis artikel yang dipesan oleh klien. Menjual produk yang berupa tulisan. Bukan pekerjaan abal-abal karena dibutuhkan profesionalisme yang tinggi. Jika tidak bisa menulis, maka tulisannya pun tidak akan laku.

Semua orang bisa menulis. Namun hasil tulisannya itu tidak selalu bisa dijual. Untuk menjadi seorang freelance writer, ada tata cara penulisan yang harus dipahami agar layak jual.

Baca Juga:  10 Cara Menjadi Freelance writer Yang Sukses Khusus Pemula

Pekerjaan sebagai freelance writer ini adalah pekerjaan yang masih sangat asing di tengah-tengah masyarakat. Bahkan sangat diragukan. Apa bisa tulisan menghasilkan uang. Inilah pandangan masyarakat awam. Buktinya banyak freelance writer yang sukses dan berpenghasilan tinggi. Melebihi penghasilan dari pekerjaan umumnya.

Banyak freelance writer yang banyak membuka lapangan kerja. Banyak sekali karyawannya. Ini dikarenakan prospek pekerjaan ini sangatlah besar.

Berikut adalah 10 tips untuk mendapatkan klien freelance content writer:

1. Banyak-banyak bergaul. Membangun relasi dengan mencari banyak teman. Banyak teman banyak partner. Banyak teman pun akan banyak rejeki. Banyak teman akan membuka kesempatan mencari banyak klien.

Baca Juga:  10 Cara Menjadi Penulis Yang Perlu Kamu Lakukan

2. Mengasah pengetahuan. Ini sangatlah penting untuk menghasilkan artikel yang lebih berkualitas lagi. Ada ada banyak klien yang memesan artikel lagi dan lagi. Bahkan akan menarik banyak klien baru. Bisa menulis artikel berbahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia. Jenis tulisannya pun bisa berupa review, berita, terjemahan, dan lain-lain.

3. Selalu open dalam menerima saran. Entah saran dari teman sesama freelance writer atau dari klien. Sehingga kita bisa memperbaiki kesalahan dan lebih teliti lagi. Saran ini adalah senjata utama yang sifatnya mendukung dan tameng untuk bergerak maju.

Baca Juga:  Apa Itu Content Writer? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Content Writer

4. Tidak pernah putus asa. Mencari klien tidak mudah. Karena banyaknya saingan freelance writer lainnya yang juga tidak kalah berkualitas. Jangan menyerah untuk mencari banyak klien. Jika putus asa sedikit saja maka akan melemahkan semangat. Menutup pintu rejeki dan menyia-nyiakan kesempatan.

5. Rekrut penulis yang berkualitas. Jika kita memerlukan banyak tenaga penulis, maka rekrut dengan hati-hati dan pilih penulis yang berkompeten. Klien tidak akan banyak komplain jika penulisnya profesional.

6. Menjalin hubungan baik dengan klien. Walaupun klien sudah selesai pesanannya, bukan berarti kita memutuskan hubungan begitu saja. Pernah bekerja sama dan seharusnya tetap menjaga hubungan baik. Saling menyapa dan sharing akan mempermudah kita mendapatkan pesanan baru. Bahkan banyak juga yang akhirnya menjalani kerja sama jangka panjang.

Baca Juga:  Daftar Jadi Penulis Artikel Berbayar Lepas Tetapi Minta Modal

7. Hati-hati dalam mendapatkan klien freelance content writer. Memastikan bahwa klien adalah orang yang dapat dipercaya. Apalagi bagi klien baru. Berikan syarat-syarat tertentu agar kerja sama yang dilakukan sama-sama enak.

8. Jadilah freelance writer yang multitalented. Bisa mengerjakan semua jenis kepenulisan yang dipesan klien. Jangan dibatasi satu produk saja. Ibarat toko adalah toko serba ada.

9. Sering-sering buka akun medsosd an website online yang dimiliki. Sering mengecek pesanan terbaru.

10. Sering-sering melakukan promosi. Pekerjaan freelance writer yang ingin mendapatkan klien freelance content writer pun juga harus selalu melakukan promosi.

Baca Juga:  10 Tips Memulai Karir Menjadi Freelance Content Writer Sukses

Yang dijual oleh freelance writer adalah tulisan. Karena pekerjaannya adalah bidang jasa. Maka yang akan menilai kualitas tulisannya adalah klien. Maka dari itulah selalu mengasah kemampuan pun harus dilakukan.

Penentuan kesuksesan dari para freelance writer ini adalah banyaknya jumlah pesanan. Untuk itu, cara mendapatkan klien freelance content writer harus benar-benar dilakukan.