Syarat Masuk Jurusan Administrasi Bisnis

Image: canva.com

10 Syarat Masuk Jurusan Administrasi Bisnis Yang Perlu Kamu Tau

Administrasi Bisnis atau Administrasi Niaga merupakan jurusan yang masuk rumpun SOSHUM di jenjang S1. Banyak orang masih sering salah menyebut Administrasi Bisnis sama dengan prodi Manajemen. Jurusan Administrasi Bisnis lumayan memiliki banyak peminat karena tidak jauh dari dunia wirausaha. Kalau Kamu berniat menjadi wirausaha setelah lulus kuliah, sebaiknya ketahui syarat masuk jurusan Administrasi Bisnis.

Jurusan Administrasi Bisnis ada di beberapa universitas dan pendidikan vokasi yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan. Namun, pastikan Kamu memenuhi syarat masuk jurusan Administrasi Bisnis yaitu :

Baca Juga:  Daftar Jurusan Administrasi Bisnis Terbaik Di Indonesia [D3,D4,S1,S2]

1. Diutamakan Peminatan SMA IPS/SMK Jurusan Relevan

Jurusan Administrasi Bisnis masuk ranah IPS sehingga cocok untuk Kamu yang suka dengan ilmu ekonomi. Anak SMK yang memiliki jurusan relevan cocok untuk memilih jurusan kuliah Administrasi Bisnis, misalnya Akuntansi, Pemasaran dan Administrasi Perkantoran.

2. SMA IPA Bisa Lintas Jurusan Ke Ilmu Administrasi Bisnis

Banyak lulusan IPA yang memilih lintas jurusan ke ranah IPS. Memang anak IPA lebih leluasa memilih lintas jurusan, sedangkan anak IPS memiliki keterbatasan untuk masuk jurusan yang butuh kemampuan eksak tinggi.

Baca Juga:  10 Jurusan Administrasi Bisnis Terbaik Di Indonesia Untuk Jenjang S1

3. Mencari Informasi Penerimaan Calon Mahasiswa Administrasi Bisnis

Kamu wajib mengetahui syarat masuk jurusan favorit di kalangan pelajar SMA di PTN atau PTS terkait. Setiap kampus mungkin memiliki kebijakan atau ketentuan terkait penerimaan calon mahasiswa baru.

4. Bisa Mengikuti Seleksi SNMPTN

Syarat menjadi mahasiswa Administrasi Bisnis adalah lolos seleksi SNMPTN. Kamu wajib memenuhi persyaratan SNMPTN seperti lulus satuan pendidikan SMA/SMK/MA, memiliki akun LTMPT, lulus SNMPTN, lolos verifikasi data, dan lain-lain.

5. Bisa Memilih Jalur Seleksi SBMPTN

Bagi calon mahasiswa yang tidak diterima jalur SNMPTN, Kamu bisa memilih jalur SBMPTN atau tes nasional sesuai jadwal.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Administrasi Bisnis Dan Gajinya

6. Bisa Memilih Jalur Mandiri

Jika tidak bisa masuk jalur SNMPTN dan SBMPTN, Kamu bisa memenuhi syarat masuk jurusan bisnis lewat jalur mandiri. Tentu ada persyaratan yang ditetapkan oleh PTN terkait tes dan uang pangkal.

7. Masuk Jurusan Administrasi Bisnis Di PTS

PTN memiliki kuota penerimaan mahasiswa Administrasi Bisnis yang terbatas dan diminati ratusan ribu peminat dari berbagai wilayah di Indonesia. Passing grade lebih dari 30 persen membuat Kamu lebih sulit masuk jurusan ini. Tidak ada salahnya mempertimbangkan masuk PTS dengan jurusan yang sama.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Administrasi Bisnis Untuk Jenjang S1

8. Wajib Memiliki Ketertarikan Pada Urusan Kantor

Syarat mengikuti mata kuliah di Administrasi Bisnis dengan maksimal adalah Kamu harus menyukai segala urusan tentang kantor.

9. Wajib Memiliki Ketertarikan Pada Bisnis Dan Pengurusan Dokumen

Jika ingin menjadi pengusaha, Kamu memilih jurusan yang tepat. Jadi, pastikan Kamu punya ketertarikan pada dunia bisnis dan pengurusan dokumen perusahaan.

10. Memiliki Karakter Siswa Yang Sesuai Dengan Jurusan

Karakter siswa yang dibutuhkan agar bisa lulus Administrasi Bisnis dengan nilai tinggi antara lain teliti, terstruktur, detail, tekun, senang berhitung, rasional, dan lain-lain.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Administrasi Bisnis Bagi Yang Bingung Kuliah

Yuk, penuhi syarat masuk jurusan Administrasi Bisnis agar Kamu bisa memiliki profesi sesuai ruang lingkup pendidikan!