Memilih Sekolah Umum Atau Agama

Image: canva.com

10 Pertimbangan Memilih Sekolah Umum Atau Agama Untuk Anak

Untuk mendapatkan hal pendidikan anak disediakan banyak pilihan sekolah. Ada sekolah umum dan ada sekolah agama. Untuk memilih sekolah umum atau agama anak bisa dibantu oleh orangtua untuk mengarahkan bakat dan minatnya.

Untuk sekolah umum saja, ada banyak pilihannya. Yakni sekolah swasta dan sekolah negeri. Sedangkan untuk sekolah agama, ada sekolah agama yang negeri atau swasta juga. Sekolah pesantren pun juga masuk dalam sekolah agama.

Anak harus diarahkan sesuai dengan bakat dan minatnya. Kecenderungan jika orangtuanya adalah alumni pesantren, maka anaknya juga harus masuk pesantren. Namun ada juga yang tidak.

Tidak ada salahnya dengan sekolah pesantren. Sama-sama tempat mengenyam pendidikan. Bedanya dengan sekolah umum adalah sekolah pesantren ini materi keagamaannya lebih banyak. Di sekolah umum juga ada mapel agama. Namun hanya beberapa jam saja dalam satu minggu.

Baca Juga :  10 Tips Memilih Sekolah Dasar Islam Yang Tepat Untuk Anak

Kecenderungan untuk menentukan pilihan bersekolah di sekolah umum atau swasta ini adalah anak akan memilih sekolah umum. Namun sebenarnya juga banyak yang lebih memilih sekolah agama.

Berikut adalah 10 kemungkinan pertimbangan dalam memilih sekolah umum atau agama:

1. Mengikuti saran orangtua. Bahkan banyak orangtua yang menginginkan anaknya sekolah agama. Tapi tidak banyak yang mengikuti saran orangtuanya. Anak lebih memilih untuk sekolah di tempat sekolah umum dan mengikuti sekolah agama saat sore hari, seperti ikut TPA atau pengajian.

2. Pertimbangan biaya pendidikan. Sekolah di sekolah agama lebih murah daripada di sekolah umum. Ini bisa dijadikan alternatif khusus. Dapat murahnya, dapat ilmu umumnya, dan dapat ilmu agamanya. Walaupun biayanya murah, tetapi tetap berkualitas.

3. Di mana pun jenis sekolahnya, ilmu umun pun akan dipelajari. Sekolah di pesantren pun juga ada mapel umumnya. Bahkan banyak juga pesantren yang berstandart internasional. Sekolah agama pun ada yang berstatus negeri. Di bawah naungan Departemen Agama, mapel umumnya pun juga ada.

Baca Juga :  Pilih Sekolah Islam Terpadu Atau Madrasah? Nih Pertimbangan Untuk Sekolah Kamu

4. Di mana pun tempatnya, kualitas pendidikan akan kita dapatkan dengan sebaik-baiknya asal kita menekuninya.

5. Banyak referensi saran untuk sekolah di sekolah agama. Hal ini bisa menjadi pengaruh yang sangat besar bagi anak.

6. Memiliki bakat mengaji atau tartil. Akan lebih baik jika masuk ke pesantren agar bakatnya itu bisa berkembang. Jika masuk ke sekolah umum, maka bakat anak kurang berkembang karena hanya bisa mengikuti ekstranya saja.

7. Anak memiliki sifat yang bandel. Orangtua percaya jika anak bandel akan sembuh jika bersekolah di pesantren. Ini sudah menjadi asumsi banyak orang. Anak yang bandel akan dimasukkan ke pesantren dengan sistem pondok. Menginap di pesantren. Selain itu, para pengajar diyakini memiliki keahlian khusus untuk mengubah perilaku ank yang jelek.

Baca Juga :  Kelebihan Dan Kekurangan Sekolah Islam Terpadu (SDIT, SMPIT, SMAIT)

8. Punya kenalan di sekolah umum lebih banyak daripada di sekolah agama. Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan untuk menyekolahkan anak di sekolah umum.

9. Masalah ijazah. Di mana hal penting atau tujuan penting dari aksi memilih sekolah umum atau agama adalah untuk mendapatkan ijazah. Banyak orang yang percaya bahwa ijazah dari sekolah umum akan lebih laku di dunia kerja.

10. Lebih dekat jaraknya dari rumah. Jika pesantren lebih dekat dari rumah anak akan lebih memilih pesantren. Tentunya pilihan ini juga ada pengaruh kuat dari orangtua. Orangtua juga lebih muda untuk mengawas anak.

Untuk memilih sekolah umum atau agama adalah hak anak. Pastinya juga dipengaruhi oleh orangtua. Pilih mana yang terbaik untuk anak agar anak bisa berkembang.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *