Perbedaan Karakter Anak IPA Dan IPS

Image: canva.com

10 Perbedaan Karakter Anak IPA Dan IPS Yang Perlu Kamu Tau

Di SMA, siswa dan siswi masuk ke kelas peminatan yang sesuai dengan ketertarikan masing-masing. Kamu yang suka tema alam maka bisa masuk ke jurusan IPA, sedangkan anak yang lebih suka ilmu sosial bisa mengambil peminatan IPS. Setiap jurusan memiliki keistimewaan, namun orang-orang cenderung miskonsepsi terhadap dua jurusan ini. Kemungkinan perbedaan pandangan disebabkan oleh karakter anak IPA dan IPS yang berbeda. Mayoritas perbedaan karakter anak IPA dan IPS di setiap sekolah hampir sama, lho!

Karakter Anak IPA Yang Paling Umum

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Di SMA

Meme bertebaran di media sosial atau internet untuk mengingatkan masa SMA yang membahagiakan. Kalau Kamu ingin nostalgia, pasti bakalan setuju dengan 5 karakter anak IPA di sekolah mana saja berikut :

1. Rajin

Anak IPA memang cenderung lebih rajin sebab mereka berkutat dengan rumus-rumus setiap hari. Biasanya ransel anak IPA lebih berat karena membawa buku tebal lebih banyak.

2. Cerdas

Sebenarnya anak IPS juga punya potensi cerdas sesuai bidang, lho! Hanya saja banyak orang atau guru menganggap anak IPA yang memiliki kemampuan eksak lebih unggul dari anak IPS. Apalagi tingkat persaingan anak-anak IPA cenderung lebih ketat terkait nilai dan prestasi, meski anak IPS memiliki potensi yang sama.

Baca Juga:  10 Info Jenis Pekerjaan Jurusan IPS Yang Perlu Kamu Tau

3. Analis Kuat

Kebiasaan menalar, memecahkan masalah, menghitung angka, dan mengambil kesimpulan sudah menjadi karakter anak IPA. Mereka tipe analis yang cukup kuat di bidang ilmu pasti.

4. Logis

Kemampuan berpikir yang logis dan rasional sudah menjadi sifat anak-anak IPA.

5. Kurang Sosialisasi

Anak IPA yang identik belajar di perpustakaan, laboratorium, diskusi di kelas, mengerjakan tugas bersama teman, atau aktivitas belajar lain membuat anak IPA tidak punya lebih banyak waktu luang. Mungkin alasan sibuk membuat anak IPA kurang sosialisasi di mata anak IPS.

Baca Juga:  10 Hal ini Harus Jadi Pertimbangan Memilih Jurusan IPA Atau IPS di SMA

Karakter Anak IPS Yang Paling Umum

Perbedaan karakter anak IPA dan IPS acap diperdebatkan, padahal peminatan yang dipelajari memang beda. Namun, anak IPS memang memiliki perbedaan karakter dengan anak IPA sebab lebih suka menggunakan otak kanan daripada otak kiri. Berikut 5 karakter yang biasa dimiliki oleh anak-anak IPS yaitu :

1. Kreatif

Sisi kreativitas anak IPS memang cukup unggul karena mereka memang memandang dunia luar lebih menarik.

2. Jago Menghafal

Pelajaran anak IPS memang berupa bacaan sehingga kemampuan menghafal tidak diragukan.

3. Lebih Aktif Dan Berwawasan Luas

Baca Juga:  Kelebihan Dan Kekurangan Jurusan IPS (Ilmu Pengetahuan Alam)

Hal ini dikarenakan anak-anak IPS tidak terpaku pada rumus sehingga mereka lebih aktif dan memiliki wawasan yang luas. Keaktifan mereka dalam bergaul, mampu komunikasi dengan orang lain, ketertarikan pada bidang sosial budaya, dan seabrek alasan lain membuat anak IPS terlihat asyik.

4. Mudah Komunikasi Dan Bersosialisasi

Kemampuan berpikir melalui otak kanan membuat anak IPS lebih mudah bergaul, komunikasi dan sosialisasi dengan orang lain.

5. Santai

Sebenarnya anak IPA bisa terlihat lebih santai saat bebas tugas dan praktikum. Namun, anak IPS bisa lebih santai saat ujian datang. Ujian praktik di jurusan IPS hampir tidak ada kecuali mata pelajaran yang tidak berkaitan dengan ilmu sosial. Mungkin anak IPS yang kurang mahir pada penghitungan, bakal terlihat serius saat mengerjakan mata pelajaran Akuntansi atau Ekonomi.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Dan Gajinya

Perbedaan karakter anak IPA dan IPS memang hal yang lumrah. Setiap jurusan memiliki potensi dan keistimewaan sendiri, bukan? Mendebatkan dua hal yang memiliki prospek berbeda bukan sikap yang bijak, kok.