Alasan Memilih Jurusan IPA

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Di SMA

Kamu yang memilih masuk ke jurusan IPA pada jenjang Sekolah Menengah Atas atau SMA akan mendapatkan lebih banyak pelajaran eksakta dan berhubungan dengan pengetahuan alam. Bagi Kamu yang masih bimbang untuk memilih jurusan IPA, berikut 10 alasan memilih jurusan IPA untuk referensi Kamu.

1. Banyak Pilihan Jurusan Saat Kuliah

Ketika Kamu memilih jurusan IPA kemudiaan lulus SMA, Kamu akan lebih mudah menemukan berbagai pilihan jurusan ketika Kamu masuk perguruan tinggi. Banyak jurusan di universitas yang cocok bagi para lulusan IPA.

Baca Juga:  10 Hal ini Harus Jadi Pertimbangan Memilih Jurusan IPA Atau IPS di SMA

2. Melatih Berpikir Logis

Di jurusan IPA, Kamu akan lebih banyak mendapatkan materi pelajaran yang berhubungan dengan logika. Ini secara tidak langsung akan melatih kemampuan Kamu untuk berpikir logis.

3. Melatih Kemampuan Berhitung

Selain pelajaran yang melatih logika, di jurusan IPA Kamu akan banyak belajar materi mengenai hitungan. Ini akan melatih kemampuan berhitung Kamu semakin meningkat setiap harinya.

4. Lebih Mengenal Alam

Sebagai anak jurusan IPA, Kamu tentu akan bisa lebih mengenal alam sekitar dan bisa lebih menghargai apa yang ada di alam.

Baca Juga:  10 Perbedaan Karakter Anak IPA Dan IPS Yang Perlu Kamu Tau

5. Banyak Kegiatan Praktikum

Untuk mendukung kegiatan belajar di jurusan IPA, Kamu juga akan sering mengadakan kegiatan praktikum. Kegiatan praktikum ini akan sangat menyenangkan bagi Kamu yang menyukai ilmu-ilmu kimia atau fisika.

6. Bisa Bereksperimen

Alasan memilih jurusan IPA lainnya adalah Kamu akan lebih sering bereksperimen dengan berbagai uji coba di berbagai kegiatan praktek. Kegiatan eksperimen ini tentu menjadi pelajaran yang menyenangkan.

7. Membangkitkan Rasa Ingin Tahu

Di jurusan IPA, Kamu akan belajar hal-hal baru yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan olehmu. Ini kemudian akan terus membangkitkan rasa ingin tahu Kamu akan segala hal terutama yang berkaitan dengan alam.

Baca Juga:  10 Perbedaan Jurusan IPA Dan IPS Yang Perlu Kamu Tau

8. Dikenal Sebagai Siswa Pintar

Sudah bukan rahasia lagi bahwa anak-anak di jurusan IPA dikenal sebagai siswa-siswa yang pintar karena dianggap memiliki kemampuan matematis yang lebih baik. Ini tentunya harus menjadi motivasi untuk Kamu membuktikan bahwa anggapan itu memang benar dan bukan hanya stereotip belaka.

9. Dilibatkan Dalam Berbagai Olimpiade Ilmiah

Kebanyakan olimpiade-olimpiade yang diadakan untuk tingkat SMA merupakan olimpiade-olimpiade ilmiah. Untuk berbagai kejuaraan semacam ini, anak IPA dianggap memiliki kualifikasi yang lebih cocok untuk menjadi peserta. Sebagai anak IPA, Kamu akan diprioritaskan untuk mengikuti olimpiade-olimpiade semacam ini.

Baca Juga:  10 Alasan Jangan Pilih Jurusan IPA Saat SMA Nanti

10. Ilmu Yang Berguna Bagi Kehidupan

Berbagai ilmu alam yang Kamu pelajari di jurusan IPA akan sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Banyak ilmu yang Kamu peroleh di sekolah nantinya bisa Kamu manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari Kamu.

Itulah 10 alasan memilih jurusan IPA untuk sebagai referensi untuk Kamu yang sedang mempertimbangkan untuk masuk jurusan ini di SMA. Semoga informasi di atas bermanfaat ya buat Kamu yang sedang mempertimbangan pilihan jurusan.