Peluang Atau Prospek Kerja Kesenian

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Kesenian Dan Gajinya

Masih banyak orang yang merasa skeptis dengan prospek yang ditawarkan jurusan Kesenian. Tak hanya jurusan yang kurang populer, lulusan Kesenian dianggap tidak memiliki potensi yang menjanjikan. Padahal banyak pekerjaan menanti lulusan Kesenian, lho! Buat Kamu yang punya bakat dan minat di bidang seni dan budaya, wajib tahu peluang atau prospek kerja Kesenian dan gajinya.

Orang-orang yang memiliki passion di bidang seni, bisa mengambil jurusan Kesenian saat duduk di bangku kuliah. Kamu bisa mengambil Seni Rupa, Seni Musik, Seni Tari, dan lain-lain sesuai minat. Yuk, simak peluang atau prospek kerja Kesenian dan gaji yang ditawarkan!

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Kesenian Sebagai Pilihan Saat Kuliah

1. Aktor Atau Aktris

Kamu bisa memutuskan belajar Seni Pertunjukan, Seni Media Rekam atau sekolah akting untuk menjadi aktor atau aktris ternama. Bayaran aktor dan aktris yang membintangi film Box Office sangat mahal. Tak hanya kisaran harga ratusan juta rupiah per proyek, potensi bayaran miliaran bukan sekadar mimpi.

2. Illustrator

Pekerja seni rupa bisa mendapatkan bayaran diatas UMR di perusahaan advertising, kantor media, penerbitan, dan lain-lain. Semakin banyak proyek yang Kamu kerjakan, maka bayaran yang didapat bisa semakin besar. Apalagi Kamu yang telah menjadi ilustrator profesional dan bekerja sama dengan merek ternama.

Baca Juga:  10 Jurusan Kesenian Yang Menjanjikan Bisa Jadi Pilihan

3. Lulusan DKV

Lulusan DKV yang masih masuk jurusan Seni Rupa yang bisa memberikan peluang karir sebagai kurator, animator, pembuat logo, biro iklan, dan lain-lain. Gaji yang diberikan pemberi kerja sepadan dengan kemampuan yang Anda miliki. Dewasa ini, Anda bisa menjadi pekerja freelance yang mematok tarif sendiri per proyek independen.

4. Guru Tari

Peluang atau prospek kerja Kesenian yang mempelajari Seni Tari bisa memberikan kesempatan menjadi guru tari. Kamu bisa bekerja sebagai guru tari di sekolah atau membuka sekolah tari sendiri.

Baca Juga:  10 Jurusan Kesenian Yang Menjanjikan Bisa Jadi Pilihan

5. Pekerja Di Televisi

Kamu punya kesempatan menjadi pekerja di televisi sebagai tim kreatif. Gaji yang ditawarkan televisi nasional di Indonesia untuk tim kreatif bisa mencapai angka 5 juta keatas.

6. Fotografer

Lulusan Seni Media Rekam bisa menjadi seorang fotografer. Kamu bisa menjual karya langsung di internet, fotografer fashion dan kuliner, pernikahan, wisuda, dan lain-lain. Gaji fotografer biasanya mematok tarif sesuai kesepakatan dengan klien.

7. Musikus

Lulusan Musik di jurusan Seni Pertunjukan memiliki kesempatan untuk menjadi seorang musikus, pencipta lagu, penyanyi, dan profesi yang berkaitan dengan musik. Kamu bisa bekerja di studio musik profesional untuk mengembangkan ilmu dan bakat yang dimiliki.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Kesenian Sebagai Pilihan Saat Kuliah

8. Kementerian Pariwisata Dan Kreatif

Ingin jadi ASN yang digaji jutaan rupiah perbulan belum termasuk insentif dan tunjangan? Mungkin Kamu bisa menjadi pegawai di Kementerian Pariwisata dan Kreatif untuk mengembangkan potensi wisata di Indonesia.

9. Pelukis

Lulusan Seni Rupa bisa menjadi seorang pelukis yang memiliki galeri atau pameran sendiri. Gaji yang tidak menentu hanya cocok untuk pelukis pemula sebab pelukis profesional memiliki harga fantastis untuk setiap karya fenomenal yang dihasilkan.

10. Wiraswasta

Lulusan Seni Rupa, Seni Pertunjukan atau Seni Media Rekam punya kesempatan menjadi wiraswasta. Kamu bisa menentukan omset bulanan yang diinginkan sesuai perkembangan bisnis. Kamu bisa membuka galeri, membuka jasa konsultan, manajer event pertunjukan, dan lain-lain.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Kesenian Sebagai Pilihan Saat Kuliah

Peluang atau prospek kerja Kesenian sangat potensial selama Kamu tahu cara memanfaatkan ilmu dan passion. Yuk, coba masuk jurusan yang bisa mengembangkan bakat dan minatmu!