Peluang Atau Prospek Kerja Kebijakan Pendidikan

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Kebijakan Pendidikan Dan Gajinya

Berada di bawah naungan FKIP, Kebijakan Pendidikan merupakan jurusan untuk Kamu yang suka segala hal mengenai pendidikan. Semua dunia pendidikan baik di lingkungan keluarga hingga kebijakan yang seharusnya diambil pemerintah akan Kamu pelajari di jurusan ini. Mungkin terdengar kurang populer dibandingkan jurusan pendidikan yang lain, tetapi prospek kerja Kebijakan Pendidikan tak kalah bagus kok. Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Staf Lingkungan Sekolah

Kamu bisa berkarir tak jauh dari lingkungan pendidikan dengan menjadi staf di lingkungan sekolah. Kemampuan mengkritisi kebijakan sekolah atau hal-hal yang berbau pendidikan tentu sangat dibutuhkan di lembaga pendidikan mulai tingkat TK hingga perguruan tinggi.

2. Lembaga Pendidikan Pemerintah

Kamu bisa menjadi seorang praktisi handal di bidang pendidikan sehingga sangat diperlukan lembaga pendidikan pemerintah. Potensi bekerja di Kemendikbud atau Dinas Pendidikan sangat terbuka lebar.

3. Konsultan Pendidikan

Prospek kerja Kebijakan Pendidikan bisa menjadi seorang konsultan. Kamu bisa menjadi konsultan independen yang bekerja untuk pemerintah atau swasta. Kemampuan menganalisa dan mengkritisi segala kebijakan terkait pendidikan menjadi bagian pekerjaanmu. Gaji konsultan pendidikan bisa mencapai angka jutaan rupiah tergantung dengan keterampilan yang Kamu miliki.

4. Peneliti Pendidikan

Kamu bisa menjadi pakar atau peneliti pendidikan dengan gaji cukup menawan. Gaji seorang peneliti yang berhasil menerbitkan jurnal atau karya bisa mencapai angka puluhan juta rupiah. Jika dibandingkan negara lain seperti Jepang yang berani menggaji peneliti dengan ratusan juta rupiah per bulan, gaji peneliti di Indonesia memang masih rendah.

5. Praktisi Pendidikan

Menjadi praktisi pendidikan bisa menjadi pilihan karir alumni Kebijakan Pendidikan. Semua ilmu yang Kamu dapat bisa diimplementasikan dalam kehidupan nyata.

6. Jurnalis

Anak Kebijakan Pendidikan mempelajari banyak hal tak hanya soal pendidikan semata. Kamu akan belajar ilmu filsafat, sosiologi dan masih banyak ilmu lain yang dipadukan dengan kebijakan pendidikan. Tak heran kalau Kamu bisa menjadi apa saja termasuk jurnalis atau wartawan.

7. Anggota Legislatif

Profesi yang bisa Kamu pilih juga banyak setelah lulus kuliah Kebijakan Pendidikan. Kamu bisa mencalonkan diri menjadi anggota legislatif di lembaga tingkat daerah hingga pusat. Semua hal yang Kamu dapatkan di bangku kuliah bisa Kamu jadikan wawasan agar bisa mengeluarkan kebijakan yang memberikan kemajuan bagi pendidikan Indonesia.

8. Penulis

Memiliki kemampuan menulis yang baik bisa menjadi modal untuk menjadi penulis. Toh, Kamu juga belajar banyak hal di bangku kuliah Kebijakan Pendidikan sehingga wawasan dan riset bisa lebih mendukung. Profesi penulis cukup menjanjikan selama Kamu berhasil menciptakan karya yang fenomenal dan laris manis.

9. Wirausaha

Menjadi wirausaha bisa menjadi pilihan karir setelah Kamu lulus kuliah. Materi kuliah yang mencakup segala hal bisa menjadi modal Kamu untuk berwirausaha.

10. Tenaga Pendidik

Jurusan Kebijakan Pendidikan memang khusus untuk para tenaga pendidik beberapa tahun lalu. Kini, jurusan Kebijakan Pendidikan sudah dibuka untuk mahasiswa baru dengan jumlah yang terbatas. Tak menutup kemungkinan kalau Kamu juga bisa berkarir sebagai tenaga pendidik.

Prospek kerja Kebijakan Pendidikan bisa membuat Kamu menjadi seorang pakar atau praktisi pendidikan di Indonesia. Jurusan Kebijakan Pendidikan strata 1 hanya bisa Kamu temukan satu-satunya di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Istimewa dan unik, bukan?




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *