Alasan Memilih Jurusan Kebijakan Pendidikan

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan Kebijakan Pendidikan Bagi Yang Bingung

Pernah mendengar tentang jurusan kebijakan pendidikan? Jurusan ini memiliki 4 dasar ilmu, yaitu ilmu filsafat, ilmu sosiologi, ilmu pendidikan, dan kebijakan. Daripada Kamu bingung menentukan jurusan kuliah, coba cari tahu tentang jurusan ini. Untuk Kamu yang masih ragu, berikut ada 10 alasan memilih jurusan kebijakan pendidikan yang bisa Kamu pertimbangkan.

1. Hanya Ada Satu Jurusan Di Indonesia

Jurusan S1 kebijakan pendidikan hanya ada satu di Indonesia, yaitu di UNY. Selain di UNY, jurusan kebijakan pendidikan ada di program S2 universitas lain. Cocok banget nih buat Kamu yang ingin masuk ke jurusan anti mainstream. Eksklusif banget pokoknya.

2. Jurusan S1 Rasa S2

Sebenarnya, jurusan kebijakan pendidikan memang lebih banyak untuk program S2. Namun di UNY, jurusan ini masuk ke program S1. Materi yang didapatkan keduanya pun sama. Makanya, tidak heran, banyak yang menyebut kuliah di jurusan ini rasanya seperti sedang kuliah S2.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Kebijakan Pendidikan Untuk Jenjang S1

3. Tidak Banyak Saingan

Alasan memilih jurusan kebijakan pendidikan adalah karena jurusan ini tidak banyak saingan. Belum banyak orang yang tahu kalau ada jurusan ini untuk program S1. Apalagi mengingat hanya ada satu kampus yang memiliki jurusan kebijakan pendidikan.

4. Tidak Harus Menjadi Guru

Tidak semua jurusan pendidikan harus menjadi guru. Termasuk jurusan ini. Kalau Kamu tidak ingin menjadi guru tapi tertarik dengan dunia pendidikan, Kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih jurusan ini.

5. Dipersiapkan Untuk Menjadi Penyusun Kebijakan

Mahasiswa jurusan kebijakan pendidikan dipersiapkan untuk menjadi penyusun kebijakan di dunia pendidikan. Kamu diharapkan menjadi solusi atas permasalahan pendidikan yang muncul saat ini.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kebijakan Pendidikan Dan Gajinya

6. Terbiasa Menganalisa

Karena tugasnya sebagai pembuat kebijakan, Kamu akan dibiasakan untuk menganalisa permasalahan pendidikan yang ada. Sehingga Kamu bisa membuat kebijakan yang mampu mengatasi masalah tersebut.

7. Terbiasa Berpikir Kritis

Alasan memilih jurusan kebijakan pendidikan selanjutnya adalah karena Kamu akan dibiasakan berpikir kritis. Kemampuan ini tidak hanya berguna untuk menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan, tapi juga sangat berguna untuk bekal memasuki dunia kerja.

8. Memiliki Peran Penting Dalam Dunia Pendidikan

Meskipun terdengar sepele, seorang pembuat kebijakan memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Tanpa adanya pembuat kebijakan, proses pendidikan tidak akan berjalan dan permasalah yang muncul tidak bisa diatasi dengan baik.

9. Prospek Kerja Linier

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Kebijakan Pendidikan Untuk Jenjang S1

Lulusan dari jurusan kebijakan pendidikan prospek kerjanya tidak jauh dari ilmu yang dipelajari di bangku perkuliahan. Kamu bisa menjadi analis kebijakan, peneliti, praktisi, dan advokasi di bidang pendidikan.

10. Belajar Komparasi Pendidikan

Untuk membuat kebijakan pendidikan yang terbaik, Kamu akan dibekali dengan pelajaran komparasi pendidikan. Jadi Kamu akan mendapatkan materi tentang membandingkan berbagai kebijakan pendidikan dari berbagai negara.

Itulah 10 alasan memilih jurusan kebijakan pendidikan. Kamu bisa mempertimbangkan untuk masuk ke jurusan ini jika memang berminat.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *