Peluang Atau Prospek Kerja Ilmu Perpustakaan

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Ilmu Perpustakaan Dan Gajinya

Setiap diselenggarakan pendaftaran mahasiswa baru, ada beberapa jurusan yang tampaknya kurang diminati oleh para calon mahasiswa. Ilmu perpustakaan merupakan salah satu jurusan yang kurang diminati tersebut sebab dianggap memiliki prospek kerja atau masa depan yang kurang menjanjikan. Padahal peluang atau prospek kerja ilmu perpustakaan ini cukup banyak.

Jurusan ilmu perpustakaan ini mempelajari tentang pendidikan yang terintegrasi dengan segala sesuatu yang berurusan dengan perpustakaan. Meskipun dianggap bukan menjadi jurusan favorit, nyanyata ada banyak peluang atau prospek kerja ilmu perpustakaan yang saat ini cukup terbuka lebar antara lain berbagai profesi yang bisa Kamu coba berikut.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Ilmu Perpustakaan Untuk Jenjang S1

1. Pustakawan

Peluang kerja yang paling utama bagi para lulusan ilmu perpustakaan tentunya untuk menjadi seorang pustakawan yang bekerja di perpustakaan dan bertugas mengelola buku-buku di perpustakaan tersebut. Menjadi seorang pustakawan memang membutuhkan minat dan passion tinggi terhadap buku.

Kalau Kamu suka membaca, pustakawan adalah profesi paling diimpikan, karena Kamu bisa bekerja sambil membaca koleksi buku-buku yang ada di perpustakaan tersebut. Gaji yang diterima tergantung dengan tempat bekerja yang biasa memberikan senilai UMR disertai tunjangan lain, terlebih jika Kamu bekerja di perpustakaan milik pemerintah dan telah memiliki status sebagai pegawai negeri sipil.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Ilmu Perpustakaan Untuk Jenjang S1

2. Staf Administrasi

Sebagai lulusan ilmu perpustakaan Kamu juga bisa menjadi seorang staf administrasi dan kearsipan di lembaga sekolah atau Tata Usaha. Ketika menjadi petugas tata usaha, Kamu akan bertugas dengan data-data dan arsip para siswa-siswi di sekolah tersebut yang sangat berkaitan dengan ilmu pengelolaan arsip yang Kamu pelajari di jurusan ilmu perpustakaan.

Gaji seorang pegawai Tata Usaha bervariasi tergantung dengan kebijakan yang diberikan sekolah atau tempat Kamu bekerja.

3. Instansi Pemerintah

Lulusan ilmu perpustakaan juga bisa menjadi aparatur sipil negara atau ASN. Kamu bisa menjadi pegawai negeri sipil yang bekerja di instansi pemerintah lho! Ilmu administrasi, kearsipan, membuat surat dan lain-lain tentu sangat dibutuhkan di berbagai instansi pemerintahan untuk mengelola data-data dan arsip instansi tersebut.
Kamu bisa mendapatkan gaji seorang ASN yang bervariasi tergantung masa kerja. Gaji jutaan dan tunjangan menanti Kamu yang bekerja di instansi pemerintah.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Perpustakaan Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

4. Dinas Pendidikan

Peluang atau prospek kerja ilmu perpustakaan tidak boleh dipandang sebelah mata sebab Kamu bisa menjadi bagian dari Dinas Pendidikan mulai pusat hingga daerah. Soal gaji, jelas bayaran jutaan sesuai dengan kinerja yang Kamu berikan. Selain memiliki prospek gaji yang besar, dengan bergabung di Dinas Pendidikan Kamu juga bisa memberikan kontribusi Kamu untuk dunia pendidikan di Indonesia agar bisa menjadi lebih baik lagi.

5. Pegawai BUMN

Menjadi pegawai BUMN akan mendapatkan kehidupan yang terjamin mulai mendapatkan gaji pokok, tunjangan, dan dana pensiun. Ada banyak perusahaan BUMN yang membutuhkan tenaga ahli dalam bidang ilmu perpustakaan untuk mengelola data-data di kantor atau instansi mereka.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Perpustakaan Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

6. Pegawai BUMD

Tak hanya BUMN saja yang membutuhkan keahlian Kamu mulai bank nasional, pertamina, PLN, dan BUMN lain. Kamu juga bisa menjadi pegawai BUMD seperti PDAM dan lain-lain. Sama seperti di instansi-instansi lain, banyak juga BUMD yang membutuhkan tenaga ahli dalam bidang ilmu perpustakaan untuk mengelola data-data dan arsip instansi mereka. Soal gaji, pegawai BUMD dipastikan memiliki penghasilan diatas UMR dan ketetapan pemerintah daerah.

7. Sekretaris

Jika Kamu lebih tertarik untuk bekerja kantoran di suatu perusahaan, Kamu juga bisa bekerja sebagai seorang sekretaris di perusahaan swasta. Kemahiran membuat surat perintah, menata dokumen dan sebagainya tentu sangat dibutuhkan banyak perusahaan.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Ilmu Perpustakaan Untuk Jenjang S1

Berbagai tugas dan pekerjaan sekretaris yang banyak berkaitan dengan data, arsip, dan kertas tentu sangat sesuai dengan keahlian yang Kamu pelajari di jurusan ilmu perpustakaan. Gaji setara UMR disertai bonus dan tunjangan menanti lulusan ilmu perpustakaan.

8. Sekretaris Redaksi Penerbit

Kamu juga masih bisa bekerja pada bidang yang berkaitan dengan buku meskipun tidak secara spesifik bekerja di perpustakaan. Masih soal dunia buku dan semacamnya, Kamu juga bisa menjadi seorang sekretaris redaksi di penerbit ternama.

Tugas seorang Sekretaris redaksi penerbitan antara lain mengelola surat yang masuk, mengurus surat pembayaran royalti penulis dan lain-lain. Tugas-tugas ini sangat cocok dilakukan oleh orang yang teliti dan rapi seperti para lulusan ilmu perpustakaan. Gaji yang ditawarkan tentu jutaan tergantung UMR dan kebijakan pihak penerbitan.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Ilmu Perpustakaan Untuk Jenjang S1

9. Tenaga Pengajar

Bagi Kamu yang tertarik dengan dunia pendidikan dan memiliki cita-cita untuk menjadi tenaga pengajar, Kamu juga bisa berperan sebagai dosen. Melakoni jenjang pendidikan S2 bisa membuat Kamu berperan menjadi tenaga pengajar di bidang Ilmu Perpustakaan.

Peluang menjadi dosen ilmu perpustakaan juga cukup terbuka lebar mengingat tidak banyak orang yang fokus pada bidang ilmu ini. Gaji dosen yang telah tersertifikasi sangat memuaskan lho! Ada banyak tunjangan menanti seperti tunjangan profesi, kehormatan, dan lain-lain.

10. Pengusaha

Kata siapa bahwa lulusan Ilmu Perpustakaan hanya akan menjadi pegawai saja? Kamu bisa mengubah opini tersebut dengan menjadi pengusaha besar. Memanfaatkan semua ilmu pengelolaan yang Kamu kuasai, bisa kok. Kamu bisa menjadi pengusaha dan memulai bisnis yang sesuai dengan minat Kamu, misalnya usaha penerbitan atau usaha toko buku.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Ilmu Perpustakaan Untuk Jenjang S1

Data terkini menyebutkan bahwa orang yang ahli Ilmu Perpustakaan bakal dibutuhkan banyak lembaga dan perusahaan. Bahkan, CIA dari Amerika Serikat berani membayar para pustakawan yang bertitel S2, S3, hingga titel profesor dengan gaji milyaran per tahun. Keren, bukan? Peluang atau prospek kerja Ilmu Perpustakaan masih terbuka lebar untuk Kamu lho!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *