Alasan Memilih Jurusan Ilmu Perpustakaan

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Perpustakaan Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Bingung nentuin mau kuliah jurusan apa? Alasan memilih jurusan Ilmu Perpustakaan bisa menjadi pilihan utama Kamu. Karena bekerja menjadi seorang pustakawan kemuliaannya disamakan dengan profesi dokter. Kenapa demikian? Karena jurusan ini memiliki peran penting dalam mencerdaskan anak-anak bangsa.

Agar Kamu semakin yakin memilih jurusan ini, berikut akan diuraikan 10 alasan kenapa Kamu harus memilih jurusan Ilmu Perpustakaan.

1. Gaji Sepadan Dengan Dosen

Beberapa orang ada yang menyepelekan pustawakan, padahal gaji yang akan Kamu terima sejajar dengan gaji dosen dan guru. Karena menjadi pustawakan itu bagian dari Pegawai Negeri Sipil (PNS). Bahkan Kamu bisa kuliah lagi untuk meningkatkan golongan PNS Kamu.

2. Pekerjaan Yang Mudah

Menjadi pustakawan tidaklah sulit, yang diperlukan hanya ketelitian dan menyukai buku. Tentunya ini sebanding dengan gaji yang akan Kamu terima. Kamu justru senang dikelilingi buku dan mendapatkan gaji yang sepadan dengan dosen. Enak bukan?!

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Ilmu Perpustakaan Untuk Jenjang S1

3. Banyak Memiliki Waktu Membaca Buku

Menjadi pustakawan sangatlah menyenangkan. Bagaimana tidak, Kamu akan memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk membaca buku. Disaat orang-orang meluangkan waktu ingin pergi ke perpustakaan untuk membaca buku, tentunya Kamu sudah lebih dulu berada disana. Hal ini tentunya menjadi keuntungan yang lebih buat Kamu.

4. Biaya Kuliah Murah

Alasan memilih jurusan Ilmu Perpustakaan pastinya karena biaya yang murah dan terjangkau. Kamu hanya tinggal mempersiapkan uang untuk praktek dan membeli buku. Meskipun untuk uang semesteran diserahkan pada kebijakan universitas masing-masing, tapi tetap saja pasti akan terjangkau.

5. Mahasiswa Sering Mendapat Uang Jajan Tambahan

Tidak perlu menunggu hingga lulus untuk mendapat pekerjaan. Semasa masih menjadi mahasiswa saja Kamu pasti akan dibanjiri job. Sekolah-sekolah dan perguruan tinggi akan membutuhkan pegawai untuk mengolah perpustakaannya. Dengan demikian, Kamu akan mendapatkan tambahan uang jajan dan tidak membebankan orang tua.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Ilmu Perpustakaan Dan Gajinya

6. Kuliahnya Cepat Selesai

Bagi Kamu yang menargetkan kuliah hanya 7 semester, Kamu bisa memilih jurusan Ilmu Perpustakaan. Karena kebanyakan praktek dilakukan di perpustakaan yang notabene akan mendorong Kamu lebih cepat menyelesaikan tugas akhir. Selain itu, jurusan ini memang lebih banyak praktek dibandingkan teori.

7. Kuliahnya Menyenangkan

Jurusan Ilmu Perpustakaan cocok banget buat Kamu yang gak suka hafalan dan menghitung. Karena Kamu hanya akan disibukkan dengan menata buku dan sibuk di depan layar komputer. Pastinya ini menjadi hal yang menyenangkan untuk dipelajari dan dilakukan.

8. Persaingan Kerja Yang Mudah

Belum banyak universitas yang menyediakan jurusan Ilmu Perpustakaan. Dalam satu kelas paling banyak ada 30 orang mahasiswa. Dengan demikian, alasan memilih jurusan Ilmu Perpustakaan merupakan pilihan yang tepat karena persaingannya tidak terlalu ketat.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Ilmu Perpustakaan Dan Gajinya

9. Pustakawan Disamakan Dengan Ilmuwan

Ternyata tidak sulit untuk menjadi seorang ilmuwan, cukup menjadi pustakawan yang handal. Ini merupakan suatu kebanggaan karena pustakawan disamakan dengan ilmuwan. Salah satu yang menyatakan ini ialah ilmuwan-ilmuwan muslim terdahulu. Artinya, profesi ini dimuliakan. Itulah sebabnya pustawakan bisa menjadi PNS.

10. Lulusannya Sudah Ditunggu Perpustakaan Nasional

Bagi Kamu yang sudah lulus kuliah jurusan Ilmu Perpustakaan tidak perlu cape-cape membuat lamaran pekerjaan, karena Perpustakaan Nasional dan Perpustakaan Daerah sudah menunggumu.

Demikianlah 10 alasan memilih jurusan Ilmu Perpustakaan bagi Kamu yang masih bingung dengan prospek kerjanya. Pekerjaan yang dilakukan pustakawan memang tergolong santai dan fleksibel. Cocok banget buat Kamu yang gak mau bekerja terlalu berat.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *